kartunOK4.jpg

Hobi dan Hiburan

Kartunis Rusia Sabet Juara Pertama i-Sekarfest Festival HAM 2021

Festival HAM yang merupakan forum tahunan dan telah dilaksanakan sejak tahun 2014 ini memilih Kota Semarang menjadi Tuan Rumah di tahun 2021. Terselenggara atas kerja sama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI), International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), Kantor Staf Presiden (KSP) dan Pemerintah Kota Semarang, Festival Hak Asasi Manusia (HAM) ke 8 ini berlangsung dari tanggal 16-19 November 2021 di kota Semarang dan dimeriahkan oleh 937 kartunis dari 59 negara.

Karya yang terpilih dalam lomba kartun bertema “International Semarang Cartoon Festival 2021 (i-Sekarfest) dipamerkan di Hotel PO lantai 7 dan Hotel MG Setos lantai 16 selama gelaran Festival HAM ini berlangsung. Sedikitnya terdapat 1.904 karya yang diterima oleh panitia mulai tanggal 30 September hingga 31 Oktober 2021. Banyaknya karya yang masuk menjadi bukti bahwa banyak kartunis dunia yang sangat antusias dengan gelaran Festival HAM tahun ini. Bahkan jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari festival atau pameran kartun yang pernah ada sebelumnya.

kartunOK2.jpg

Abdul Arif selaku PIC i-Sekarfest 2021 mengatakan jika para kartunis seniorpun juga turut memeriahkan festival ini. Selain itu ada pula ratusan pelajar Semarang yang ikut serta dalam event ini diantaranya dari SMPN 17 Semarang dan SMPN 21 Semarang. Karya yang masuk juga telah diseleksi secara bertahap oleh tiga orang juri yaitu kartunis senior pendiri Gold Pencil Indonesia, Jitet Kustana, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Semarang, Aris Mulyawan dan perwakilan Komnas HAM, Fahries Hertansyah Pohan.

[Baca Juga: Maria Rengganis, Komikus Muda yang Mendunia]

Peserta yang datang dari luar negeri beberapa diantaranya Presiden Union of World Cartoonists Ahmed Altay dari Turki, Ketua Pakarti Agoes Jumianto dari Indonesia, Presiden Cartoonclub Agency Angel Boligan Corbo dari Meksiko, Wakil Presiden Federation of Cartoonists Organisations Bernard Bouton dari Perancis. Sedangkan kartunis lokal diantaranya kartunis senior Semarang Koesnan Hoesie dari Indonesia, Guru SMPN 17 Semarang Suratno dari Indonesia, kartunis Kompas Thomdean dari Indonesia, kartunis Jawa Pos Wahyu Kokkang dan masih banyak lagi.

kartunOK3.jpg

Terdapat dua ratus karya pilihan yang lolos seleksi tahap pertama yang berlangsung sejak tanggal 5-7 November 2021 lalu. Pada seleksi tahap kedua yang dilaksanakan pada tanggal 9 November 2021 kemarin, didapatkan 75 karya finalis yang selanjutnya menjalani uji orisinalitas secara publik melalui web kartun internasional. Pihaknya juga membuka kesempatan bagi siapapun untuk melihat orisinalitas karya ini. Bahkan panitia juga menerima aduan beberapa karya para finalis yang menjadi pertimbangan dalam penetapan juara.

Dalam Welcome Dinner Festival HAM 2021 yang diadakan pada 16 November 2021 lalu, diumumkan pemenang lomba kartun adalah kartunis asal Rusia bernama Mikhail Zlatkovsky. Dalam karyanya ia memberi judul “Newspaper Baloon” dengan gambaran balon udara yang ditumpangi oleh para pengungsi. Melalui karyanya Mikhail seakan berbicara tentang issue media massa dan HAM. Karya Mikhail seakan mengaitkan antara media massa dengan issue HAM.

kartunOK.jpg

Melalui karya Mikhail dengan penggambaran seseorang meniup balon udara yang terbuat dari lembaran-lembaran koran, salah satu juri dari perwakilan Komnas HAM Fahries Hertansyah menilai jika ide dan visual karya Mikhail sangat kuat. Selain itu, Jitet Kustana mengatakan bahwa semua karya yang masuk ke i-Sekarfest memang mewakili kondisi HAM di negara asal para peserta lomba. Itulah sebabnya, pesan yang disampaikan dalam karya Mikhail seolah menempatkan media massa sebagai sumber informasi yang mampu menyuarakan pelanggaran HAM. “Dengan media massa, informasi menjadi terbuka,” ujar Jitet.

[Baca Juga: Connectoon, Surganya Komik Lokal & Barang Kolektor di M Bloc Space]

Tak ingin kalah dengan peserta dari luar negeri, peserta lokal asal Indonesia bernama Muhammad Nasir berhasil menyabet juara kedua dengan karyanya berjudul “Legal Settlement”. Juri menilai pesan yang disampaikan dalam kartun M. Nasir mudah dicerna. Dalam karyanya ditampilkan gambar palu pengadilan yang menyerupai siput seolah menyindir issue penegakan hukum kasus HAM berjalan lambat. Sementara itu, Juara ketiga diraih oleh kartunis perempuan asal Iran, Nahid Zamani berjudul “Girl’s Education Right”. “Isu gender soal profesi ini kuat dan isu HAM-nya masuk. Perlu perlakuan yang sama antara pria dan Wanita,” ujar Fahries menilai karya kartun Nahid seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (17/11/2021).


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.