Kang Emil Siap Abadikan Rektor Kelima Unpad Jadi Nama Jalan Band ung.jpg

Berita Kawasan

Kang Emil Siap Abadikan Rektor Kelima Unpad Jadi Nama Jalan Bandung

Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, LL.M, merupakan sosok Rektor kelima di Universitas Padjadjaran (Unpad) yang wafat di usia 92 tahun pada Juni 2021. Sejak meninggalnya Guru Besar Fakultas Hukum Unpad yang menjabat sebagai Rektor Unpad tahun 1973-1974 itu, universitas negeri tersebut mendorong agar sosok Prof. Mochtar dijadikan sebagai pahlawan nasional berkat gagasan Wawasan Nusantara yang berusaha menyatukan wilayah Tanah Air dan gagasan itu diperjuangkan selama hampir 25 tahun. Usual ini pun mendapatkan respons positif dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa dengan panggilan Kang Emil mengungkapkan bahwa dirinya mengapresiasi upaya Unpad untuk menjadikan Prof. Mochtar sebagai pahlawan nasional. Bahkan sejauh ini sudah ada 7.000 petisi online dengan 70 surat dukungan yang diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Menurutnya dengan ini maka gelar pahlawan nasional untuk Rektor Unpad kelima itu perlu diperjuangkan.

Kang Emil Siap Abadikan Rektor Kelima Unpad Jadi Nama Jalan Bandung.jpg

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Barat dalam acara Seminar Nasional Pengurusan Pahlawan Nasional dari Jawa Barat Prof. Mochtar Kusumatmadja yang digelar di Ballroom Hotel Savoy Homan Kota Bandung pada 22 September 2021. Dalam kesempatan ini, Kang Emil tak lupa membahas mengenai konsep Wawasan Nusantara yang didorong Prof Mochtar ke taraf dunia internasional hingga menjadi bagian norma hukum internasional.

Melihat sumbangsih dari Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III dan IV periode 1978-1988 ini, Kang Emil telah memberikan instruksi berbagai elemen untuk memroses pengajuan tersebut ke pemerintah pusat. “Kita perjuangkan, mudah-mudahan Pemerintah Pusat melalui Presiden menganugerahi gelar pahlawan bagi Prof. Mochtar di 17 Agustus 2022,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (22/12/2021).

[Baca Juga: Resmi! Berkat Unpad, Desa Mirat Majalengka Jadi Desa Wisata]

Selain mendorong agar Prof Mochtar menjadi pahlawan Nasional, Kang Emil juga menyampaikan Pemprov Jawa Barat siap mengabadikan nama Rektor Unpad itu sebagai nama salah satu jalan di Kota Kembang. Dengan pilihan pertama jalannya adalah ruas jalan layan Paster-Surapati atau Pasupati dan menurut Ridwan Kamil, jalan ini sesuai dengan spirit Prof Mochtar yang berusaha menjembatani pulau-pulau di Indonesia melalui Wawasan Nusantara.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.