Kampung Akuarium Didorong Jadi Bagian Wisata Pesisir Jakarta Utara

Berita Kawasan

Kampung Akuarium Didorong Jadi Bagian Wisata Pesisir Jakarta Utara

Nama Kampung Akuarium sempat menjadi momok saat kawasan pemukiman di Jakarta Utara ini digusur beberapa tahun lalu. Kala itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengklaim Kampung Akuarium berdiri di atas tanah PD Pasar Jaya dan tidak termasuk dalam perencanaan tata kota Jakarta. Namun ketika Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia berjanji untuk memulihkan kembali Kampung Akuarium. Lambat laun, Kampung Akuarium pun mulai memiliki tempat evakuasi sementara sebagai shelter bagi para warganya. Baru-baru ini muncul usulan yang tidak hanya mengembalikan pemukiman di sana tapi juga mengubah “wajah” dari Kampung Akuarium.

Kampung Akuarium Didorong Jadi Bagian Wisata Pesisir Jakarta Utara

Usulan ini melibatkan perubahan terhadap Kampung Akuarium menjadi lokasi wisata yang bisa dikunjungi di Jakarta Utara. Dengan nama Kampung Wisata Inap Pesisir, desain perubahan Kampung Akuarium ini diperlihatkan pada pameran yang digelar Rujak Center For Urban Studies yang diadakan di Gedung Pasar Ikan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

“Pameran ini bercerita soal pentingnya kampung bagi Kota Jakarta. Terutama kampung sebagai urban commons yang kita artikan sebagai ruang komunal bersama. Memamerkan hasil sekolah lapangan selama (tahun) 2018 dan 2019,” ujar Direktur Eksekutif Rujak Center For Urban Studies Elsa Sutanudjaja, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (23/9/2019).

[Baca Juga: Pencanangan HUT ke-492 DKI Akan Berlangsung di Kampung Akuarium]

Desain yang diperlihatkan kepada publik ini disebut melalui proses penelitian terlebih dahulu yang di mana melibatkan International Fields School serta Urban Kampung Conference. Dengan keduanya ikut melibatkan para warga Kampung Akuarium agar turut andil dalam bertukar pikiran untuk menghasilkan desain yang tepat untuk pengembangan pemukiman tersebut nantinya.

Munculnya desain Kampung Inap Pesisir merupakan usulan yang dipandang baik untuk masa depan Kampung Akuarium. Pasalnya, melalui pariwisata maka para pengunjung yang berasal dari dalam dan luar negeri dapat melihat langsung mengenai Kampung Akuarium serta mendalami nilai-nilai kebudayaannya.

[Baca Juga: Masjid Bersejarah di Tambora Jakarta Akan Direvitalisasi]

“Tak hanya itu, kami juga turut meneliti berbagai aspek lainnya seperti lingkungan hidup, koperasi, dan komunitas. Hasil penelitian ini tentunya akan menjadi usulan bagi Pemerintah DKI Jakarta dalam pembangunan Kampung Akuarium di masa mendatang,” sambung Elisa.

Usulan ini pun disambut dengan baik Pemerintah Kota Jakarta Utara. Apalagi Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmiko yang turut hadir pada pameran yang bertajuk Ini Kampung itu. Ia memandang, usulan tersebut bisa mulai direalisasikan pada awal tahun 2020, apalagi ini bukan hanya sekadar pembangunan Kampung Akuarium saja tapi juga turut memberdayakan masyarakatnya melalui pariwisata dengan konsep Kampung Wisata Inap Pesisir.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.