Kantor Kecamatan Cipondoh Ramah Disabilitas

Berita Kawasan

Kantor Kecamatan Cipondoh Ramah Disabilitas

Tidak semua orang memiliki kondisi fisik yang sempurna. Ada sebagian orang yang memiliki berbagai kekurangan fungsi fisiknya yang disebut dengan disabilitas. Keterbatasan yang dimiliki mereka kadang membuat rasa tidak pelayanan sosial, keberadaan mereka di tengah-tengah masyarakat pun kadang terabaikan dalam berbagai kesempatan untuk mengembangkan dirinya. Dan, kadang dari masalah pelayanan pelayanan sosial acap kali penyandang disabilitas terlupakan.

Di Kantor Kecamatan Cipondoh yang terletak di Jalan KH Hasyim Ashari No. 2, RT.003/001, Kota Tangerang, tersedia layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas. Mereka mendapatkan kemudahan dan prioritas pelayanan dari petugas Kantor Kecamatan Cipondoh. Di dalam ruang pelayanannya para penyandang disabilitas disediakan loket khusus. Selain itu, terdapat penyediaan fasilitas trek untuk kursi roda.

Kantor Kecamatan Cipondoh Ramah Disabilitas

Dilansir dari laman kominfo.go.id (22/11/2019), undang-undang nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Melalui pijakan peraturan perundang-undangan ini pemerintah mengajak semua pihak untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi. Menuju Indonesia yang Inklusif dan Ramah Disabilitas.

[Baca Juga: Sambut Hari Disabilitas Internasional, KAPCI Temui Pemkot Jakarta Timur]

Melansir laman tangerangkota.go.id (22/11/2019), bertempat di halaman Kantor Kecamatan Cipondoh, pada 21 November 2019 aparat kecamatan yang terdiri dari petugas keamanan dan Trantib setempat terlihat begitu sigap membantu warga penyandang disabilitas. Bahkan, dua orang pihak keluarga yang datang mendampinginya juga cukup dimudahkan. Satu orang perwakilan keluarganya ikut mengurus keperluan si penyandang disabilitas. Sementara, seorang keluarga lainnya memilih menunggunya di luar.

Camat Cipondoh Rizal Ridholloh menyampaikan, sebagai kantor pelayanan, Kecamatan Cipondoh sebisa mungkin mempermudah akses untuk warganya, terlebih bagi kaum disabilitas. "Treknya sudah ada, kursi rodanya pun kami siapkan, malah tempat khususnya kita tidak lupakan," jelasnya.

[Baca Juga: Pemkot Jakbar Siapkan Gedung Pemerintah Ramah Disabilitas]

Menurut mantan Kabid Pariwisata pada Dinas Budpar ini, saat ini pihaknya menyiapkan tujuh loket pelayanan untuk masyarakat umum, sedangkan loket ke delapan dikhususkan bagi kaum disabilitas. "Walaupun misalnya keperluannya kaum difabel itu di loket satu, tetap kami layani kelompok disabilitas ini di loket delapan," jelasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.