Kampung di Depok Manfaatkan Barang Bekas Demi Hijaukan Lingkungan

Berita Kawasan

Kampung di Depok Gunakan Barang Bekas Demi Hijaukan Lingkungan

Di kawasan Kecamatan Cipayung Kota Depok, ada satu kampung yang memiliki konsep asri sehingga membuat nyaman para warga yang tinggal di sana. Bahkan nama dari kampung itu mencerminkan kondisi di sana, yaitu Kampung Setaman yang berasal dari singkatan Tertata, Bersih, dan Nyaman. Salah satu program yang diterapkan di sini adalah memanfaatkan barang bekas sebagai media tanam yang dapat membantu penghijauan lingkungan.

Kampung Setaman yang berada di RW 07 Kelurahan Ratujaya mulai menggerakkan berbagai program untuk kebersihan dan penghijauan lingkungannya sejak April 2019. Menariknya, ini semua dimulai dari rasa keprihatinan terhadap area tempat tinggal di sana yang terasa padat, tak teratur sehingga memicu rasa tidak nyaman.

Kampung di Depok Manfaatkan Barang Bekas Demi Hijaukan Lingkungan

“Kampung Setaman ini sudah bergerak sebelum Ramadan, kira-kira bulan April. Berawal dari rasa prihatin kami terhadap lingkungan yang padat penduduk, namun tidak ada penghijauan," tutur Ketua RW 07 Sanusi, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (22/10/2019). Dari sinilah para warga bahu membahu untuk menciptakan Kampung Setaman yang bersih, hijau dengan tanaman, sekaligus ramah anak.

Sanusi menyebut, program Kampung Setaman saat ini sudah diterapkan di enam RT yang berada di bawah lingkup RW 07. “Kegiatan ini lebih ke arah kebersihan lingkungan dan mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan agar nyaman untuk ditinggali,” ujarnya.

[Baca Juga: Ramai-ramai Ikut Lomba Gambar Cinta Lingkungan DLHK Kota Depok]

Namun karena kepadatan penduduk di kampung ini maka lahan untuk penghijauan pun terbilang terbatas. Tapi hal ini tidak membatasi usaha dari para warga setempat. Mereka pun memanfaatkan barang-barang bekas, termasuk sampah botol plastik yang dijadikan layaknya pot kembang untuk menanam berbagai jenis tanaman di Kampung Setaman.

“Ini inisiatif warga memanfaatkan barang bekas untuk media tanam. Daripada dibuang, kami memilih untuk digunakan kembali sebagai pengganti pot. Sekalian juga untuk efisiensi anggaran, karena kami menjalankan program ini secara swadaya,” ungkap Sanusi.

[Baca Juga: Sebelum Bisnis Barang Bekas, Ketahui Istilah Preloved dan Garage Sale]

Pada umumnya, barang bekas yang paling banyak digunakan sebagai media tanam di Kampung Setaman adalah sepatu, kaleng cat, botol mineral, pipa. Sedangkan tanamannya dibagi menjadi dua, ada yang hias dan merambat. Untuk hias, ada tanaman pucuk merah, brokoli kuning, lili pari, kuping gajah, sirih gading. Sedangkan untuk tanaman merambat seperti anggur dan markisa, ditanam sebagai peneduh sekaligus bisa dinikmati hasilnya oleh warga.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.