Kampung Tematik di Tangerang Bertambah dengan Kampung Pingli

Berita Kawasan

Kampung Tematik di Tangerang Bertambah dengan Kampung Pingli

Keberadaan kampung tematik saat ini terus menjadi magnet wisatawan dari dalam dan luar Kota Tangerang untuk berkunjung ke wilayah ini. Sehingga tidak heran bila Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berusaha melakukan inovasi untuk membuat kampung tematik yang sudah ada semakin menarik atau membuat kampung yang baru. Baru-baru ini ada satu kampung lagi di Tangerang yang masuk menjadi kampung tematik yang bernama Kampung Pingli.

Kampung Pingli merupakan singkatan dari kampung tematik Pinggir Kali. Kampung ini berlokasi di RT 03 RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Muncul kampung tematik ini tak bisa dilepaskan dari Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dimulai sekitar dua tahun lalu.

Kampung Tematik di Tangerang Bertambah dengan Kampung Pingli

Berdasarkan penjelasan Sektretaris RT 03 Muhammad Syarhroni, dulu kampungnya berada di kondisi yang tidak terawat dengan kesan yang kumuh. Namun dengan program PHBS yang memiliki 10 indikator, warga di wilayahnya pun berusaha bahu-membahu untuk memperbaiki kondisi lingkungan mereka menjadi lebih baik dan sehat.

Sekadar informasi, PHBS merupakan program dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan melalui kontribusi individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat. Program PHBS ini memiliki lima target lokasi, yaitu di rumah tangga, sekolah, tempat kerja, sarana kesehatan, tempat umum.

[Baca Juga: Wow, Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang]

“Dimulai PHBS Tahun 2017 dari tingkat kelurahan, kecamatan, sampai tingkat kota (Kampung Pingli-red) meraih prestasi, bahkan RT 03 pernah menjadi RT favorit dalam penilaian se-kelurahan,” ucap Syahroni, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (9/7/2019).

Setelah berhasil melaksanakan program PHBS, warga pun melihat terdapat potensi wisata di kampung mereka yang berada di pinggir sungai atau kali Cisadane. Berbekal dengan tekad serta sosialisasi dari Pemkot Tangerang, warga kampung ini pun berusaha merealisasikan tempat tinggal mereka menjadi bagian dari kampung tematik.

[Baca Juga: Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda]

Dengan penataan sampah, penghijauan tempat tinggal melalui kehadiran tanaman, dan memunculkan titik di Kampung Pingli untuk lokasi berfoto, kampung ini pun berhasil menjadi kampung tematik. Namun untuk membuat kampung tematiknya semakin lengkap, Kelompok Wanita Tani yang ada di Kampung Pingli memanfaatkan lahan yang tak dipakai di area tempat tinggal mereka menjadi lokasi penanaman sayuran, bunga, dan obat-obatan.

Kehadiran Kampung Pingli ini memang tidak bisa dilepaskan dari rencana Pemkot Tangerang. Pasalnya, otoritas di Kota Tangerang itu memiliki rencana untuk terus menciptakan kampung tematik yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di kota tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.