Kampung Ondel-ondel, Kampung Para Perajin Ondel-ondel

Berita Kawasan

Kampung Ondel-ondel, Kampung Para Perajin Ondel-ondel

Apakah Anda pernah mendengar lagu berjudul Ondel-ondel yang dilantunkan Benyamin Sueb? Konon, dari lagu itu lah nama ondel-ondel menjadi populer di masyarkat hingga menjadi salah satu dari delapan ikon budaya Betawi yang tetap eksis sampai saat ini. Bahkan, di tengah Ibu Kota yang telah banyak bertransformasi ini, masih ada sekelompok warga Jakarta yang tetap setia menekuni pekerjaan sebagai perajin ondel-ondel.

Setiap hari para perajin ondel-ondel sibuk mengerjakan rangkaian demi rangkaian. Para perajin ini banyak ditemukan di Kampung Ondel-ondel yang berada di Jalan Kembang Pacar, RT 10/03, Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Tercatat, sekitar 20 sanggar atau rumah industri pembuat boneka raksasa khas Betawi masih aktif menekuni pekerjaan tersebut. Sehingga, sangat lumrah jika wilayah ini dikenal dengan sebutan Kampung Ondel-ondel.

Kampung Ondel-ondel, Kampung Para Perajin Ondel-ondel

Salah seorang sesepuh Kampung Ondel-ondel Mulyadi menceritakan, kampung ini sudah ada sejak tahun 1976. Pada masa itu, ondel-ondel masih dikenal dengan nama Barongan yang digunakan untuk hiburan saat hajatan khitanan, perkawinan atau acara HUT RI. Pembuatannya juga masih menggunakan bahan baku yang sederhana dan tidak bisa bertahan lama. Sehingga, ondel-ondel kala itu dibuat hanya bisa ditampilkan untuk satu kali acara.

[Baca Juga: Ondel-ondel, Pertujukan Sakral Betawi yang Jadi Pengamen Jalanan]

"Dulu bahannya dari kertas koran, sampah, bambu, dan sagu untuk membuat wajah dan badan ondel-ondel. Jadi bahan-bahan itu tidak bisa bertahan lama, sehingga usai acara ondel-ondel langsung dihancurkan," tuturnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (27/6/2019).

Dia melanjutkan, bahan baku pembuatan ondel-ondel kemudian mengalami perubahan agar bisa bertahan lama, yaitu dari bambu untuk kerangka badan, dan dari bahan kimia untuk wajahnya. Dan, tahukah Anda jika ondel-ondel sebenarnya terdiri dari delapan karakter?

[Baca Juga: Berburu Ondel-ondel di Galeri si Betok]

Mulyadi mengungkapkan, ada delapan karakter ondel-ondel, di antaranya enam karakter perempuan yaitu Bebek, Anis, Mayang, Lentik, Ratu Gelang, dan Ratu Kalung, serta dua karakter laki-laki yaitu Kedok Balang dan Logaya.

Pihak aparat baik di Kecamatan dan Kelurahan Kramat bersama-sama terus mengupayakan untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha warga perajin ondel-ondel yang berada di Kampung Ondel-Ondel. Salah satu upayanya adalah dengan mengikutsertakan para perajin ondel-ondel dalam program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT). Selain itu, mereka juga selalu diikutsertakan dalam setiap acara dan bazar sebagaimana disampaikan Lurah Kramat Suparjo.

Read More

Artikel Lainnya

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.

Suzuki Gelar Servis Gratis Untuk Angkot di Jakarta

Bisnis

Suzuki Gelar Servis Gratis untuk Angkot di Jakarta

11 December 2019, 14:00

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya memfasilitasi 500 angkot, tahun ini ada sebanyak 700 angkot yang akan mendapatkan servis gratis

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

Pendidikan

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

11 December 2019, 13:00

Pengajuan anggaran pembangunan Boarding School SMKN 74, Jakarta Utara perlu dikaji kembali. DPRD meminta Disdik menundanya.

Hj Delima Tatung Rayakan Ulang Tahun ke-90 Dengan Suka Cita

Berita Kawasan

Hj. Delima Tatung Rayakan Ulang Tahun ke-90 dengan Suka Cita

11 December 2019, 12:00

Usia 90 tahun dan masih menjalani hidup dengan gembira, tentu menjadi anugerah yang patut disyukuri. Itulah yang dialami Hj. Delima Tatung dalam perayaan ulang tahunnya di Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.