Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kepo merupakan kata tak baku yang umum digunakan di masyarakat. Jika dicari tau asal usul kepo beragam, salah satunya menyebutkan kata kepo merupakan akronim dari knowing every particular object yang artinya sebutan untuk orang yang serba ingin tahu terhadap sesuatu. Kata ini dijadikan nama tematik sebuah kampung di daerah Bogor.

Tepatnya di sebuah kampung RW 11, Kelurahan Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor yang baru saja diresmikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, 14 Agustus 2019 lalu. Kampung Kepo hadir berkat kepedulian seluruh pihak termasuk PKK. Kampung tematik ini dibentuk dengan tujuan membangun kesadaran dan rasa ingin tahu mengenai kesehatan reproduksi.

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Yane Ardian mengatakan, jika kesehatan reproduksi tidak dijaga, kemungkinan besar akan menimbulkan penyakit tidak menular yang sangat berbahaya, seperti kanker serviks. Menurut Yane kesadaran ibu-ibu untuk melakukan Iva Tes tercatat masih di bawah 20 persen.

Kesadaran yang rendah tersebut disebutkan timbul karena para ibu-ibu cenderung takut dan tak memiliki keberanian untuk memeriksakan organ reproduksinya. “Maka dari itu, proses ini butuh dukungan dari para suami," kata Yane.

[Baca Juga: Mengenal Program Kampung KB untuk Kesejahteraan Masyarakat]

Melansir dari depok.go.id (16/8/2019) Yane menyebutkan, Kampung Kepo merupakan kolaborasi untuk menguatkan dan mendorong ibu-ibu agar memiliki keinginan dan keberanian untuk melakukan tes tersebut. Tak ayal, Kelompok Kerja 4 TP PKK yang mengurusi kesehatan membuat nama Kepo tersebut agar lebih familiar dan akrab di telinga ibu-ibu. "Nama itu tercetus dari kelompok kerja 4 PKK, terpilihlah kata kepo tersebut," jelas Yane mengenai asal usul pemilihan nama Kampung Kepo.

Menurut Yane pula, Kampung Kepo atau sejenis ini belum pernah ada di Indonesia. Ia mengungkapkan, Kampung Kepo yang mengusung tema kesehatan reproduksi ini tercetus dan muncul pertama kali di Kota Bogor. Kampung Kepo juga menjadi pioner dalam hal kepedulian terhadap kesehatan reproduksi wanita, semoga dengan adanya kehadiran kampung kepo bisa menjadi contoh bagi kampung lainnya. "Dipilihnya lokasi ini karena, kampung RW 11juga jadi salah satu peserta lomba PKK berjenjang, hari Senin besok, ada penilaian di tingkat provinsi," tutur Yane.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Sosialisakan Penyakit Kanker Serviks]

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Rubaeah mengatakan, Kampung Kepo ini merupakan bagian dari program Dinkes 2019. Layaknya Kampung Kepo, di beberapa kelurahan, Dinkes juga membuat kampung serupa yang termasuk dalam program Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Kami harapkan Kampung Kepo menjadi contoh untuk di wilayah lain. Dengan adanya Kampung Germas dan Kampung Kepo semoga masyarakat bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," ujar Rubaeah.

Rubaeah menambahkan, Kepo yang berarti Kesehatan Reproduksi memang fokus pada kesehatan reproduksi untuk membentuk generasi yang berkualitas. Pasalnya, menjaga kesehatan reproduksi ini harus dimulai dari masa remaja. Melalui kegiatan penyuluhan pengetahuan tentang apa itu kesehatan reproduksi yang selama ini dianggap sebagai hal tabu, padahal hal itu harus diketahui para remaja. "Tesnya gratis, hasil tesnya pun langsung keluar bisa ditunggu dan langsung tahu," katanya.

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  11 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  12 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.