Kampung Sereh Tangerang, Aromanya Tercium Saat Melewatinya

Berita Kawasan

Kampung Serai Tangerang, Aromanya Tercium Saat Melewatinya

Kampung tematik yang ada di Tangerang adalah salah satu program pemerintah Kota Tangerang dalam membenahi semua wilayah secara tepat sasaran. Sudah terbentuk Kampung Tematik di Tangerang, seperti Kampung Bekelir, Kampung Markisa, Kampung Batik Kampung Lidah Buaya, Kampung Jahe, dan kampung lainnya termasuk Kampung Serai yang ada di Kecamatan Ciledug. Tepatnya di RW 9 Kelurahan Tajur, Kecamatan Ciledug. Kampung tematik yang digalakkan pemerintah Tangerang untuk mengampanyekan gerakan hidup sehat kepada masyarakat Tangerang.

Kampung Sereh Tangerang, Aromanya Tercium Saat Melewatinya

Upaya ini bertujuan agar masyarakat ikut berperan aktif dalam mengubah lingkungannya dengan penuh kesadaran. Dinamakan Kampung Serai, karena hampir setiap rumah memiliki pohon serai yang dirawat warganya. Pohon serai di Kampung Serai ini pun mulai tercium dari pintu masuk Kampung hingga ke pemukiman yang di belakang.

[Baca Juga: Kampung Markisa Siap Hadapi Penilaian PHBS Nasional]

Melansir laman tangerangkota.go.id (11/10/2019), tak hanya di pekarangan, sejumlah lahan terbuka juga ditanami warga pohon serai. Hingga membuat pemandangan tampak indah dan asri. Warna hijau daun serai dan aroma khas juga tercium saat siapa pun melintasi kampung ini.

Kampung Sereh Tangerang, Aromanya Tercium Saat Melewatinya

Terbentuknya Kampung tematik di seluruh wilayah Tangerang akan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membangun program Kampung yang memiliki berbagai manfaat untuk masyarakat. Seperti diketahui, tanaman serai ini memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol dan gula darah.

"Ya, Kampung Serai salah satu kampung tematik di Kota Tangerang. Seluruh warganya diwajibkan menanam pohon serai. Bahkan, jika ada acara atau pun tamu, bisa dipastikan akan disajikan teh serai yang memiliki banyak khasiat," ungkap Ketua RW 09, Kecamatan Ciledug Agus Salim.

[Baca Juga: Kampung Tematik di Tangerang Bertambah dengan Kampung Pingli]

Agus juga mengatakan, akan berencana membuat olahan produk khusus dari daun serai tersebut. Selain minuman, ada juga sambal serai yang menjadi ciri khas dari Kampung Serai. Hanya saja, saat ini masih dikonsumsi atau pun sebagai jamuan tamu tertentu. “Pengembangan nantinya bisa dibuat produk tertentu sehingga warga Kami bisa mendapat keuntungan dari menanam pohon serai. Disamping itu, warga yang belum menanam masih terus kami sosialisasikan,” ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.

Doku Talk Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia.jpg

Bisnis

Doku Talk: Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia

25 November 2022, 14:34

Tak bisa dipungkiri terdapat potensi tantangan ekonomi di tahun 2023 bagi Tanah Air tapi di sisi lain menurut praktisi keuangan di Doku Talk disebut momen ini juga dapat menjadi peluang tersendiri.

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandun g.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandung

25 November 2022, 11:32

The Ming Cu yang dikenal sebagai ratu tarantula dari Kota Bandung baru-baru ini menggelar pernikahannya dan menariknya, hobi hewan berbisanya itu dijadikan tema dari resepsinya!

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gemp a.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gempa

24 November 2022, 17:14

Pakar Unpad mengungkapkan analisanya mengenai sebenarnya apa yang menjadi pemicu guncangan gempa Cianjur.


Comments


Please Login to leave a comment.