Kaidah di Ruang Digital Penting untuk Lawan Pelecehan Seksual.jpg

Pendidikan

Kaidah di Ruang Digital Penting untuk Lawan Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual bisa terjadi di manapun dan kapanpun bagi perempuan di Indonesia, bahkan di ruang digital sekalipun. Ini sebenarnya bisa tercermin dari indeks Digital Civility Index atau DCI yang dirilis oleh Microsoft yang mengungkapkan bahwa warganet di Indonesia termasuk pengguna internet dengan tata krama terendah di wilayah Asia Tenggara. Dengan asumsi keamanan identitas serta tidak bertemu secara fisik secara langsung, ada saja oknum yang kebablasan dan melakukan tindakan seperti pelecehan seksual di dunia maya, khususnya melalui media sosial.

Kondisi ini tentu saja bagi Anggota Komisi 1 DPR Farah Puteri Nahlia sebagai sesuai yang sangat memprihatinkan. Pada kegiatan webinar Ngobrol Bareng Legislator: Melawan Pelecehan Seksual di Dunia Digital, anggota fraksi Partai PAN itu mengungkapkan data miris terkait kasus Kekerasan Berbasis Gender Online atau KBGO selama dua tahun terakhir. Di mana berdasarkan data Komnas Perempuan, telah terjadi peningkatan kasus KBGO sebanyak 83 persen di tahun 2021 bila dibandingkan tahun 2020. Aspek yang paling miris adalah tak sedikit kasus yang menimpa perempuan di dunia maya ini justru dilakukan oleh orang terdekat atau kerabatnya.

Kaidah di Ruang Digital Penting untuk Lawan Pelecehan Se ksual.jpg

“Di ranah publik ada 489 kasus merupakan cyber harassment. Lalu, 472 kasus sextortion, 158 kasus malicious distribution dan di ranah personal ada 683 kasus sextortion. Kemudian, 279 kasus malicious distribution dan 277 kasus cyber harassment. Pelakunya mayoritas orang terdekat dari korban, seperti suami, mantan suami, pacar bahkan teman dekat,” tuturnya, (14/4/2022).

Melihat kondisi ini maka menurut Farah sudah saatnya literasi digital mengenai etika di ruang digital harus diperkuat. Dengan publik harus menyadari apa saja tindak negatif di dunia maya menjadi sesuatu yang harus dihindari. “Masyarakat juga harus mengetahui kaidah-kaidah dalam berinteraksi, berpartisipasi, dan berkolaborasi di ruang digital. Karena ruang digital jauh berbeda dengan dunia nyata, seperti menggunakan bahasa yang sopan, hingga menghindari interaksi-interaksi yang berujung ke hal negatif,” sambungnya.

[Baca Juga: Jauhkan Perempuan dan Anak dari Kekerasan Berbasis Gender]

Dari sisi korban, anggota Komisi 1 DPR RI itu menegaskan agar korban tindak pelecehan seksual tidak perlu takut untuk melaporkan peristiwa yang mereka alami, hal ini tentu saja selain untuk memastikan pelaku mendapatkan konsekuensi atas tindakannya tapi juga memastikan korban mendapatkan rasa aman. Hal ini bisa dilakukan dengan memastikan dokumentasi dari peristiwa itu tersimpan sekaligus mencatat kronologisnya untuk dilaporkan ke pihak yang berwenang. Korban juga bisa mencoba memblokir pelaku dari platform digital yang digunakan.

Hal senada juga disampaikan Guardian di Salingjaga.id Gia Raharja. Ia mengakui memang perempuan dan kaum rentan lainnya kerap menjadi target dari kekerasan seksual di ruang digital. Dari sini menurutnya terdapat langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh korban agar mendapatkan ketenangan diri. Dari mulai tenang jika mengalaminya agar bisa terus berpikiran jernih, kemudian mencari support system yang bisa mendampingi Anda seperti dari orangtua atau sahabat, dan terakhir adalah buang pikiran mengenai peristiwa tersebut demi menguatkan diri untuk berpikir positif ke depannya.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.