Serpong-Kawasan-Kampung-Tematik-Jadi-Magnet-Wisata-di-Kota-Tangerang-Emil.jpg

Berita Kawasan

Kampung Tematik Jadi Magnet Wisata di Kota Tangerang

Setiap pemerintah di berbagai wilayah Nusantara menggunakan caranya masing-masing agar semakin memajukan pariwisata. Menariknya adalah metode yang digunakan oleh Tangerang dengan program yang dinamakan Kampung Tematik. Program ini merupakan realisasi dari Tangerang Bebenah yang sudah berjalan selama beberapa tahun demi mewujudkan Tangerang LIVE (Liveable, Investable, Visitable, E-City).

Pada dasarnya, Kampung Tematik diterapkan untuk merubah image dari istilah kampung yang biasanya terlintas di benak masyarakat umum. Di mana salah satunya adalah kesan kampung sebagai area yang dipandang kurang berkembang atau modern. Karena itulah, program Kampung Tematik dijalankan dan menjadikan kampung sebagai area yang tidak kumuh, bahkan menjadi magnet atau daya tarik wisatawan datang ke Tangerang.

Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Tangerang

Salah satu Kampung Tematik di Tangerang yang paling terkenal dan acap kali menjadi percontohan untuk kampung-kampung lainnya adalah Kampung Bekelir. Kampung ini berlokasi di wilayah RW 01, Kelurahan Babakan, Tangerang dan sudah resmi menjadi Kampung Tematik semenjak 19 November 2017.

[Baca Juga: Sejarah Singkat dan Asal Mula Kabupaten Tangerang]

Saat datang ke kampung ini maka Anda tidak akan heran mengapa Kampung Bekelir menjadi salah satu tempat wisata favorit di Tangerang. Dengan berbagai mural yang menarik di tembok-tembok serta jalannya, tanaman-tanaman yang membuat asri di sepanjang gangnya, serta atap-atap rumah dari para warganya yang berwarna-warni cerah semakin membuat lokasi ini instagrammable bagi para pengunjungnya.

Tentu saja program ini tidak bisa berjalan tanpa peran warganya. Dan seperti yang dijelaskan oleh Lurah Babakan Abu Sofyan, masyarakat Kampung Bekelir sangat bersemangat menyambut tranformasi yang terjadi di wilayahnya. “Kampung Tematik mengangkat ekonomi masyarakat Kampung Bekelir. Sebelumnya, konsumen para pedagang di sini hanya masyarakat sekitar tapi dengan program ini secara ekonomi meningkat signifikan sampai 300 kali lipat dari para wisatawan,” jelasnya kepada PingPoint.co.id.

Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Tangerang

Jumlah ini memang tidak aneh mengingat wisatawan yang datang ke sini bukan hanya dari warga Jabodetabek saja tapi juga ada yang berasal dari 17 negara. “Alhamdulillah di tahun 2017 ada sekitar 200 ribu pengunjung yang datang ke sini,” ucap Abu.

Karena menjadi cerminan keberhasilan Kampung Tematik di Tangerang, tidak heran bila Kampung Bekelir menerima penghargaan juara di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Kampung ini menerima penghargaan di kategori Wisata Kreatif Terpopuler.

[Baca Juga: Yuk Bersantai Murah Meriah di Taman Potret & Taman Kota BSD]

Walau sudah mendapatkan pengakuan dari banyak pihak, berdasarkan penjelasan dari Lurah Babakan, Kampung Bekelir sebagai referensi Kampung Tematik akan terus menjalani pengembangan. “Di sini ada emping jengkol, kue pancong, kue dongkal, nasi goreng mengkudu, sate manis dan lain-lain. Tapi makanan sesuai kearifan lokal lain akan ditambah, selain itu diharapkan akan ada becak hias, flying fox dan perahu untuk mengantar wisatawan ke Taman Gajah,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.