Kerja Sampingan dan Cara-cara Lain Membuat Gaji Lebih Awet

Bisnis

Karier Tetap Cemerlang Meski WFH, Begini Caranya

Meski tidak bertemu langsung dengan atasan dan bawahan karena sistem kerja work from home atau WFH, nyatanya tetap bisa mengembangkan karir. Caranya adalah dengan tetap mendedikasikan seluruh kemampuan dan keahlian yang dimiliki, lalu berikan hasil kerja yang terbaik.

Dihimpun dari berbagai sumber, PingPoint merangkum kiat-kiat mengembangkan karier di saat WFH. Langkah pertama dalam cara mengembangkan karir saat bekerja secara remote atau jarak jauh adalah dengan melakukan kolaborasi antar tim. Jangan karena bekerja secara virtual, akan mengurangi kebersamaan dengan tim di kantor. Langkah selanjutnya, sebagai berikut:

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

1) Mulai Bekerja Lintas Fungsi

Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya, mulai lah bekerja lintas fungsi dengan anggota tim untuk mendapatkan perspektif, inisiatif, kontribusi untuk proyek dan keterampilan lainnya. Dengan melakukan hal tersebut, sama saja dengan menunjukan kepada anggota tim bahwa hal yang dilakukan itu adalah bentuk menghargai apa yang mereka berikan dan dedikasikan demi mencapai tujuan perusahaan.

2) Inisiatif Minta Evaluasi

Gunakan insiatif untuk meminta evaluasi dan umpan balik kepada atasan. Dengan begitu akan memotivasi diri untuk bekerja secara baik serta mengetahui apa yang harus dievaluasi. Hal ini juga menunjukkan kepada manajer, mengenai kualitas pekerjaan yang ingin diberikan masuk kategori bagus dan tidak mengecewakan.

Namun ingat saat mengajukan permintaan umpan balik itu, usahakan untuk menanyakan beberapa hal seperti, perjelas apa yang ingin diketahui dari kinerja jarak jauh selama ini, pengembangan profesional, dan proyek yang dikerjakan.

[Baca Juga: Keren! Perusahaan-perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen]

Ini Cara Persiapkan Diri Kembali ke Kantor Usai Libur Akhir Tahun

3) Tingkatkan Kemampuan Menulis

Selama menjalani sistem kerja WFH, pastinya jalinan komunikasi cukup banyak dilakukan melalui email atau platform lainnya ketimbang komunikasi melalui suara. Maka usahakan dalam menulis pesan, informasi menyampaikan dengan jelas, akurat, dan efektif. Dengan begitu anggota tim dapat mencerna dengan baik, dan menjalankan proyek dengan benar. Perlu digaris bawahi, jauhi komunikasi tertulis dengan nada tulisan yang arogan untuk meminimalkan kesalahpahaman dalam tim.

4) Belajar Keterampilan Baru

Manfaatkan sebaik mungkin masa kerja jarak jauh. Salah satunya dengan mengembangkan keterampilan baru di bidang yang disukai. Coba lah untuk mengikuti kursus online untuk menambah keterampilan atau bisa juga belajar secara otodidak di waktu senggang.

Untuk mempermudah dalam mempelajari hal baru sebaiknya lakukan identifikasi keterampilan yang dibutuhkan terutama yang berkaitan dengan pekerjaan. Lalu, lakukan latihan yang disengaja dan biarkan diri keluar dari zona nyaman. Kemudian, renungkan lah keterampilan apa yang telah pelajari ini sebelum dan sesudah menguasainya, agar upaya selama ini tidak sia-sia. Terakhir, ulangi semuanya sampai ahli atau menguasainya dan setelahnya bisa mempertimbangkan untuk cari lagi keterampilan lainnya.

[Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Anda Sering Lupa Hari Saat WFH]

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

5) Atur Waktu

Bagi sebagian orang, lebih merasa fokus bekerja jika berada di kantor karena tidak terganggu dengan urusan rumah tangga, anak atau godaan untuk bermain handphone. Sehingga di saat menerapkan sistem WFH, malah menjadi tidak efisien dalam memanfaatkan waktu bekerja, bahkan ada juga yang bekerja melebihi jam kantor.

Oleh karenanya, penting untuk tetap disiplin, tidak menunda-nunda dan mengatur waktu dengan baik agar pekerjaan sesuai dengan strategi dan target yang telah ditentukan. Tunjukkan bila dengan bekerja secara remote, kualitas waktu dan kinerja pekerjaan juga sama dengan seperti saat di kantor.

6) Perluas Kontribusi

Lakukan lah perluasan kontribusi secara holistik kepada perusahaan. Terutama jika memang merasa diri memiliki keterampilan yang banyak dan mumpuni. Caranya, dengan membantu anggota di luar tim yang membutuhkan ide atau masukan.

Hal ini adalah suatu langkah yang positif, dimana perusahaan akan memandang sebagai aset penting bagi perusahaan. Bahkan bukan tidak mungkin ada potensi yang mengarah ke dalam employee resource group (ERP) yakni klub sumber daya organisasi karyawan yang dikelola secara terorganisir dengan minat yang sama.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.