Kampung Betawi Setu Babakan Berhasil Raih Juara 1 CH SE.jpg

Berita Kawasan

Kampung Betawi Setu Babakan Berhasil Raih Juara 1 CHSE

Pada awal September 2021, Menteri Pariwisata dan dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kampung Budaya Betawi Setu Babakan untuk meninjau langsung sekaligus menilainya dalam rangka Anugra Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021. Dalam kunjungan itu, Sandi merasa senang dengan berbagai fasilitas yang ada di sini, khususnya yang berhubungan kebersihan serta sanitasinya. Ternyata antusias ini berbuah manis dengan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan yang berhasil menjadi juara pertama di salah satu kategori ADWI 2021.

Pengumuman pemenang ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 itu digelar pada 8 November 2021 di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan. Di mana ajang bergengsi untuk mempromosikan desa-desa di Tanah Air yang memiliki potensi pariwisata ini diikuti setidaknya 1.831 desa wisata di Indonesia. Dari ribuan desa itu, tim dari Kemenparekraf, termasuk Sandiaga Uno, akan menilainya dan menentukan desa mana saja yang berhak masuk ke salah satu kategori di ajang ini.

Kampung Betawi Setu Babakan Berhasil Raih Juara 1 CHSE.jpg

Di ajang ADWI 2021 sendiri terdapat tujuh kategori dengan masing-masing berisi lima desa terbaik. Kategori itu terdiri dari konten kreatif, desa digital, homestay, toilet umum, suvenir, CHSE (Cleanliness, Health, Safey, and Environmental Sustainability), dan terbaik daya tarik wisatanya. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan berhasil menyabet Juara 1 kategori CHSE yang menunjukkan bahwa desa wisata di Jakarta Selatan ini sudah memenuhi standar protokol kesehatan lokasi wisata di masa pandemi COVID-19.

“Kami sangat bersyukur, bahwa pada kategori CHSE ini, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atau dalam nominasi disebut Desa Wisata Kampung Betawi ini berada pada peringkat pertama mengungguli 50 Desa Wisata Terbaik lainnya,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (8/12/2021).

[Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Tinjau Bank Sampah Pemuda Mandiri di Setu Babakan]

Keberhasilan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan ini di ADWI 2021 turut disambut antusias Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut Henry, orang nomor satu di Jakarta itu memberikan apresiasinya kepada Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, khususnya Unit Pengelola Pusat Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atas upaya mereka selama ini.

Selain Kampung Budaya Betawi Setu Babakan, masih ada enam desa lainnya yang menyabet gelar juara di Ajang Desa Wisata Indonesia 2021. Ada Desa Wisata Carangsari (Bali) yang jadi juara di kategori konten kreatif, lalu Desa Wisata Tamansari (Banyuwangi) yang jadi juara desa digital. Kemudian Desa Wisata Nusa (Aceh Besar) yang jadi juara di kategori homestay, Desa Wisata Serang (Blitar) menjadi juara untuk kategori toilet umum, dan Desa Wisata Sumberbulu (Karanganyar) menjuarai kategori suvernir. Desa terakhir adalah juara daya tarik wisatanya yang berhasil disabet Desa Wisaa Wae Rebo (Manggarai NTT).


Read More

Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Pelestarian Situs Peninggalan

+622178893258
None

Artikel Lainnya

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad

23 March 2023, 18:17

Mengejar passion yang hadir dari hobi tampaknya menjadi gambaran yang tepat untuk sosok atlet offroad Tanah Air, Sudirman Arsyad.

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program In i.jpg

Bisnis

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program Ini

21 March 2023, 11:48

Melalui kampanye BerKah Ramadan, ruparupa gelar beragam promo untuk mendukung konsumennya dalam menyambut bulan suci yang sebentar lagi tiba.

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 2023

20 March 2023, 14:47

Para penggemar musik di era tahun 2000an awal berhasil diajak bernostalgia menyanyikan lagu-lagu hits dari Samsons, Yovie & Nuno, serta D’Masiv di acara JCW 2023.

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syaria h.jpg

Bisnis

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syariah

17 March 2023, 10:29

Dalam rangka mendukung umat Muslim milenial yang menggunakan produk sesuai syariah, Astralife menghadirkan produk Flexi Life Protection Syariah di ranah digital.


Comments


Please Login to leave a comment.