Kara, Kopi House Blend Andalan Ottoman Coffee

Kuliner

Kara, Kopi House Blend Andalan Ottoman Coffee

Ottoman Coffee dikenal sebagai kafe yang berlokasi di Cilandak Town Square dan Sopo Del Tower Jakarta Selatan. Kafe ini memiliki beragam menu makanan berat serta ringan yang biasanya dinikmati pelanggannya. Tapi tentu saja sesuai namanya, menu andalan dari Ottoman Coffee adalah berbagai sajian kopinya dengan kualitas baristanya yang masuk di tiga besar juara Indonesia Brewers Cup 2018. Seperti kafe dan coffee shop pada umumnya, Ottoman Coffee juga memiliki house blend yang hanya tersedia di sana dan yang jadi andalanya adalah Kara.

Kara, Kopi House Blend Andalan Ottoman Coffee

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, pada dasarnya house blend merupakan racikan dari sejumlah biji kopi. Racikan ini dibuat untuk memberikan cita rasa serta aroma yang lebih istimewa dibandingkan single origin atau satu jenis kopi yang berasal dari satu wilayah tertentu saja, contohnya seperti Aceh Gayo. Dalam proses meraciknya, house blend dibutuhkan ketelitian tinggi dari barista agar rasa yang dihasilkan tidak rusak.

“Kita ada house blend yang awalnya kita hanya punya satu, terus pada tahun lalu, kita punya visi untuk memajukan produk kopi Indonesia. Jadi kita rilis produk local blend yang tujuannya setiap beberapa bulan sekali kita rotasi dari hasil produksi di beberapa bagian negara Indonesia,” ucap Owner Ottoman Coffee Harison Chandra kepada PingPoint.co.id di Jakarta Coffee Week 2019, PIK Avenue Mall, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (30/8/2019).

[Baca Juga: Mengintip Bisnis Kopi Es Tak Kie yang Tak Lekang Zaman]

Nama yang dipilih untuk house blend dari Ottoman Coffee ini pun dipandang sejalan dengan visinya. “Kara itu berasal dari bahasa Turki yang artinya bumi, tanah, hometown, kayak Tanah Air kita. Jadi di Kara, kita ingin kopi-kopinya yang tumbuh dan membumi di Indonesia,” ucap Harison.

Saat pertama kali memunculkan Kara, pihak Ottoman Coffee pun mulai menyortir kira-kira biji kopi dari mana yang cocok untuk dikombinasikan. Harison menyebut, awalnya yang dipilih adalah Bali Kintamani dan Sunda Aromanis. Lalu diubah lagi dengan kombinasi Aceh dan Jambi dengan yang terbaru saat ini adalah Aceh Kawanda serta Toraja Sulotco.

Pada proses pembuatan Kara, Harison dan tim di Ottoman Coffee harus mengidentifikasikan sejumlah aspek dari setiap single origin yang akan dijadikan house blend-nya. Dengan khas utama Kara adalah harus ada aroma serta rasa buah-buahan dengan rasa asam yang tinggi.

[Baca Juga: Jakarta Coffee Week, Acara yang Wajib Dikunjungi Penikmat Kopi]

“Setiap origin mempunyai ciri khas masing-masing, jadi kita mencoba balance antara faktor manis dan tingkat keasamannya sama body-nya juga. Jadi kalau di-espresso, rasa-rasa unik dan menariknya masih ada tapi ketika sudah dicampur susu (Kara) masih punya body yang khas dan enak,” imbuh pemilik dari Ottoman Coffee itu.

Harganya untuk house blend Kara ini dibanderol beragam di Ottoman Coffee. Satu cup cappucino dan latte untuk Kara, harganya adalah sekitar Rp38.000-Rp39.000. Sedangkan espresso dibanderol Rp28.000 dan long black harganya sekitar Rp30.000-Rp31.000 dengan satu pack Kara untuk 250 gram yang siap seduh harganya adalah Rp125.000.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.