Wakil Wali Kota Bogor Ingin Jadikan Kampung Alpukat Tempat Agrowisata

Berita Kawasan

Kampung Alpukat di Bogor Diharapkan Jadi Destinasi Agrowisata

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim meninjau Kampung Alpukat di Pabuaran Pasir RT 03/10 Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan. Dedie mengatakan, kunjungannya, Kampung Alpukat ini bukan hanya bisa memproduksi bibit avokad atau yang biasa disebut dengan alpukat sesuai permintaan pasar. Dedie berharap, Kampung Alpukat mampu mensejahterakan warga sekitar dengan menjadikan Kampung Alpukat menjadi wisata edukasi pertanian.

Menurutnya yang harus dikembangkan dari Kampung Alpukat adalah agribisnis atau agriwisatanya. Walaupun tanah yang gunakan bukan lahan milik kelompok tani. Menurutnya memanfaatkan tanah sewa menjadi tempat wisata lebih baik, karena jika sudah menjadi wisata yang didatangi banyak pengunjung akan sulit dihentikan sehingga, mau tak mau terus dikembangkan. Namun, Dedie menyebutkan, Kota Bogor harus memiliki lahan sendiri untuk wisata edukasi tentang pertanian atau tentang perkebunan.

[Baca Juga: Avokad Khas Cipedak di Gebyar Festival Budaya Betawi]

Walau lahan Kampung Alpukat terbatas, bukan berarti tidak bisa dikembangkan. Menurutnya untuk memenuhi dan mengembangkan sektor ekonomi, bisa menggunakan teknin urban farming yang memanfaatkan lahan terbatas. Dengan adanya alternatif ini, diharapkan dapat menurunkan tingkat inflasi harga di pasar, yang jad penyumbang inflasi terbesar adalah cabai. Menurutnya, jika bisa menanam cabai dengan teknik urban farming, bisa menekan inflasi harga.

Melansir dari kotabogor.go.id (28/6/2019) Dedie juga menginstruksikan jajaran aparatur wilayah mulai dari Camat Bogor Selatan hingga Kelurahan Mulyaharja untuk ikut andil bagian dalam pengembangan Kampung Tematik ini.

[Baca Juga: MB3R 2019 Promosikan Batik dan Hari Jadi Kota Bogor]

Sementara itu, Camat Bogor Selatan Atep Budiman mengungkapkan terima kasihnya kepada Wakil Wali Kota Dedie Rachimi atas dukungan kepada Kelompok Taruna Tani (KTT) Muara Jaya Tani dalam mengembangkan Kawasan Kampung Alpukat.

Pengarah Lapangan Kampung Alpukat Pabuaran Abdul Gofur menyatakan KTT Muara Jaya Tani saat ini mampu memberdayakan 27 warga. Dengan konsep kebun pembibitan, di tempat ini menyediakan aneka bibit unggul avokad dan Durian, seperti varietas Miki, Hawai Jumbo, Wina, YM, Mineli, Si Ijo, Anung, Vuerte, Dodo dan Dewa.

Saat ini, luas lahan yang dimanfaatkan untuk Kampung Alpukat sekitar 3,2 hektare. Ke depannya diharapkan, lahan Kampung Alpukat bisa dikembangkan hingga 5 hektare.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.