Kampung Silat Petukangan Akan Gelar Festival Silat Betawi

Berita Kawasan

Kampung Silat Petukangan Akan Gelar Festival Silat Betawi

Pencak silat merupakan olahraga beladiri yang mengandung nilai-nilai seni tradisional. Pencak silat juga banyak yang mempelajari, baik laki-laki maupun perempuan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pencak silat sendiri memiliki empat aspek dan tiga juga utama dalam penerapannya. Empat aspek tersebut yakni sapek mental spriritual, aspek seni budaya, aspek beladiri, dan aspek olahraga. Sementara tiga tujuan utamanya antara lain untuk mencapai kesehatan, tujuan rekreasi, dan tujuan prestasi.

[Baca Juga: Kampung Silat Beksi Direncanakan Jadi Tempat Wisata]

Mengingat pencak silat bagian dari seni dan budaya tradisional Indonesia, perlu adanya kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan. Seperti halnya yang dilakukan sekumpulan para pesilat dari Kampung Petukangan, Jakarta Selatan ini.

Para pesilat tersebut akan menggelar Festival Silat Betawi Tingkat Kota Jakarta Selatan. Rencananya, Festival Silat Betawi ini diselenggarakan pada 20 April 2019. Diadakannya festival ini juga dalam rangka membangun Kampung Petukangan sebagai Kampung Silat.

[Baca Juga: Silat Betawi dari Abad 17, Silat Citbitik]

Sekertaris Kecamatan Pesanggrahan Teguh, menyambut baik gelaran Festival Silat Betawi ini. Menurutnya, festival ini tidak hanya sekadar pertunjukan semata, namun juga termasuk salah satu pembinaan dan pengembangan silat Betawi.

Kampung Silat Petukangan Akan Gelar Festival Silat Betawi

“Kami pihak kecamatan menyambut baik kegiatan dari Keluarga Besar Kampung Silat Petukangan ini. Manfaatkan khazanah budaya lokal, khususnya Silat Betawi Beksi di Petukangan,” katanya seperti dikutip dari selatan.jakarta.go.id (12/4/2019).

Teguh menuturkan, festival ini juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam merealisasikan amanah Undang-Undang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Oleh karena itu, pihak kecamatan sangat mendukung penuh kegiatan tersebut.

[Baca Juga: Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019]

Sementara itu, mewakili Keluarga Besar Kampung Silat Petukangan Abdul Aziz mengaku terharu dengan adanya dukungan penuh dari aparat pemerintah dalam rangka mewujudkan pembangunan Kampung Silat Petukangan. “Rencananya juga akan bekerja sama dengan Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan dalam membuat acara ini,” ujarnya.

Kegiatan Festival Silat Betawi Tingkat Kota Jakarta Sealtan akan diselenggarakan di lapangan Parkir Taman Swadarma atau RPTRA Bhineka Jalan Swadarma Raya, Gang Reformasi RT 006 RW 04 Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.