Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

Bila mendengar istilah Karedok, mungkin mayoritas Anda akan langsung teringat dengan kuliner khas Sunda yang pada dasarnya mengombinasikan sayuran mentah dengan bumbu kacang serta oncom bakar. Namun di Jakarta Utara ada Karedok yang bukan sembarang karedok, karena ini bukanlah makanan melainkan program edukatif untuk anak-anak sekolah di wilayah tersebut. Di mana Karedok yang dimaksud adalah singkatan dari Kreasi Aksi Rekreasi Dongeng Keliling dan merupakan program Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Program ini merupakan kegiatan gratis yang digelar Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jakarta Utara di sekolah-sekolah di wilayah ini. Di mana pihak sekolah mengajukan agar program edukatif yang menghibur ini digelar di sekolah mereka. Antusias yang tinggi ini memang tak terlepas dari kemasan edukasi literasi di Karedok yang memang dibuat semenarik mungkin tanpa melepaskan esensi dari kegiatan itu, yakni penguatan literasi kepada generasi penerus.

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara.jpg

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim belum lama ini ikut dalam program Karedok Di SDN Kebon Bawang 05, Tanjung Priok pada 8 Desember 2022. Di mana ia memaparkan pentingnya program Karedok di Jakarta Utara yang pada dasarnya kreasi peningkatan literasi sejak dini di Jakarta Utara tapi tak dilakukan di perpustakaan atau kantor Wali Kota Jakarta Utara, melainkan pihak Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip langsung datang ke sekolah-sekolah. Salah satu aspek yang membuatnya menarik, Karedok juga mendatangi pendongeng yang membawakan cerita-cerita seru bagi para pelajar di sekolah.

[Baca Juga: Gelorakan Minat Baca, Pemkot Jakarta Utara Gelar Wisata Literasi On The Spot]

“Prohram ini kita lanjutkan sampai akhir tahun dan tahun depan. Kita akan terus datangi terus sekolah-sekolah, bukan hanya SD, tapi juga SMP dan SMA yang tentu kemasan programnya disesuaikan dengan tingkatan sekolah,” jelas orang nomor satu di Jakarta Utara itu, sebagaimana dikutip dari Utara.Jakarta.go.id (8/12/2022).

Menariknya, antusias dari sekolah-sekolah di Jakarta Utara terbilang positif terhadap program yang isinya ada kreasi bakat serta minat hingga permainan edukatif dengan dongen tersebut. Karena berdasarkan keterangan Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jkarta Utara Ahmad Yani. Program Karedok hingga pekan ini sudah digelar di 23 sekolah negeri dan swasta bahkan sampai April 2023 daftar sekolah yang mengajukan sudah penuh karena respons yang positif dari pihak sekolah serta murid-muridnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.