Balai Kota DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm

Berita Kawasan

Kantor Gubernur DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm

Balai Kota DKI Jakarta memiliki area perkebunan baru yang menerapkan sistem pertanian hidroponik yang dinamakan Balkot Farm. Area kebun yang berada satu lingkungan dengan Kantor Gubernur DKI Jakarta ini diresmikan pada 2 Agustus 2019. Balkot Farm dibuat atas hasil kolaborasi antara Dinas KPKP, Diskominfotik, Biro Umum, Dinas Kesehatan, dan PT Bank DKI.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan, Balkot Farm menjadi wujud sinergitas dan kolaborasi yang bisa dijadikan contoh warga di lingkungan RT atau RW untuk bisa menerapkan urban farming. Hal itu agar menciptakan Ibu Kota yang lebih hijau dan memberikan dampak luas, baik dari sisi ekonomi maupun peningkatan kualitas udara.

Balai Kota DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm

"Jadi, siapa pun kalau mau berbuat, pertanian perkotaan ini tidak memerlukan lahan yang besar. Ruang-ruang kecil bisa memberikan contoh-contoh positif pemenuhan kebutuhan sayuran dan buah," tuturnya saat prosesi peresmian.

[Baca Juga: Kini RPTRA Rustanti Memiliki Lahan Pertanian Hidroponik]

Himbauan untuk melakukan kegiatan cocok tanam di Jakarta juga disampaikan Anies. Masyarakat Jakarta dihimbau agar memanfaatkan kawasan terbuka untuk bercocok tanam secara vertikal melalui sistem hidroponik seperti yang diterapkan di Balkot Farm. Menurutnya, tanaman yang dibudidayakan tidak hanya membuat lingkungan menjadi lebih hijau dan segar, tetapi juga berpotensi sebagai pencegah penyakit melalui tanaman herbal maupun konsumsi sayur yang kaya protein untuk kebutuhan pangan sehari-hari.

Balai Kota DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm

Anies juga mengapresiasi inisiatif Balkot Farm dan bersyukur karena Balai Kota kini punya kebun. "Alhamdulillah, kita bersyukur sekali. Sekarang ini, kita di Balai Kota punya kebun. Ukurannya tidak besar, tapi insya Allah dampaknya besar. Jakarta ini, kenyataannya, kawasannya sempit untuk kegiatan pertanian perkebunan. Tapi bukan berarti kegiatan pertanian dan perkebunan dihilangkan. Saya ingin memberikan apresiasi kepada inisiatif untuk membuat kawasan ini yang asalnya kosong, sekarang jadi kebun," tuturnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (2/8/2019).

Balkot Farm tak hanya sekadar berisi tanaman untuk budi daya tanaman perkotaan, tetapi nantinya akan dilengkapi dengan teknologi berupa QR Code. Itulah yang akan menjadi daya tarik tersendiri dari Balkot Farm yang bisa dijadikan contoh. Adanya QR Code berfungsi sebagai informasi yang bisa di dapat dari setiap jenis tanaman yang ada di Balkot Farm. Mulai dari jenis tanaman dan khasiatnya untuk kesehatan akan tertera dengan scan QR Code pada ponsel pintar.

[Baca Juga: Siswa SLB Belajar Urban Farming Bersama Sudin KPKP]

Dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi digital tersebut, Anies berharap urban farming bisa lebih dekat ke generasi milenial di wilayah Jakarta. Karena menurutnya, generasi milenial belum tentu mengenali jenis tanaman yang sehari-hari dibutuhkan. Sehingga, adanya urban farming yang dilengkapi dengan informasi dari teknologi digital ini diharapkan bisa mendekatkan anak-anak muda Jakarta dengan kegiatan bercocok tanam.

Sementara, menurut Kepala Biro Umum DKI Jakarta Firmansyah menambahkan, Balkot Farm dapat menjadi tempat baru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov DKI Jakarta maupun tamu yang datang untuk saling berinteraksi. "Area Balkot Farm ini juga menjadi spot yang menarik untuk berfoto di Balai Kota," ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.