Kala Social Distancing, Ini Hal yang Harus Dilakukan

Kesehatan

Kala Social Distancing Ini Hal yang Harus Dilakukan

Saat ini pembatasan sosial atau social distancing sudah diberlakukan di berbagai wilayah Indonesia yang diharapkan dapat membantu menekan penyebaran Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 di Tanah Air. Dengan kebijakan ini, diharapkan anak-anak sekolah tidak keluar rumah dan fokus melakukan kegiatan belajar-mengajar di rumah. Sedangkan para pekerja kantoran didorong untuk bekerja dari rumah tanpa perlu ke kantor. Namun dalam keadaan ini sebenarnya terdapat sejumlah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan demi membantu antisipasi makin merebaknya wabah Covid-19.

3. Rutin Berolahraga

Boleh Dilakukan kala Social Distancing

  • Berolahraga di Luar Ruangan

Anda tetap diperbolehkan untuk melakukan kegiatan fisik di luar ruangan. Apalagi olahraga merupakan bagian dari Perilaku Hidung Bersih dan Sehat atau PHBS yang mendorong Anda melakukan kegiatan tersebut selama tiga puluh menit. Anda bisa berlari atau bersepeda sekitar tempat tinggal Namun hal utama yang perlu diingat adalah sebisa mungkin menghindari kontak fisik atau berkomunikasi dengan jarak dekat. Usahakan tetap jaga jarak lebih dari satu meter dengan orang lain. Sehingga ada baiknya sementara waktu hindari berolahraga di gym.

[Baca Juga: Transjakarta Adakan Lagi Penyesuaian Social Distancing Terkait COVID-19]

  • Pergi Berbelanja Kebutuhan

Inilah bagian penting mengapa Anda tidak perlu panic buying atau berbelanja secara berlebihan di tengah penyebaran virus Corona. Karena walau instruksi social distancing sudah diterapkan tapi Anda tetap bisa berbelanja kebutuhan di momen ini. Tapi sebisa mungkin beli stok yang cukup untuk satu atau dua pekan ke depan sehingga bisa menimalisir Anda terlalu sering ke luar dari rumah.

Namun hal yang perlu diingat, baik berbelanja di pasar atau supermarket, usahakan tetap membawa cairan disinfektan atau hand sanitizer usai memegang barang-barang yang dibeli atau ketika mendorong troli sampai membawa tas belanjaan. Saat sudah sampai di rumah, langsung cuci tangan dengan sabun secara menyeluruh.

  • Pergi Makan di Restoran

Anda masih bisa makan ke restoran jika memang bosan dengan masakan di rumah. Namun usahakan untuk tetap datang ke restoran yang menjadi langganan Anda dan memang memiliki sanitasi yang baik serta kebersihan yang terjaga. Tapi Anda harus memperhatikan meja, piring, peralatan makan, sampai menu yang dipegang. Jadi ada baiknya membawa hand sanitizer sebelum menyentuhnya.

Menkes Himbau Cek Kesehatan Sebelum Berangkat Mudik

Hal yang Harus Dihindari Kala Social Distancing

  • Mengizinkan Buah Hati Bermain di Luar Rumah

Ini merupakan salah satu hal yang memicu social distancing untuk anak-anak sekolah, yaitu mengurangi kontak antara para pelajar sehingga memudahkan penyebaran Virus Corona. Apalagi dengan bermain di luar, buah hati Anda akan dapat bermain dengan anak lain dan memperbesar kemungkinan terinfeksi COVID-19 apalagi anak-anak memang jarang mencuci tangan sebelum atau sesudah mereka bermain di luar.

“Ini adalah praktik yang bertanggung jawab untuk menutup sekolah. (Mengingat) ada beberapa ratus anak berinteraksi dalam jarak dekat, dan anak-anak memang diketahui tak mencuci tangannya secara benar,” ungkap spesialis kesehatan publik dan penyakit menular asal Amerika Serikat Kate Vergara, sebagaimana dikutip dari vox.com (15/3/2020).

[Baca Juga: Pemprov Dorong Social Distancing Lewat Modifikasi Transportasi Umum]

  • Mengunjungi atau Dikunjungi Keluarga

Muncul kabar bahwa banyak orang yang memanfaatkan momen social distancing dengan berlibur bahkan para pekerja Ibu Kota ada yang ingin mudik ke kampung halamannya. Padahal ini merupakan yang harus dihindari. Karena terdapat kemungkinan penyebaran Virus Corona di kampung halaman Anda atau Anda sendiri bisa saja carrier tanpa mengetahuinya dan dapat menyebabkan anggota keluarga Anda yang berusia lanjut berpotensi terkena dampaknya.

“Semakin sedikit yang berkumpul, semakin sehat orang-orangnya (dan) semakin rendah risiko yang dapat muncul,” sebut Direktur Penyakit Menular Universitas Alabama Dr.Jeanne Marrazo, sebagaimana dilansir dari nytimes.com (16/3/2020).

Selain mengurungkan niat untuk mengunjungi pusat perbelanjaan, bioskop, atau undangan dalam waktu dekat, hal-hal di atas merupakan kegiatan yang boleh dan harus dihindari kala social distancing atau pembatasan sosial pada saat penyebaran virus Corona seperti saat ini. Hal yang perlu diingat adalah terus menjaga kebersihan untuk keluarga dan orang terdekat Anda serta sebisa mungkin menghindari berkomunikasi dalam jarak kurang dari satu meter dengan orang lain.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.