Kampung Silat Petukangan Akan Gelar Festival Silat Betawi

Berita Kawasan

Kampung Silat Petukangan Akan Gelar Festival Silat Betawi

Pencak silat merupakan olahraga beladiri yang mengandung nilai-nilai seni tradisional. Pencak silat juga banyak yang mempelajari, baik laki-laki maupun perempuan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pencak silat sendiri memiliki empat aspek dan tiga juga utama dalam penerapannya. Empat aspek tersebut yakni sapek mental spriritual, aspek seni budaya, aspek beladiri, dan aspek olahraga. Sementara tiga tujuan utamanya antara lain untuk mencapai kesehatan, tujuan rekreasi, dan tujuan prestasi.

[Baca Juga: Kampung Silat Beksi Direncanakan Jadi Tempat Wisata]

Mengingat pencak silat bagian dari seni dan budaya tradisional Indonesia, perlu adanya kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan. Seperti halnya yang dilakukan sekumpulan para pesilat dari Kampung Petukangan, Jakarta Selatan ini.

Para pesilat tersebut akan menggelar Festival Silat Betawi Tingkat Kota Jakarta Selatan. Rencananya, Festival Silat Betawi ini diselenggarakan pada 20 April 2019. Diadakannya festival ini juga dalam rangka membangun Kampung Petukangan sebagai Kampung Silat.

[Baca Juga: Silat Betawi dari Abad 17, Silat Citbitik]

Sekertaris Kecamatan Pesanggrahan Teguh, menyambut baik gelaran Festival Silat Betawi ini. Menurutnya, festival ini tidak hanya sekadar pertunjukan semata, namun juga termasuk salah satu pembinaan dan pengembangan silat Betawi.

Kampung Silat Petukangan Akan Gelar Festival Silat Betawi

“Kami pihak kecamatan menyambut baik kegiatan dari Keluarga Besar Kampung Silat Petukangan ini. Manfaatkan khazanah budaya lokal, khususnya Silat Betawi Beksi di Petukangan,” katanya seperti dikutip dari selatan.jakarta.go.id (12/4/2019).

Teguh menuturkan, festival ini juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam merealisasikan amanah Undang-Undang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Oleh karena itu, pihak kecamatan sangat mendukung penuh kegiatan tersebut.

[Baca Juga: Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019]

Sementara itu, mewakili Keluarga Besar Kampung Silat Petukangan Abdul Aziz mengaku terharu dengan adanya dukungan penuh dari aparat pemerintah dalam rangka mewujudkan pembangunan Kampung Silat Petukangan. “Rencananya juga akan bekerja sama dengan Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan dalam membuat acara ini,” ujarnya.

Kegiatan Festival Silat Betawi Tingkat Kota Jakarta Sealtan akan diselenggarakan di lapangan Parkir Taman Swadarma atau RPTRA Bhineka Jalan Swadarma Raya, Gang Reformasi RT 006 RW 04 Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.