Kala Pandemi, Ini Tips Perencanaan Keuangan Ramadan ala Avrist

Bisnis

Kala Pandemi, Ini Tips Perencanaan Keuangan Ramadan ala Avrist

Setelah dinantikan selama setahun, akhirnya bulan penuh berkah yang ditunggu umat Muslim di Indonesia pun tiba. Namun berbeda dengan kondisi Ramadan di tahun-tahun sebelumnya, saat ini bulan puasa dibayangi pandemi COVID-19.

Penyakit yang disebabkan Virus Corona ini tentu saja memicu banyak perubahan di segala aspek kehidupan masyarakat, termasuk dari sisi perekonomiannya. Oleh karena itulah kebiasaan pengeluaran Ramadan 2020 dibutuhkan perencanaan yang matang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Dengan adanya pandemi COVID-19 yang berdampak pada perekonomian, kita semakin terdorong untuk menjadi lebih cerdas dan cermat dalam mengatur pengeluaran harian untuk memenuhi kebutuhan pokok,” jelas Head of Corporate Marketing Communications Avrist Assurance Ernest Febrianto, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (23/4/2020).

Kala Pandemi, Ini Tips Perencanaan Keuangan Ramadan ala Avrist

Ernest menambahkan, Avrist Assurance hadir di tengah-tengah keluarga Indonesia menjadi mitra terpercaya dalam memberikan kenyamanan proteksi asuransi, menyisihkan beban finansial dengan menjaga ketenangan hidup untuk keluarga berharga Anda

Dalam rangka membantu Anda mengatur keuangan di Ramadhan 2020, Perusahaan yang saat ini menargetkan menjadi Top 15 asuransi terbaik di Indonesia 2021 memberikan sejumlah tipsnya. Di mana tips ini disinyalir juga penting dalam rangka menghadapi kondisi pandemi COVID-19. Berikut ini tips-tipsnya.

1) Mengetahui Kondisi Finansial Anda Sekarang

Pihak Avrist Assurance memandang banyak di antara masyarakat Indonesia yang tak menyadari kondisi keuangannya yang sebenarnya tanpa sadar akhir-akhir ini cenderung “besar pasak daripada tiang”. Contohnya adalah bagaimana dampak kekhawatiran akibat penyebaran virus Corona penyebab COVID-19 membuat Anda mengeluarkan banyak biaya untuk membeli berbagai perlengkapan untuk menjaga kesehatan hingga hand sanitizer sampai masker. Ini belum ditambah bila Anda termasuk yang ikut panic buying.

Anda memerlukan mengencek kesehatan finansial saat ini. Anda bisa melihat apakah kondisi keuangan saat ini bisa membuat aman untuk tiga bulan ke depan. Hal ini bisa dihitung dari sumber pendapatan, jumlah tabungan, dan cicilan. Dengan mengetahui ini maka Anda lebih berdisplin terhadap pengeluaran dan sebisa mungkin kreatif agar tak perlu mengucurkan dana untuk buka bersama atau barang-barang yang kurang bermanfaat.

2) Mengatur dengan Mulai dari Anggaran Bulanan

Setelah mengetahui kondisi finansial Anda maka langkah selanjutnya adalah mengatur anggaran bulanan, khususnya di bulan Ramadhan ini. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat daftar yang memudahkan Anda dan membaginya menjadi tiga kategori. Pertama bisa dikatakan sebagai kebutuhan utama Anda yang anggarannya diprioritaskan. Di sini anggaran tersebut dialokasikan untuk kebutuhan pokok untuk makanan serta pengeluaran rumah tangga seperti listrik, gas, internet, dan lainnya. Usahakan di penganggaran ini ada dana darurat sekitar lima hingga 10 persen yang bisa disimpan melalui tabungan, deposito, hingga investasi emas dan reksadana.

[Baca Juga: Strategi Bisnis Avrist Assurance 2020 Fokus pada Milenial dan Gen Z]

Baru setelah kategori pertama aman, Anda bisa beralih ke kategori kedua yang bersifat melengkapi di bulan Ramadhan ini. Dari mulai jajan takjil untuk berbuka sampai memesan delivery makanan. Kemudian untuk kebutuhan ketiga merupakan anggaran hiburan dan berbelanja baju sampai gadget masuk ke dalam kategori ini yang sebisa mungkin tak melebihi lima persen budget bulanan. Perhitungan untuk tiga kategori kebutuhan ini harus diusahakan tak melebihi 30 persen dari total pengeluaran bulanan Anda.

3) Aktif Catat Pengeluaran!

Dalam perencanaan keuangan sangat dibutuhkan Anda untuk memiliki kedisiplinan dan ini bisa dilakukan dengan memonitor pengeluaran. Anda bisa melakukan catatan pengeluaran harian atau bahkan memanfaatkan apps budgeting dalam melihat berapa uang yang telah dihabiskan dan berapa sisanya. Usahakan memberikan waktu khusus dalam satu pekan untuk melakukan review terhadap pengeluaran demi memastikan semuanya tercatat atau istilahnya on track.

4) Optimalkan THR untuk Tujuan Finansial Jangka Panjang

Tunjangan Hari Raya atau THR paling lumrah digunakan untuk berbelanja barang-barang baru dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri. Namun pola pikir ini harus diubah, khususya di masa pandemi COVID-19. Pasalnya, kondisi ini penuh dengan ketidakpastian sehingga ada baiknya Anda memanfaatkan THR itu untuk sesuatu yang lebih bermanfaat secara jangka panjang.

[Baca Juga: Ini Cara Atasi Karyawan Toxic ala Presiden Direktur Avrist Assurance]

Anda bisa menggunakan THR tersebut untuk membayar hutang, menjadikannya sebagai dana darurat, investasi, sampai DP rumah. Bahkan bila kesehatan menjadi prioritas masa depan Anda, Avrist Assurance menyarankan untuk mengalokasikan THR itu ke asuransi. Hal ini penting untuk ke depannya dalam hal biaya perawatan medis rumah sakit sampai untuk memberikan warisan ketika kelak meninggalkan keluarga nanti.

5) Bijak dalam Pengeluaran

Dengan kondisi #Dirumahaja seperti saat ini, tak sedikit e-commerce yang telah memberikan berbagai penawaran promo dan diskon agar Anda berbelanja online. Pada momen Ramadhan 2020 di tengah COVID-19 ini, ada baiknya ini menjadi momen Anda lebih bijak dalam mengeluarkan uang dan kalau bisa "mengerem" belanja online.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan sementara menghapus aplikasinya atau memilih fitur mute agar Anda tak tergoda untuk berbelanja online. Bahkan anggaran untuk berbelanja online itu akan lebih baik di bulan penuh berkah ini bila dialokasikan untuk membantu mereka-mereka yang membutuhkan, khususnya yang terdampak COVID-19. Ini juga bisa dilakukan dengan mendahulukan pembayaran zakat fitrah Anda dan keluarga.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.