Kampung Silat Petukangan Akan Gelar Festival Silat Betawi

Berita Kawasan

Kampung Silat Petukangan Akan Gelar Festival Silat Betawi

Pencak silat merupakan olahraga beladiri yang mengandung nilai-nilai seni tradisional. Pencak silat juga banyak yang mempelajari, baik laki-laki maupun perempuan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pencak silat sendiri memiliki empat aspek dan tiga juga utama dalam penerapannya. Empat aspek tersebut yakni sapek mental spriritual, aspek seni budaya, aspek beladiri, dan aspek olahraga. Sementara tiga tujuan utamanya antara lain untuk mencapai kesehatan, tujuan rekreasi, dan tujuan prestasi.

[Baca Juga: Kampung Silat Beksi Direncanakan Jadi Tempat Wisata]

Mengingat pencak silat bagian dari seni dan budaya tradisional Indonesia, perlu adanya kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan. Seperti halnya yang dilakukan sekumpulan para pesilat dari Kampung Petukangan, Jakarta Selatan ini.

Para pesilat tersebut akan menggelar Festival Silat Betawi Tingkat Kota Jakarta Selatan. Rencananya, Festival Silat Betawi ini diselenggarakan pada 20 April 2019. Diadakannya festival ini juga dalam rangka membangun Kampung Petukangan sebagai Kampung Silat.

[Baca Juga: Silat Betawi dari Abad 17, Silat Citbitik]

Sekertaris Kecamatan Pesanggrahan Teguh, menyambut baik gelaran Festival Silat Betawi ini. Menurutnya, festival ini tidak hanya sekadar pertunjukan semata, namun juga termasuk salah satu pembinaan dan pengembangan silat Betawi.

Kampung Silat Petukangan Akan Gelar Festival Silat Betawi

“Kami pihak kecamatan menyambut baik kegiatan dari Keluarga Besar Kampung Silat Petukangan ini. Manfaatkan khazanah budaya lokal, khususnya Silat Betawi Beksi di Petukangan,” katanya seperti dikutip dari selatan.jakarta.go.id (12/4/2019).

Teguh menuturkan, festival ini juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam merealisasikan amanah Undang-Undang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Oleh karena itu, pihak kecamatan sangat mendukung penuh kegiatan tersebut.

[Baca Juga: Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019]

Sementara itu, mewakili Keluarga Besar Kampung Silat Petukangan Abdul Aziz mengaku terharu dengan adanya dukungan penuh dari aparat pemerintah dalam rangka mewujudkan pembangunan Kampung Silat Petukangan. “Rencananya juga akan bekerja sama dengan Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan dalam membuat acara ini,” ujarnya.

Kegiatan Festival Silat Betawi Tingkat Kota Jakarta Sealtan akan diselenggarakan di lapangan Parkir Taman Swadarma atau RPTRA Bhineka Jalan Swadarma Raya, Gang Reformasi RT 006 RW 04 Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.