Karantina Akhir Pekan Hoaks, Suvenir Imlek Mulai Diburu di Pasar Asemka

Bisnis

Karantina Akhir Pekan Hoaks, Suvenir Imlek Mulai Diburu di Pasar Asemka

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, memberikan penjelasan atas isu yang beredar terkait rencana penerapan karantina (lockdown) pada akhir pekan di DKI Jakarta. Dia membantah isu tersebut dan menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta tidak pernah merencanakan bahkan menerapkan lockdown akhir pekan di DKI Jakarta.

“Itu adalah wacana yang berkembang di masyarakat dan media, tapi kami tidak dalam posisi mempertimbangkan, apalagi menetapkan bahwa akan ada lockdown di akhir pekan,” tegas Gubernur Anies, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima PingPoint.co.id (5/2/2021).

Karantina Akhir Pekan Hoaks, Suvenir Imlek Mulai Diburu di Pasar Asemka

Anies menambahkan, saat ini Pemprov DKI Jakarta masih menjalankan skema Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti arahan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Pemerintah Pusat, yang rencananya akan kembali diperpanjang. Sekaligus, memastikan implementasi di lapangan berjalan dengan baik dan tertib, bukan hanya pada dua hari atau waktu tertentu saja.

“Pembatasan kegiatan dan segala protokol kesehatan yang berlaku di dalamnya harus kita jalankan bersama secara tertib setiap saat, bukan hanya di akhir pekan, dan bukan hanya di malam hari. Virusnya menyebar terus tanpa mengenal waktu,” tambahnya.

[Baca Juga: Makna Tradisi-tradisi dalam Perayaan Imlek]

Gubernur Anies juga menegaskan bahwa berkaca pada kasus lonjakan sebelumnya di mana setiap selesai akhir pekan panjang, kasus selalu naik dalam waktu 1-2 minggu sesudahnya. Terlebih, pada Minggu depan, kita memasuki akhir pekan panjang perayaan Imlek.

“Saya imbau, kita semua jangan bepergian ke luar kota, tahan diri untuk tidak mengunjungi tempat-tempat keramaian, dan sebisanya di rumah saja bila tidak ada keperluan esensial. Ini penting untuk menjaga kasus aktif tidak terus bertambah. Mari jaga terus diri dan lingkungan kita dengan menegakkan 3M,” pesannya.

Pembeli Suvenir Imlek Mulai Ramai

Sementara itu, menjelang Imlek, beragam suvenir Imlek marak dijajakan di Pasar Asemka, Kelurahan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Tak hanya itu, suasana semakin meriah dengan hiasan yang didominasi warna merah dan emas di hampir setiap sudut toko.

Bao Yu (35), salah seorang pedagang suvenir khas Imlek di Pasar Asemka menuturkan, pembeli mulai ramai sejak sepekan terakhir. Umumnya mereka membeli angpao, lampion dan pohon Imlek sincia angpao. "Sudah seminggu ini mulai ramai pembeli. Untuk harga suvenir dijual mulai dari Rp5.000 sampai jutaan rupiah untuk pohon Imleknya," ujar Bao seperti dikutip dari beritajakarta.id.

Karantina Akhir Pekan Hoaks, Suvenir Imlek Mulai Diburu di Pasar Asemka

Diakui Bao, dalam sehari ia bisa memperoleh keuntungan sekitar Rp10-15 juta per hari dari bisnis menjual suvenir Imlek. Ia pun mengaku memasarkan barang dagangannya secara online. "Karena saat ini sedang pandemi banyak orang yang membeli secara online," katanya.

Sementara itu, Meili Lestari salah seorang pembeli mengaku sudah menjadi langganan toko milik Bao sejak lama. "Saya ke sini mencari angpau kerbau logam lengkap dengan dekorasi khas Imlek. Hari ini saya belanja suvenir khas Imlek," tandasnya. Perayaan Tahun Baru Imlek 2021 jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021 yang artinya long weekend.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.