Kampung Sirih

Bisnis

Kampung Sirih Hadirkan Inovasi Olahan Sirih yang Ekonomis

Pandemi COVID-19 yang sejauh ini melanda kurang lebih dua tahun terakhir tidak selamanya membuahkan efek yang merugikan. Selayaknya titik momentum perubahan, berbagai kelompok masyarakat juga menyesuaikan kondisi dengan melakukan berbagai langkah inovasi. Salah satunya, kelompok masyarakat di RW 03, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, yang kini menyulap lingkungan hidupnya menjadi Kampung Sirih.

Kampung Sirih kini populer diperbincangkan. Pasalnya, salah satu kampung yang ada di Kota Tangerang ini tidak hanya rutin merawat lingkungan dengan cukup baik, melainkan mampu memanfaatkan potensi yang menumpuk tumbuh di sekitarnya. Kini, Kampung Sirih tak hanya berfokus melakukan aktivitas menanam dan merawat tumbuhan sirih, melainkan telah melakukan upaya pengolahan lanjutan yang menghasilkan produk-produk bernilai ekonomis.

“Inovasi ketahanan pangan yang dilakukan Ibu-ibu KWT ialah olahan keripik sirih. Mengolah daun sirih menjadi kudapan, yang diketahui jarang sekali ditemui di pasaran. Pasalnya, daun sirih biasanya hanya dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal.” Ungkap Entong Rohman, salah satu pegiat Kampung Sirih, Senin, (6/12/2021).

Kampung Sirih Kota Tangerang

Pemilihan pengolahan daun sirih menjadi produk keripik bernilai ekonomis bukan tanpa alasan. Sejauh ini daun sirih hanya dinilai sebagai bahan obat herbal alternatif. Melihat peluang yang masih terbuka lebar, kelompok masyarakat Kampung Sirih menyulapnya menjadi keripik kudapan yang semakin luas menjangkau pasaran di lintas usia dan kalangan.

[Baca Juga: Kota Tangerang Kenalkan Kampung Proklim ke Panggung Internasional]

Pemilihan olahan keripik sirih ini juga tidak menghilangkan khasiat yang dikandungnya, jauh dari itu semua, kini khasiat yang terkandung justru lebih mudah dan ramah untuk dikonsumsi dengan cukup ringan dan terjangkau.

“Kudapan keripik yang pastinya mengandung khasiat yang luar biasa, juga bisa dinikmati sebagai makanan ringan yang sehat dan menggugah selera saat menjadi teman makan. Manfaat daun sirih tersebut tidak lepas dari berbagai kandungan, seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten, tanning, saponin, eugenol, serta berbagau jenis minyak esensial yang dikandungnya.” Jelasnya.

Keripik Sirih

Melalui pengolahan kolektif tersebut, kini kelompok masyarakat Kampung Sirih mampu menciptakan potensi ketahanan pangan yang cukup stabil. Tak hanya itu, roda perekonomian juga mampu berputar cukup efektif, serta menopang kemandirian dan mendongkrak pendapatan masyarakat yang sempat terpuruk di masa pandemi ini.

[Baca Juga: Kampung IKM, Pusat Oleh-oleh di Tangerang Selatan]

“Tentunya bisa menjadi barometer perkampungan mandiri dengan berbagai inovasi yang bernilai ekonomis untuk mendongkrak pendapatan di masa pandemi. Karena, keripik sirih kini menjadi pemasukan lebih bagi ibu-ibu KWT. Mulai dari penanaman, panen, pengolahan, pengemasan, hingga pemasaran dilakukan mandiri oleh para warga.” Lanjutnya.

Tak hanya inovasi pengolahan potensi daun sirih menjadi produk keripik sirih, Kampung Sirih juga memiliki berbagai aktivitas lain yang menopang ekosistem ketahanan dan kemandirian di kampungnya. Mulai dari bank sampah, program sodaqoh sampah, pembibitan, UMKM, dan Karang Taruna telah mampu membuat kemajuan lingkungan di Kampung Sirih. Bahkan, Kampung Sirih kini dinilai sebagai kampung unggulan di Kota Tangerang dan menyabet predikat kampung kreatif PHBS yang inovatif dan ikonik.


Read More

Kampung Sirih

Pengolahan Olahan Keripik Sirih (OPS)

None
None

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.