Karena Pandemi, Penunggak Pajak di Surabaya Bebas Denda PBB

Bisnis

Karena Pandemi, Penunggak Pajak di Surabaya Bebas Denda PBB

Terpaan pandemi COVID-19 di Kota Surabaya masih kencang. Dilaporkan situs lawancovid-19.surabaya.go.id, Jumat (8/5/2020), total keseluruhan warga yang terkonfirmasi positif terpapar virus SARS-CoV-2, sebanyak 592 orang, 91 diantaranya dinyatakan sembuh dan 78 orang dikabarkan meninggal dunia.

Banyak dampak yang didapatkan dari pandemi ini. Karena itu, dalam rangka mengurangi beban warganya, Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya memutuskan untuk menghapus atau membebaskan denda Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya Yusron Sumartono mengatakan, di tengah pandemi ini banyak warga yang mengajukan permohonan penundaan pembayaran pajak. Dan banyak pula yang meminta pembebasan pajak karena memang tidak beraktivitas selama pandemi merebak.

MENTENG-KAWASAN-DKI JAKARTA HAPUSKAN SANSKI 3 JENIS PAJAK-RACHLI-1100 px X 600 px-02.jpg

Bahkan, tambah dia, kebijakan ini juga diberlakukan kepada wajib pajak yang menunggak sejak tahun 1994 hingga tahun 2020 ini. Berkenaan sosialisasi, diakuinya, sudah disampaikan kepada para wajib pajak Kota Surabaya melalui surat imbauan.

“Alhamdulillah sudah banyak yang mengajukan, sudah banyak pula yang tanya-tanya untuk mengurusnya. Pemkot mencoba menfasilitasi semuanya. Apalagi kalau memang tidak beroperasi, ya dilaporkan aja ke kami, pasti kami fasilitasi,” kata Yusron dilansir laman surabaya.go.id, Jumat (8/5/2020).

[Baca Juga: Keringanan Pajak Sektor Usaha dan PBB Selama Pandemi di Semarang]

Lebih jauh, Yusron menjelaskan, bahwa masyarakat tetap bisa melakukan pembayaran pajak, dan ada program pembebasan denda dengan membayar PBB mulai 1 April-30 Juni 2020. Sedangkan wajib pajak yang belum menerima SPPT PBB diminta langsung mencetak sendiri melalui online di website: pbb.surabaya.go.id/sppt.

“PBB dapat dibayarkan tanpa keluar rumah dengan mengakses fasilitas online Bank Jatim, Bank Mandiri, dan BNI 46. Kami juga menyiapkan pembayaran PBB di UPTB BPKPD dan mobil keliling di kantor-kantor kelurahan,” jelasnya.

Yusron pun memastikan bahwa seluruh tempat pembayaran PBB itu telah dilengkapi dan melaksanakan protokol kesehatan. Dia merincikan, yang pertama telah dilakukan penyemprotan disinfektan di lokasi pembayaran PBB, lalu tempat duduk diatur, kemudian juga disiapkan hand sanitizer atau tempat cuci tangan.

[Baca Juga: Lapor Pajak Tanah Kini Bisa Lewat e-BPHTB]

Tidak lupa, lanjut dia, petugas pajak memakai masker dan sarung tangan, bahkan telah dibuat sekat pembatas di loket pelayanan pembayaran PBB, atau ke sejumlah bank yang sudah menjalin kerja sama. “Jadi, tinggal datang lalu bayar pajak pokoknya, karena untuk dendanya sudah kami skip, sehingga otomatis selama tiga bulan ini hilang,” tegasnya.

Di samping itu, Yusron juga berharap masyarakat tertib membayarkan pajaknya. Apalagi di tengah pandemi ini, Pemkot Surabaya sangat membutuhkan dana untuk menangani dan mencegah penularan COVID-19, sehingga pembayaran pajak dari masyarakat itu bisa digunakan untuk menangani COVID-19 ini.

“Dalam menangani wabah ini, kita pasti butuh biaya, dan biaya itu kita ambil dari pajak-pajak masyarakat, sehingga pajak itu dari rakyat dan akan dinikmati kembali oleh rakyat. Jadi, ayo segera bayar pajak Anda,” serunya.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 9 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...