Karang Taruna Dapatkan Pelatihan Barista di Pasar Santa

Bisnis

Karang Taruna Dapatkan Pelatihan Barista di Pasar Santa

Kopi telah menjadi minuman yang disukai semua generasi, begitu pun dengan kedai kopi yang tersebar di berbagai tempat mewah maupun pinggiran. Hal itu menggerakkan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta untuk memberikan pelatihan barista kepada 10 anggota Karang Taruna di Jakarta Selatan. Pelatihan yang berlangsung di Pasar Santa ini, diajarkan pengetahuan tentang kopi, metode pembuatan kopi espresso, metode manual brewing, pengenalan alat seduh kopi, dan jenis kopi.

Melansir laman beritajakarta.id (14/02/2020), Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, pelatihan ini untuk memberikan bekal kepada masyarakat yang ingin memulai usaha kopi, khususnya kaum milenial.

Karang Taruna Dapatkan Pelatihan Barista di Pasar Santa

"Kami berkolaborasi dengan pemilik salah satu toko di Pasar Santa untuk memberikan pembekalan tentang meracik dan usaha kopi. Materi pelatihan ini ada teori dan praktik dengan instruktur-instruktur barista yang punya kompetensi dan bersertifikat," ujarnya.

Darjamuni menjelaskan, minuman kopi saat ini semakin banyak diminati masyarakat dari segala usia. Bahkan, telah menjadi gaya hidup terutama bagi generasi milenial. Mulai dari pedesaan hingga perkotaan.

"Bisnis kopi semakin tumbuh dan berkembang, baik dari kelas pinggiran maupun restoran ternama. Sangat menjanjikan," terangnya.

[Baca Juga: Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi]

Menurutnya, sebelum memulai bisnis kopi, perlu diketahui hal-hal yang menjadi kunci keberhasilan usaha kopi. Permasalahan yang sering dihadapi para pemula bisnis kopi adalah kurangnya pengetahuan tentang kualitas kopi dan kemampuan meracik kopi sesuai dengan selera konsumen.

"Anggota karang taruna yang mengikuti pelatihan ini masih bisa belajar di sini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati menambahkan, pelatihan akan dilaksanakan dua kali dalam sebulan dengan sasaran generasi muda atau milenial.

[Baca Juga: Ini Tips Memilih Kopi Berkualitas ala Barista]

"Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat mengajukan ke pendamping Jakpreneur Dinas KPKP di tiap-tiap kecamatan," ucapnya.

Anggota Karang Taruna dari Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggarahan, Dimas Dwi Putra menyambut baik adanya pelatihan barista dan pengenalan kopi yang diberikan kepada milenial. "Ini dapat menambah wawasan bagi yang ungin membuka usaha kopi dan berprofesi sebagai barista," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 2023

28 September 2022, 16:11

Konser internasional Woke Up Fest 2023 yang menampilkan musisi ternama dari berbagai negara diumumkan akan digelar pada Februari 2023 di Istora Senayan Jakarta.

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta.jpg

Hobi dan Hiburan

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta

28 September 2022, 14:08

Setelah tampil di Candi Prambanan dan mengumumkan konser di Solo, konser Dewa 19 full team yang lengkap dengan anggota serta mantan anggotanya kali ini melirik JIS sebagai venue konser selanjutnya.

Melalu Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya.jpg

Hobi dan Hiburan

Melalui Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya

28 September 2022, 12:06

Penyanyi solois pria Aldiv kembali menunjukkan eksistensinya di blantika musik Tanah Air dengan single Menanti.

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 7 months lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>