SERPON~1.JPG

Kesehatan

Kampanye Makanan Tinggi Serat di Instalasi Gizi RSUD Kota Tangerang

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan, khususnya dibidang gizi, berdampak pada pelayanan gizi. Pelayanan gizi yang dilaksanakan di rumah sakit tentunya perlu disiapkan secara professional sesuai perkembangan tersebut. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang mendirikan Instalasi Gizi RSUD Kota Tangerang untuk mengoptimalkan layanan gizi.

Instalasi tersebut akan memberikan layanan gizi sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan lainnya di rumah sakit. Secara menyeluruh, layanan Instalasi Gizi merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien rawat inap maupun pasien rawat jalan di rumah sakit. Pengadaan layanan ini berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 78 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit.

[Baca Juga :7 Makanan untuk Sarapan Sehat Anda]

Pelayanan gizi rumah sakit adalah pelayanan gizi yang disesuaikan dengan keadaan pasien dan berdasarkan keadaan klinis, status gizi, dan status metabolisme tubuhnya. Keadaan gizi pasien sangat berpengaruh pada proses penyembuhan penyakit, sebaliknya proses perjalanan penyakit dapat berpengaruh terhadap keadaan gizi pasien.

Sering terjadi kondisi klien/pasien semakin buruk karena tidak diperhatikan keadaan gizinya. Pengaruh tersebut bisa menjadi timbal balik, seperti lingkaran setan. Hal tersebut diakibatkan karena tidak tercukupinya kebutuhan zat gizi tubuh untuk perbaikan organ tubuh. Fungsi organ yang terganggu akan lebih terganggu lagi dengan adanya penyakit dan kekurangan gizi.

Bukan hanya itu, pengetahuan tentang gizi juga penting untuk menjaga kesehatan. Pengetahuan tentang gizi yang baik bisa membantu Anda jauh dari penyakit. Salah satu kekurangan dalam pola makan masyarakat Indonesia pada umumnya adalah minimnya konsumsi serat. Karena itulah Instalasi Gizi RSUD Kota Tangerang mengkampanyekan diet tinggi serat lewat para dokter dan situs resmi rumah sakit.

Diet Tinggi Serat

Serat terdiri dari dua golongan yaitu serat larut air dan tidak larut air. Serat tidak larut air dapat melancarkan pencernaan sehingga mencegah konstipasi hemoroid, sedangkan serat larut air dapat menurunkan kolesterol darah sehingga dapat menurunkan kolesterol darah dan mengurangi risiko jantung koroner dan dislipidemia.

Tujuan diet tinggi serat ini adalah untuk memberi tubuh asupan makanan sesuai kebutuhan gizi yang tinggi serat sehingga dapat merangsang peristaltik usus agar pencernaan di dalam tubuh normal.

[Baca Juga : Bukan Obat Tetapi Resep Olahraga yang Diberikan]

Syarat diet ini yaitu mengonsumsi makanan dengan komposisi sebagai berikut:

- Energi 25-30 Kkal/kg BB per hari

- Protein 1-1.2 g/Kg BB per hari

- Lemak 20 - 25% dari total energi

- Karbohidrat 50 - 65% dari total energi

- Vitamin dan mineral sesuai AKG (angka kecukupan gizi)

- Serat 30-50 gram per hari

- Air 30ml/kg BB atau 2-2,5 liter per hari

Lebih rinci, pengaturan makanan sebagai berikut.

  1. Sumber karbohidrat: nasi, beras tumbuk, havermouth, roti gandum, macaroni, biskuit, crackers, mi, bihun, tepung yang dibuat bubur/pudding, atau sereal.
  2. Sumber protein hewani: daging, ayam, telur, susu segar, susu full cream, yoghurt, keju, mayonaise, es krim, ikan, kerang, udang, cumi, dan sumber laut lain
  3. Sumber protein nabati: Kacang-kacangan yang dikonsumsi dengan kulitnya, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau dan olahannya seperti tempe dan tahu
  4. Sayuran yang banyak serat tinggi seperti daun singkong, daun kacang panjang, daun pepaya, brokoli, jagung muda, kacang panjang, dan buncis serta sayuran lainnya.
  5. Buah-buahan: Jeruk yang dimakan dengan selaputnya, nanas, mangga, salak, pisang, pepaya, sirsak, dan buah yang dimakan dengan kulitnya seperti apel, anggur, belimbing, dan jambu biji.
  6. Sumber lemak: Margarin, minyak, atau santan encer.
  7. Minuman dan lain-lain: sirup, air putih, teh, jelly, agar-agar, dan rumput lain.
  8. Bumbu: garam, gula, kunyit, jahe, kunci, lengkuas, kencur, terasi, dan daun salam.

Contoh Menu Sehari

- Pagi: nasi tim, telur dadar, setup wortel, teh manis encer. Plus makanan camilan: buah potong.

- Siang: nasi tim, semur daging, tim tahu, sayur bening, pepaya. Plus makanan camilan: puding susu

- Malam: nasi tim, ikan panggang, bumbu tomat, tumis tempe, setup buncis pisang. Plus makanan camilan: agar-agar.

Inilah yang dilakukan oleh RSUD Kota Tangerang. Upaya peningkatan status gizi dan kesehatan masyarakat baik dalam maupun diluar rumah sakit, merupakan tugas dan tanggung jawab tenaga kesehatan, terutama tenaga yang bergerak di bidang gizi.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.