Kamar Mandi Dapat Dirancang Agar Ramah Lingkungan

Properti dan Solusi

Kamar Mandi Dapat Dirancang Agar Ramah Lingkungan

Menerapkan gaya hidup go green akan membantu dunia untuk tetap asri sekaligus mengurangi polusi bebas. Hidup dengan mengutamakan kesehatan dan penghijauan alias go green tak selamanya hanya dapat dilakukan di luar rumah. Tanpa Anda sadari, hidup go green pun dapat diterapkan di kamar mandi kesayangan Anda.

Kamar mandi adalah salah satu ruang di dalam rumah yang paling banyak mengonsumsi energi dan membuang limbah air. Namun ada upaya yang dapat dilakukan untuk melakukan penghematan, berikut beberapa langkah yang telah PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber.

[Baca Juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Tetap Bersih]

Merancang Rumah Nyaman Tanpa Penggunaan Pendingin Ruangan
  • Maksimalkan Cahaya dan Udara Alami

Kamar mandi yang lembap tentu memerlukan sirkulasi udara yang baik, agar tidak berdampak pada kesehatan. Jendela dengan bukaan yang cukup dapat membantu sirkulasi udara di dalam kamar mandi. Di sisi lain, keberadaan jendela juga dapat mengizinkan cahaya matahari masuk ke dalam kamar mandi, sehingga dapat mengurangi penggunaan lampu sebagai penerangan.

4. Mandi
  • Menghemat Penggunaan Air

Tak jarang dari masyarakat masa kini yang masih menggunakan gayung untuk membilas tubuh. Kendati sangat memuaskan, mandi menggunakan gayung ternyata sangat boros air. Untuk lebih menghemat debit air yang digunakan, sebaiknya maksimalkan penggunaan shower. Shower dapat menghemat air, karena semburan airnya menyebar dan intensitas air dapat diatur sesuai keinginan.

Di samping itu, penghematan air juga bisa dilakukan saat menyiram atau flushing toilet. Belakangan banyak produsen mengembangkan produk toilet yang dirancang untuk menghemat air. Teknologi tersebut mengizinkan penggunaan air secukupnya, sesuai kebutuhan.

Kamar Mandi Dapat Dirancang Agar Ramah Lingkungan
  • Menghemat Listrik

Kamar mandi belum lengkap rasanya tanpa kehadiran pemanas air. Namun, energi yang dikonsumsi untuk peranti ini sangat besar. Ada baiknya Anda menggunakan pemanas air bertenaga surya.

Memang investasi yang dikeluarkan lebih besar dari pemanas air bertenaga gas atau listrik, namun Anda memiliki dua keuntungan. Keuntungan pertama, investasi tersebut pasti akan lebih murah ketimbang membayar listrik yang dikonsumsi. Kedua, Anda telah ikut melestarikan alam.

[Baca Juga: Survei IKEA : Kenyamanan Kamar Mandi Jadi Makin Penting]

Dengan sedikit perubahan, Anda juga bisa berkontribusi terhadap penghematan energi dan menjaga keseimbangan lingkungan, sehingga kamar mandi dapat tetap menjadi salah satu sudut rumah yang nyaman untuk melepas penat serta kembali menyegarkan tubuh setelah seharian lelah beraktivitas.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.