Kanker Payudara HER2-positif Stadium Dini Berpeluang untuk Disembuhkan

Kesehatan

Kanker Payudara HER2-positif Stadium Dini Berpeluang untuk Disembuhkan

Para penyintas kanker payudara menyuarakan harapannya akan tersedianya akses pengobatan untuk kanker payudara HER2-positif stadium dini dalam program JKN yang komprehensif sesuai standar pengobatan. Hal tersebut disampaikan penyintas kanker payudara HER2-positif yang tergabung dalam Cancer Information and Support Center (CISC) dalam edukasi media virtual dan forum komunitas bertajuk Akses Penanganan Kanker Payudara HER2+ Stadium Dini: Tantangan dan Harapan.

Di dalam kegiatan webinar ini, para penyintas bersama narasumber ahli berbagi pengalaman dan informasi terkait penanganan kanker payudara HER2-positif stadium dini yang sejatinya sangat berpeluang untuk disembuhkan. Menurut rilis yang diterima PingPoint.co.id (22/2/2021), pihak CISC berpendapat, terapi kanker payudara HER2-positif stadium dini yang tepat dan optimal pada JKN dapat memberikan pasien kesempatan terbaik untuk sembuh dan mengurangi risiko kekambuhan pada stadium lanjut sehingga berpotensi meringankan beban bagi pasien dan sistem kesehatan.

Kanker Payudara Ada di Urutan Pertama Insiden Kanker Indonesia

“Kami berharap ada pemerataan akses pengobatan kanker payudara HER2-positif, baik untuk stadium dini maupun stadium metastasis. Saat ini para pasien dan penyintas kanker payudara sangat terbantu dengan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mencakup terapi inovatif untuk kanker payudara HER2-positif stadium lanjut,” demikian disampaikan Aryanthi Baramuli Putri, SH., Ketua Umum CISC.

Selain itu, angka kesintasan 5 tahun pasien kanker payudara mencapai hingga 99% jika ditangani secara optimal sejak stadium dini. Oleh karena itu, penanganan kanker payudara yang komprehensif sejak stadium dini memberikan peluang kesembuhan yang lebih tinggi bagi pasien dan berpotensi untuk mengurangi dampak sosio ekonomi masyarakat.

[Baca Juga: Kanker Payudara Ada di Urutan Pertama Insiden Kanker Indonesia]

Hal yang sama disampaikan oleh dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk., M.Epid., MARS, Spesialis Bedah Onkologi yang hadir dalam diskusi tersebut. Menurutnya, HER2-positif merupakan faktor agresivitas sel kanker payudara yang diasosiasikan dengan tingkat kesintasan yang rendah. Namun, studi menunjukkan, penanganan kanker payudara HER2-positif yang optimal pada stadium dini dapat menurunkan risiko kekambuhan atau kematian dibandingkan jika mendapat kemoterapi saja.

"Tujuan pengobatan kanker payudara pada stadium dini tidak hanya untuk mengontrol penyakit tetapi juga kuratif atau mencapai kesembuhan, sehingga pasien dapat kembali menjalani kehidupannya secara produktif,” ungkap dr. Sonar.

Terapi yang Efektif

Dia menambahkan, saat ini salah satu terapi yang terbukti efektif pada kanker payudara HER2-positif stadium dini adalah pemberian terapi target dengan trastuzumab dan kemoterapi yang terbukti dapat meningkatkan angka kesintasan dan menurunkan risiko kekambuhan pasien. Apabila dilakukan, angka kekambuhan dapat berkurang dibandingkan pemberian kemoterapi saja.

"Dengan pengobatan yang optimal pada stadium dini, hal ini berpotensi untuk meringankan beban bagi pasien atau keluarga pasien, dan sistem kesehatan. Kehadiran JKN telah mempermudah akses terhadap diagnosis, namun perlu juga diikuti penanganan kanker payudara HER2-positif yang komprehensif untuk meningkatkan luaran klinis terapi," dr. Sonar menjelaskan.

Apakah Konsumsi Susu Menyebabkan Penyakit Kanker Payudara

Dari beberapa penelitian, terlihat bahwa penanganan kanker payudara sejak stadium dini dengan tepat dan komprehensif berpotensi meringankan beban bagi pasien dan sistem kesehatan, dimana biaya total penanganan kanker payudara pada stadium II, III, dan IV adalah 32%, 95%, dan 109% lebih tinggi dibandingkan stadium I.

Pasien kanker payudara HER2-positif yang tergabung dalam CISC menyatakan apresiasinya atas layanan BPJS dalam membantu pasien dan penyintas kanker payudara HER2-positif dan berharap agar kedepannya akses pengobatan kanker payudara HER2-positif stadium dini dapat disediakan oleh pemerintah secara komprehensif.

[Baca Juga: 4 Tanda Kanker Payudara yang Harus Diketahui Setiap Perempuan]

“Saya pribadi sangat merasakan manfaat dari terapi target anti-HER2 pada kanker payudara saya yang kebetulan adalah tipe triple positive atau HER2-positif. Sejak tahun 2015 saya sudah menjalani kemoterapi, dan sejak November 2020 lalu saya memulai terapi target trastuzumab. Sekarang sudah berjalan 5 kali, dan melihat perkembangan pada diri saya sendiri, saya berharap pasien kanker payudara HER2 stadium dini dapat merasakan manfaatnya di sistem JKN,” ungkap Nova Dhelia, S.Psi., seorang penyintas kanker payudara anggota CISC, yang saat ini sudah masuk stadium metastatik dan menggunakan terapi trastuzumab.

Kanker Payudara Ada di Urutan Pertama Insiden Kanker Indonesia

Pengalaman Nova hanya satu dari ribuan pasien kanker payudara di Indonesia. Karena itu, CISC sangat berharap agar akses penanganan kanker payudara stadium dini ke depannya dapat lebih merata dan komprehensif. “Kita semua tentu ingin agar pasien dan penyintas kanker payudara mendapatkan peluang ‘sehat’ dan produktif, agar dapat terus berkontribusi di keluarga dan

masyarakat. Karena itu, kami mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam mendukung pemerataan akses penanganan kanker payudara HER2-positif stadium dini, baik dari segi pengobatan maupun pembiayaan, demi mencapai Indonesia yang lebih sejahtera,” tutup Aryanthi.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.