Kantor Imigrasi Depok Resmikan Unit Layanan Paspor di Detos

Berita Kawasan

Kantor Imigrasi Depok Resmikan Unit Layanan Paspor di Detos

Kantor Imigrasi Kelas II Depok membuka Unit Pelayanan Paspor di Depok Town Square (Detos). Langkah ini merupakan upaya untuk memudahkan warga membuat paspor. Unit pelayanan yang dibuka setiap Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB tersebut, dimaksudkan untuk mengurai antrean pemohon di Kantor Imigrasi Depok.

Kepala Imigrasi Kelas II Depok Agung Wibowo menuturkan, dalam unit ini hanya khusus melayani pengurusan paspor. Mulai dari pembuatan paspor baru hingga penggantian paspor lama yang habis masa pakainya. “Tujuan dibukanya layanan ini untuk memudahkan masyarakat mengurus paspor, serta memecah volume masyarakat yang mengurus paspor ke Kantor Imigrasi,” Kata Agung.

Kantor Imigrasi Depok Resmikan Unit Layanan Paspor di Detos

Melansir dari depok.go.id (8/11/2019) warga Kota Depok Eka Wahyuni, menyebutkan dirinya sangat antusias dengan dibukanya Unit Pelayanan Paspor di pusat perbelanjaan. Menurutnya, langkah yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas II Depok ini semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus pembuatan paspor. “Saya sangat senang sekali karena unit layanan ini dibuka. Selain karena tempatnya nyaman, masyarakat juga tidak perlu harus ke Kantor Imigrasi untuk mengurus paspor,” ujar Eka.

Bukan hanya itu, Kantor Imigrasi Kelas II Depok juga turut meluncurkan aplikasi Penilaian Kinerja Pelayanan Pegawai Berbasis Indeks Kepuasan Masyarakat (PIAWAI IKM). Aplikasi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan.

[Baca Juga: Cara Menjaga dan Menyimpan Paspor Agar Tidak Hilang]

“Selama ini yang kita butuhkan dalam proses pelayanan adalah hasilnya. Untuk mendapatkan hasil yang objektif, maka kita mengajak masyarakat untuk bisa memberikan penilaian secara langsung terhadap pelayanan yang diberikan melalui aplikasi ini,” kata Agung.

Agung menyebutkan, aplikasi tersebut juga bisa jadi tolok ukur untuk meningkatkan profesionalisme dalam pelayanan. Sebab, aplikasi tersebut mengukur IKM dan juga kinerja pegawai Imigrasi. “Aplikasi ini nantinya akan menghitung data secara realtime untuk mengukur kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan, dan masyarakat bisa secara langsung menyampaikan hal-hal yang perlu diperbaiki,” sebut Agung.

[Baca Juga: Wali Kota Depok Bawa Penghargaan untuk Kategori Pelayanan Publik]

Agung pun berharap, dengan adanya aplikasi ini dapat membantu pihak Imigrasi Depok untuk mengevaluasi kinerja pegawai. Dengan demikian, pelayanan yang diberikan semakin optimal dan memiliki akuntabilitas. “Dengan melibatkan masyarakat melalui aplikasi ini, berarti petugas harus mampu memberikan respons yang positif. Sehingga penilaian masyarakat pun akan baik,” tutup Agung.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.