Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung Diresmikan untuk Warga Ex-Bukit Duri.jpg

Properti dan Solusi

Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung Diresmikan untuk Warga Ex-Bukit Duri

Dalam program normalisasi Sungai Ciliwung yang dilakukan pada tahun 2016, tak sedikit warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung di kawasan permukiman Bukit Duri harus kehilangan rumahnya. Setelah bertahun-tahun lamanya, di tahun 2022 ini ada titik terang terkait nasib para warga ex-Bukit Duri tersebut. Karena akhirnya mereka mendapatkan hunian yang berkualitas dengan harga terjangkau melalui peresmian Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung.

Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung yang berlokasi di Kelurahan Jatinegara Jakarta Timur ini diresmikan pada 25 Agustus 2022 kemarin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Di mana kegiatan yang menjadi bagian dari program JAKHABITAT ini disebut realisasikan berkat kerjasama antara warga dari aksi Community Action Plan atau CAP dengan Pemprov DKI Jakarta. Untuk bangunannya sendiri, Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung berdiri di atas lahan HPL dari Unit Pengelola Kawasan Pusat Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah serta Permukiman atau UPK PPUKMP.

Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung Diresmikan untuk Warga Ex-Bukit Dur i.jpg

Anies yang meresmikan langsung permukiman tersebut merasa antusias dengan kehadiran kembali hunian bagi para warga ex-Bukit Duri. Ia menjelaskan, kampung susun yang memiliki tiga blok dengan lima lantai serta 75 unit hunian itu membutuhkan waktu 10 bulan untuk proyeknya dengan fokus desainnya adalah rumah produktif. Tentu saja ini menjadi bagian dari realisasi janji Anies dulu kepada warga di sana.

“Saya masih ingat bertemu dengan ibu Saidah yang menitipkan selendangnya, bertemu dengan warga di tahun 2018, dan 2019, selalu komunikasi intensif. Secara khusus kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mendampingi proses ini, dan juga para aktivis masyarakat. Karena proses pembangunan ini melibatkan kolaborasi, unsur warga, aktivis, pakar, pemerintah,” ujar orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (25/8/2022).

[Baca Juga: Bantu Warga Sekitar JIS, Pembangunan Kampung Susun Bayam Dicanangkan]

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta menjelaskan, setiap unit di kampung susun ini memiliki luas 36 m2 dengan ruang privatnya ada 21 m2 serta ruang usaha 15 m2. Tentu saja kehadiran ruang usaha ini menjadi bagian penting dari Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, karena para warganya didorong untuk melakukan pengembangan ekonomi rumahan di setiap unitnya. Per unitnya terdapat kamar tidur, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, balkon, dan ruang usaha yang menggunakan desain mezanin.

Selain itu, kampung susun ini juga memiliki beragam fasilitas untuk mendukung kegiatan para warganya. Dari mulai tempat ibadah, sanggar, kafe di kebun atapnya, area komersial di lantai dasar, jalur pedagang kaki lima untuk ruang ekonomi warga, akses untuk kaum difabel, ruang serbaguna di setiap lantainya, ruang terbuka hujau, hingga lahan parkir tersedia di sini.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.