Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

Gaung Kampung Batik Kembang Mayang, Kecamatan Larangan makin menggema. Tidak lama lagi mereka siap go international. Belanda adalah negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan wilayah paling timur di Kota Tangerang ini.

Menurut Sekretaris Kecamatan Larangan Samsul Karmala, Kampung Batik akan menggandeng salah satu universitas swasta yang di Jakarta Selatan untuk mengadakan pameran di negeri kincir angin tersebut. "Kita difasilitasi Universitas Budi Luhur untuk mengikuti pameran budaya di Belanda saat musim semi tahun 2019 ini," ujar Samsul seperti dikutip dari tangerangkota.go.id (22/2/2019).

Pihak Pemkot kini tengah menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak untuk dapat terus mengembangkan Kampung Batik. Sebab pada Kampung Batik Kembang Mayang ini, ujarnya, tercermin batik nusantara. "Dari Sumatera dari Jawa juga ada. Dan perlu diketahui bahwa sekretariat membatik se-Indonesia juga ada di Larangan, yakni tepatnya di RW 11," terang Samsul.

[Baca Juga: Kampung Tematik Tangerang Tingkatkan Pola Asuh Orang Tua]

Selain itu, dengan keberadaan Kampung Batik ini, diharapkan masyarakat tidak cuma sekadar belajar membatik semata, tetapi mampu mengundang pihak luar untuk belajar membatik dan sekaligus menghidupkan ekonomi masyarakat. "Dengan begitu, harapannya nantinya bukan saja Larangan Selatan mempunyai kreatifitas, tapi juga kelurahan lain juga harus dikembangkan," ucapnya.

Sejauh ini, menurut Samsul, respon positif sudah ditunjukkan oleh sejumlah sekolah di Kota Tangerang yang ditandai dengan kedatangan mereka ke Kampung Batik Kembang Mayang untuk menitipkan anak didiknya. "Dan itu tidak sulit, kenapa? Mungkin anak kecil cepat menyerap apa yang disampaikan," ujarnya.

Disinggung apa yang membedakan antara batik Larangan dengan wilayah lain, menurut Samsul, dari sepengetahuannya, sebetulnya ada salah satu wilayah lain yang lebih dahulu mempunyai aktivitas membatik di Kota Tangerang. Tapi desain yang dipergunakan wilayah tersebut dibuat dari daerah lain di Pulau Jawa. "Tapi kalau di wilayah Larangan, para tutornya atau pengajarnya memang tersertifikasi, jadi mereka bukan cuma mencanting, tapi mempola juga" ucapnya.

[Baca Juga: Cara Merawat Batik Agar Tahan Lama dan Tak Luntur]

Selain itu, menurutnya, di Larangan tidak saja menerima pesanan batik, melainkan sekaligus memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum untuk budaya membatik. "Jadi bukan cuma memproduksi, tapi sekaligus mengenalkan bahkan kepada anak-anak sedini mungkin, kita juga membuka kelas untuk membatik," ungkapnya. Bahkan ia menambahkan, Kampung Batik siap bersinergi dengan Dinas Pendidikan untuk mengenalkan batik menjadi ekstrakurikuler di sekolah Kota Tangerang," ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTi p.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTip

29 November 2022, 13:43

Platform kreator konten TipTip baru-baru ini meraih suntikan pendanaan Seri A yang dipimpin oleh East Ventures.

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Jut a.jpg

Bisnis

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Juta

29 November 2022, 11:42

Pemprov DKI Jakarta pada pekan ini secara resmi mengumumkan bahwa UMP Ibu Kota akan naik sekitar Rp259 ribuan dibandingkan angka sebelumnya.

bebk.jpg

Kuliner

Resto Bebek Emas, Cara Beda Makan Bebek Peking Panggang

29 November 2022, 09:40

Ini loh cara baru menikmati bebek peking! Di Resto Bebek Emas Anda bisa menikmati bebek peking panggang dengan lalapan dan sambal khas tradisional.


Comments


Please Login to leave a comment.