Kampung Makarya, Kampung Kreatif dan Sejuk di Tangerang

Berita Kawasan

Kampung Makarya, Kampung Kreatif dan Sejuk di Tangerang

Hadirnya berbagai kampung tematik di Kota Tangerang menjadi wujud hasil program yang digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui program Kampung Kita. Perubahan berbagai kampung yang berada di kawasan Kota Tangerang menjadi kampung tematik seperti Kampung Bekelir, Kampung Markisa, Kampung Batik Kembar Mayang dan kampung tematik lainnya.

Dengan kemunculan kampung tematik membuat wajah kampung kumuh bertransformasi menjadi kampung yang hijau dan sehat. Keberadaan kampung gagasan Pemkot Tangerang ini juga telah mampu mendatangkan keuntungan dari sisi perekonomian.

Kampung Makarya Kampung Kreatif dan Sejuk di Tangerang

Salah satu kampung tematik yang telah berubah dari kampung yang dulunya terlihat kumuh dan kini sudah berubah menjadi kampung yang terlihat indah, hijau dan kreatif adalah Kampung Makarya. Kampung tematik yang satu ini berada di Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Kampung Makarya mampu membangkitkan kreatifitas warganya. Sebagaimana dilansir tangerangkota.go.id (21/3/2019), warga kampung ini memiliki perbedaan dari kampung tematik lainnya yang ada di Kota Tangerang. Perbedaannya terletak pada warganya yang lebih fokus pada tanaman dan membatik.

[Baca Juga: SMPN 9 Kota Tangerang Tuan Rumah Sosialisasi Adiwiyata]

Kampung Makarya memiliki berbagai tanaman, mulai dari sayur hingga tanaman obat. Selain itu, kampung di Larangan Selatan ini memiliki tempat khusus membatik yang dilakukan kelompok PKK setempat.

Lurah Larangan Selatan Ashari Hermawan mengatakan, Kampung Makarya merupakan pengembangan dari Kampung Batik Kembang Mayang, namun kampung ini lebih luas dan lebih sejuk karena memiliki banyak tanaman.

Kampung Makarya Kampung Kreatif dan Sejuk di Tangerang

Dengan kebersihan yang terjaga di kampung Makarya, Ashari mengatakan banyak orang yang melihat kampung ini seperti komplek perumahan.

“Banyak orang yang tidak percaya kalau ini adalah kampung karena bersih sekali jadi terlihat seperti kompleks padahal ini kampung,” ujarnya masih dari sumber yang sama.

[Baca Juga: Pemkot Luncurkan Aplikasi SiWarga di HUT Ke-26 Kota Tangerang]

Kampung ini berhasil bertransformasi menjadi kampung yang kreatif dan bersih karena warganya yang ingin mengubah wajah tempat tinggalnya.

“Sangat kreatif, dulu kampung ini kumuh, setelah itu warga bergotong-royong. Lukisan di dinding ini juga hasil kreatifitas mereka,” tambahnya.

[Baca Juga: Mengenal Program Kampung KB untuk Kesejahteraan Masyarakat]

Kampung Makarya terbilang cukup berprestasi dengan sudah meraih beberapa penghargaan, di antaranya menjadi juara pertama lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kota Tangerang dan menjadi Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK tingkat Provinsi Banten.

Tahun ini Kampung Makarya akan diusulkan mengikuti lomba HATINYA PKK tingkat nasional. Ashari mengatakan, pihak kelurahan sudah mengirimkan videonya dan sedang menunggu pengumumannya dan dia juga berharap kampung ini bisa menjadi juaranya.

Read More

Artikel Lainnya

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.


Comments


Please Login to leave a comment.