Kampung Buah Jasindo Manfaatkan Lorong Sempit Untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Kampung Buah Jasindo Manfaatkan Lorong Sempit untuk Urban Farming

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marulla Matali pada 17 Desember 2019 meresmikan Kampung Buah Jasindo dan memberikan apresiasi dan terima kasihnya kepada PT Jasindo serta Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB), yang telah turut membantu berdirinya Kampung Buah Jasindo.

Kampung Buah Jasindo Manfaatkan Lorong Sempit Untuk Urban Farming

Kampung Buah Jasindo sendiri terletak di Gang K, RT 001 / RW 02 Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Kampung Buah ini memanfaatkan lorong jalan yang letaknya berada di gang. Kini memiliki kebun buah di lokasi penduduk bukanlah hal yang sulit, buktinya pada gang kecil sekalipun warga bisa memanfaatkan penanaman buah dengan biaya yang efisien.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (18/12/2019) Marullah menambahkan, pemanfaatan ruang terbatas untuk bercocok tanam buah semoga bisa menginspirasi wilayah lain untuk melakukan hal yang sama.

[Baca Juga: Kampung Alpukat di Bogor Diharapkan Jadi Destinasi Agrowisata]

Pemanfaatan lorong jalanan atau gang yang tidak terlalu besar untuk bercocok tanam buah-buahan tersebut dapat menginspirasi wilayah lainnya untuk ikut serta melakukan hal yang sama. “Patut dikembangkan di kelurahan lain yang memilih wilayah serupa agar dapat memafaatkan lahannya dengan baik,” ujar Marullah.

Sementara Ketua Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB) Eko Syahputra menyebutkan, kampung ini sebelumnya bernama Kampung Buah Ngank Fruit namun diubah menjadi Kampung BUah Jasindo, sebagai komitmen PT Jasindo dan YIAB dalam mewujudkan kampung tematik yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kampung Buah Jasindo Manfaatkan Lorong Sempit Untuk Urban Farming

Menurut Eko, Kelurahan Pengadegan memiliki potensi urban farming yang hasilnya bisa dimanfaatkan oleh warga. Perwujudan kampung buah merupakan program bina lingkungan yang mampu buat warga lebih mandiri, sehat, dan meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan hasil panen. Kampung Buah Jasindo sendiri memiliki berbagai jenis buah merambat seperti stroberi, melon, semangka, labu, dan anggur.

Lurah Pengadegan Azhari menyebutkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama untuk mewujudkan Kampung Buah Jasindo. Menurutnya, berkat kerja sama dan kolaborasi yang baik dari kelompok tani baik dari RT, RW, dan kader-kader PKK dengan suka cita membantu menyukseskan acara. “Kita telah berhasil mendayagunakan lahan yang sempit dengan tanaman buah dan kolam gizi lele ini dengan sangat baik," kata Azhari.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Siap Kembangkan Kampung Tematik Ciharashas]

Ketua Kelompok Tani Ngank Fruit Kelurahan Pengadegan Syahrullah mengatakan, hasil panen buah-buahan yang dihasilkan akan dimanfaatkan kader PKK untuk membuat produk olahan makanan untuk dipasarkan kembali. “Karena keterbatasan lahan kita harus menyesuaikan instalasi hidroponik. Karena di bawah membutuhkan banyak ruang, maka itu kita manfaatkan teknik hidroponik dengan media menggunakan atap merambat agar tidak menggangu jalanan," sebut Syahrullah.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.