Kampung Ondel-ondel, Kampung Para Perajin Ondel-ondel

Berita Kawasan

Kampung Ondel-ondel, Kampung Para Perajin Ondel-ondel

Apakah Anda pernah mendengar lagu berjudul Ondel-ondel yang dilantunkan Benyamin Sueb? Konon, dari lagu itu lah nama ondel-ondel menjadi populer di masyarkat hingga menjadi salah satu dari delapan ikon budaya Betawi yang tetap eksis sampai saat ini. Bahkan, di tengah Ibu Kota yang telah banyak bertransformasi ini, masih ada sekelompok warga Jakarta yang tetap setia menekuni pekerjaan sebagai perajin ondel-ondel.

Setiap hari para perajin ondel-ondel sibuk mengerjakan rangkaian demi rangkaian. Para perajin ini banyak ditemukan di Kampung Ondel-ondel yang berada di Jalan Kembang Pacar, RT 10/03, Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Tercatat, sekitar 20 sanggar atau rumah industri pembuat boneka raksasa khas Betawi masih aktif menekuni pekerjaan tersebut. Sehingga, sangat lumrah jika wilayah ini dikenal dengan sebutan Kampung Ondel-ondel.

Kampung Ondel-ondel, Kampung Para Perajin Ondel-ondel

Salah seorang sesepuh Kampung Ondel-ondel Mulyadi menceritakan, kampung ini sudah ada sejak tahun 1976. Pada masa itu, ondel-ondel masih dikenal dengan nama Barongan yang digunakan untuk hiburan saat hajatan khitanan, perkawinan atau acara HUT RI. Pembuatannya juga masih menggunakan bahan baku yang sederhana dan tidak bisa bertahan lama. Sehingga, ondel-ondel kala itu dibuat hanya bisa ditampilkan untuk satu kali acara.

[Baca Juga: Ondel-ondel, Pertujukan Sakral Betawi yang Jadi Pengamen Jalanan]

"Dulu bahannya dari kertas koran, sampah, bambu, dan sagu untuk membuat wajah dan badan ondel-ondel. Jadi bahan-bahan itu tidak bisa bertahan lama, sehingga usai acara ondel-ondel langsung dihancurkan," tuturnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (27/6/2019).

Dia melanjutkan, bahan baku pembuatan ondel-ondel kemudian mengalami perubahan agar bisa bertahan lama, yaitu dari bambu untuk kerangka badan, dan dari bahan kimia untuk wajahnya. Dan, tahukah Anda jika ondel-ondel sebenarnya terdiri dari delapan karakter?

[Baca Juga: Berburu Ondel-ondel di Galeri si Betok]

Mulyadi mengungkapkan, ada delapan karakter ondel-ondel, di antaranya enam karakter perempuan yaitu Bebek, Anis, Mayang, Lentik, Ratu Gelang, dan Ratu Kalung, serta dua karakter laki-laki yaitu Kedok Balang dan Logaya.

Pihak aparat baik di Kecamatan dan Kelurahan Kramat bersama-sama terus mengupayakan untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha warga perajin ondel-ondel yang berada di Kampung Ondel-Ondel. Salah satu upayanya adalah dengan mengikutsertakan para perajin ondel-ondel dalam program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT). Selain itu, mereka juga selalu diikutsertakan dalam setiap acara dan bazar sebagaimana disampaikan Lurah Kramat Suparjo.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.