Kampung Teras Pancasila Ciptakan Kerukunan Warga

Berita Kawasan

Kampung Teras Pancasila Ciptakan Kerukunan Warga

Kampung tematik yang banyak tersebar di wilayah Tangerang ini, membuat Kota Tangerang semakin dikenal dengan kampung tematiknya. Satu lagi kampung tematik yang unik berdiri di Kelurahan Karang Tengah bernama Kampung Teras Pancasila yang merupakan kepanjangan dari Tertib Rapi Aman Pancasila.

Kampung ini telah diresmikan Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah bertepatan dengan momen peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2019. Dalam kegiatan tersebut, Arief menyampaikan harapannya agar kampung tematik ini tidak hanya menjadi ikon namun dapat mengamalkan nilai-nilai setiap sila dari Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Kampung Teras Pancasila Ciptakan Kerukunan Warga

Dalam peresmian Kampung Teras Pancasila, Arief didampingi Camat Karang Tengah Matrobin dan Lurah Karang Tengah Syarujih. Menurut Arief, Pancasila bisa menjadi pondasi pembangunan dan kemajuan sebuah daerah khususnya Kota Tangerang. Melansir laman tangerangkota.go.id (11/11/20190, Arief menekankan nilai - nilai yang terkandung dalam Pancasila mampu membawa masyarakat saling berbaur dan menjaga kesatuan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sila pertama hingga sila ke lima.

[Baca Juga: Pendidikan Karakter Perlu Tekankan Nilai-Nilai Pancasila]

Arief melihat Kampung Teras Pancasila bisa tertib, rapi dan aman dengan menjalankan nilai-nilai Pancasila tersebut. Kerukunan dan keselarasan yang dibentuk warga RW 15 pada Kampung Teras itu pun tentu penuh dengan upaya yang maksimal. Arief menyadari warga RW 15 tersebut telah bekerja keras dan bergotong royong selama tiga tahun. Ia berharap, suatu hari nanti Kampung Teras Pancasila bisa menjadi inspirasi kampung lainnya.

"Sekarang bersih, indah, sehat, mudah-mudahan bisa terus dinikmati hingga anak cucu kita. Dan bisa menjadi inspirasi serta motivasi bagi kampung lain untuk berbenah," ucapnya.

[Baca Juga: Mendalami Sejarah Perjuangan Indonesia Pertahankan Pancasila]

Sementara itu, Ketua RW 15 Kelurahan Karang Tengah Miasan menjelaskan kondisi Kampung Teras Pancasila yang termasuk kampung kumuh. Namun, setelah mengikuti Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan Pemerintah Kota Tangerang, wajah kampung perlahan mulai berubah. "Kami ajak seluruh warga untuk bergotong royong dan merubah mindset dalam membangun kampung. Ternyata hanya bermodalkan ini, kampung kami berubah menjadi bersih dan sehat bahkan menjadi Juara 1 Kampung PHBS di Tingkat Kota Tangerang," tukasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.