Kara, Kopi House Blend Andalan Ottoman Coffee

Kuliner

Kara, Kopi House Blend Andalan Ottoman Coffee

Ottoman Coffee dikenal sebagai kafe yang berlokasi di Cilandak Town Square dan Sopo Del Tower Jakarta Selatan. Kafe ini memiliki beragam menu makanan berat serta ringan yang biasanya dinikmati pelanggannya. Tapi tentu saja sesuai namanya, menu andalan dari Ottoman Coffee adalah berbagai sajian kopinya dengan kualitas baristanya yang masuk di tiga besar juara Indonesia Brewers Cup 2018. Seperti kafe dan coffee shop pada umumnya, Ottoman Coffee juga memiliki house blend yang hanya tersedia di sana dan yang jadi andalanya adalah Kara.

Kara, Kopi House Blend Andalan Ottoman Coffee

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, pada dasarnya house blend merupakan racikan dari sejumlah biji kopi. Racikan ini dibuat untuk memberikan cita rasa serta aroma yang lebih istimewa dibandingkan single origin atau satu jenis kopi yang berasal dari satu wilayah tertentu saja, contohnya seperti Aceh Gayo. Dalam proses meraciknya, house blend dibutuhkan ketelitian tinggi dari barista agar rasa yang dihasilkan tidak rusak.

“Kita ada house blend yang awalnya kita hanya punya satu, terus pada tahun lalu, kita punya visi untuk memajukan produk kopi Indonesia. Jadi kita rilis produk local blend yang tujuannya setiap beberapa bulan sekali kita rotasi dari hasil produksi di beberapa bagian negara Indonesia,” ucap Owner Ottoman Coffee Harison Chandra kepada PingPoint.co.id di Jakarta Coffee Week 2019, PIK Avenue Mall, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (30/8/2019).

[Baca Juga: Mengintip Bisnis Kopi Es Tak Kie yang Tak Lekang Zaman]

Nama yang dipilih untuk house blend dari Ottoman Coffee ini pun dipandang sejalan dengan visinya. “Kara itu berasal dari bahasa Turki yang artinya bumi, tanah, hometown, kayak Tanah Air kita. Jadi di Kara, kita ingin kopi-kopinya yang tumbuh dan membumi di Indonesia,” ucap Harison.

Saat pertama kali memunculkan Kara, pihak Ottoman Coffee pun mulai menyortir kira-kira biji kopi dari mana yang cocok untuk dikombinasikan. Harison menyebut, awalnya yang dipilih adalah Bali Kintamani dan Sunda Aromanis. Lalu diubah lagi dengan kombinasi Aceh dan Jambi dengan yang terbaru saat ini adalah Aceh Kawanda serta Toraja Sulotco.

Pada proses pembuatan Kara, Harison dan tim di Ottoman Coffee harus mengidentifikasikan sejumlah aspek dari setiap single origin yang akan dijadikan house blend-nya. Dengan khas utama Kara adalah harus ada aroma serta rasa buah-buahan dengan rasa asam yang tinggi.

[Baca Juga: Jakarta Coffee Week, Acara yang Wajib Dikunjungi Penikmat Kopi]

“Setiap origin mempunyai ciri khas masing-masing, jadi kita mencoba balance antara faktor manis dan tingkat keasamannya sama body-nya juga. Jadi kalau di-espresso, rasa-rasa unik dan menariknya masih ada tapi ketika sudah dicampur susu (Kara) masih punya body yang khas dan enak,” imbuh pemilik dari Ottoman Coffee itu.

Harganya untuk house blend Kara ini dibanderol beragam di Ottoman Coffee. Satu cup cappucino dan latte untuk Kara, harganya adalah sekitar Rp38.000-Rp39.000. Sedangkan espresso dibanderol Rp28.000 dan long black harganya sekitar Rp30.000-Rp31.000 dengan satu pack Kara untuk 250 gram yang siap seduh harganya adalah Rp125.000.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.