Karang Taruna Dapatkan Pelatihan Barista di Pasar Santa

Bisnis

Karang Taruna Dapatkan Pelatihan Barista di Pasar Santa

Kopi telah menjadi minuman yang disukai semua generasi, begitu pun dengan kedai kopi yang tersebar di berbagai tempat mewah maupun pinggiran. Hal itu menggerakkan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta untuk memberikan pelatihan barista kepada 10 anggota Karang Taruna di Jakarta Selatan. Pelatihan yang berlangsung di Pasar Santa ini, diajarkan pengetahuan tentang kopi, metode pembuatan kopi espresso, metode manual brewing, pengenalan alat seduh kopi, dan jenis kopi.

Melansir laman beritajakarta.id (14/02/2020), Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, pelatihan ini untuk memberikan bekal kepada masyarakat yang ingin memulai usaha kopi, khususnya kaum milenial.

Karang Taruna Dapatkan Pelatihan Barista di Pasar Santa

"Kami berkolaborasi dengan pemilik salah satu toko di Pasar Santa untuk memberikan pembekalan tentang meracik dan usaha kopi. Materi pelatihan ini ada teori dan praktik dengan instruktur-instruktur barista yang punya kompetensi dan bersertifikat," ujarnya.

Darjamuni menjelaskan, minuman kopi saat ini semakin banyak diminati masyarakat dari segala usia. Bahkan, telah menjadi gaya hidup terutama bagi generasi milenial. Mulai dari pedesaan hingga perkotaan.

"Bisnis kopi semakin tumbuh dan berkembang, baik dari kelas pinggiran maupun restoran ternama. Sangat menjanjikan," terangnya.

[Baca Juga: Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi]

Menurutnya, sebelum memulai bisnis kopi, perlu diketahui hal-hal yang menjadi kunci keberhasilan usaha kopi. Permasalahan yang sering dihadapi para pemula bisnis kopi adalah kurangnya pengetahuan tentang kualitas kopi dan kemampuan meracik kopi sesuai dengan selera konsumen.

"Anggota karang taruna yang mengikuti pelatihan ini masih bisa belajar di sini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati menambahkan, pelatihan akan dilaksanakan dua kali dalam sebulan dengan sasaran generasi muda atau milenial.

[Baca Juga: Ini Tips Memilih Kopi Berkualitas ala Barista]

"Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat mengajukan ke pendamping Jakpreneur Dinas KPKP di tiap-tiap kecamatan," ucapnya.

Anggota Karang Taruna dari Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggarahan, Dimas Dwi Putra menyambut baik adanya pelatihan barista dan pengenalan kopi yang diberikan kepada milenial. "Ini dapat menambah wawasan bagi yang ungin membuka usaha kopi dan berprofesi sebagai barista," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>