Kampung Teh Yan, Kental Kebudayaan Tionghoa

Berita Kawasan

Kampung Teh Yan, Kental Kebudayaan Tionghoa

Banyaknya kampung tematik yang ada di Kota Tangerang termasuk Kampung Teh Yan ini jadi sorotan warga Tangerang. Pasalnya, kampung tematik tersebut sungguh berbeda dari kampung tematik lainnya yang ada di Kota Tangerang. Kampung Teh Yan dibuat mirip perkampungan Tionghoa, berada di kampung tersebut sangat terasa suasana Tionghoanya.

Tak hanya sebagai kampung tematik biasa, di Kampung Teh Yan menyediakan beragam kebudayaan Tionghoa. Karena 90 persen warganya keturunan asli Tionghoa. Di Kampung Teh Yang yang berada di Kecamatan Neglasari, Kelurahan Mekarsari, RT 01 dan 02, RW 04 di Kota Tangerang ini, ada seorang pengrajin alat musik Teh Yan bernama Pak Goyong yang juga maestro terkenal musik Teh Yan.

[Baca Juga: Ini Kampung Tematik di Kota Tangerang Bertema Kedisiplinan]

Melansir laman tangerangkota.go.id (22/07/2019). Selain Pak Goyong, kebudayaan Tionghoa yang ditawarkan kampung Teh Yan ini juga ada suatu kelompok Tjong Tek Bio dari Wihara Hok Tek Tjeng Sin, barongsai, liong, budidaya ikan koi yang penjualannya sudah tembus pasar antar daerah. Pengrajin kue bulan, dodol, telor gabus sebagai oleh-oleh. Dalam kesenian, Kampung Teh Yan punya tari Cokek Sipadmo.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mekarsari Henny Lim menceritakan, kekayaan budaya yang dimiliki Kampung Teh Yan sangat banyak, termasuk beberapa kegiatan sembahyang Tionghoa. Kegiatan tersebut menarik mata pengunjung. Henny Lim menjelaskan, beberapa ritual yang bisa dikunjungi warga untuk berwisata ke Kampung Teh Yan yaitu:

  • Sejit Wihara
  • Sejit Kelenteng
  • Sembahyang Onde lengkap dengan tradisi makan onde pada Desember
  • Peh Cuh
  • Ceng Beng hingga Cheat Que pada Juli

"Di berbagai prosesi itu, sebagai pembuka atau penerimaan tamu selamat datang, kami punya tari Cokek Sipadmo. Sebuah tarian khas Tionghoa dengan mengedepankan sembilan filosofi kehidupan," katanya.

[Baca Juga: Kampung Markisa Siap Hadapi Penilaian PHBS Nasional]

Sementara itu, Kepala Seksi Kemasyarakatan Kelurahan Mekarsari, Soni Priyadie, menuturkan, mempercantik Kampung Teh Yan, masih terus dilakukan. Mulai dari pembangunan gapura hingga pusat belanja yang berkonsep Tionghoa. "Kalau spot foto dengan warna warni Tionghoa sudah ada. Warga juga sudah punya sanggar Tari Cokek Dipadmo, barongsai hingga paduan suara. Sanggar Lentera Benteng Jaya bisa menjadi destinasi kunjungan wisatawan juga," ungkap Soni.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.