Ahli Sebutkan Alasan Dokter Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional

Kesehatan

Kasus 46 Tenaga Medis RSUP dr Kariadi Tertular COVID-19 Masih Diselidiki

Pihak manajemen Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi Kota Semarang masih melakukan penyelidikan terhadap kasus 46 tenaga medisnya yang tertular Virus Corona baru atau SARS-CoV-2.

Direktur RSUP dr Kariadi Agus Suryanto pun belum dapat memastikan apakah sumbernya dari orang terinfeksi di dalam rumah sakit atau luar rumah sakitnya. “Kami memang sudah punya zona merah, kuning, hijau tergantung gradasi risiko, tapi kan tidak menutup kemungkinan ada celah-celah yang harus diwaspadai. Bisa dari dalam internal rumah sakit [RSUP dr. Kariadi] maupun luar rumah sakit,” ungkap Agus, dikutip dari cnnindonesia.com (17/4/2020).

Pihak rumah sakit kini melakukan penyelidikan internal untuk mengidentifikasinya serta berupaya fokus pada pencegahan agar tidak terjadi penularan lagi pada tenaga medis lainnya.

Kasus 46 Tenaga Medis RSUP dr Kariadi Tertular COVID-19 Masih Diselidiki

Sementara itu, mengutip semarang.kompas.com (17/4/2020), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan tertularnya 46 tenaga medis tersebut disebabkan oleh ketidakjujuran pasien yang datang berobat ke RSUP dr Kariadi. Pasien tersebut tidak mengungkapkan bahwa dirinya baru saja bepergian dari zona-zona merah penyebaran COVID-19.

“Ini pembelajaran bagi kita bahwa seorang dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya sangat rentan. Edukasi kita perlu ditambah. Mereka terkena COVID-19 dari pasien yang tidak jujur,” kata Ganjar.

Akibat peristiwa ini, Ganjar meminta manajemen RSUP dr Kariadi memperketat protokol kesehatan untuk melindungi tenaga medis dari COVID-19. Ia juga menekankan pada masyarakat yang pernah bepergian ke zona merah untuk mengatakan dengan jujur pada tenaga medis terkait riwayat perjalanannya.

Ganjar pun menuturkan kronologi dirinya mengetahui kabar para tenaga medis ini tertular COVID-19.

[Baca Juga: Pakar Sejarah Sebut Alasan dr. Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional]

Bermula pada Rabu (15/4/2020), dirinya mendapat kabar dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam, bahwa ada 24 orang tenaga medis RSUP dr Kariadi yang dinyatakan positif COVID-19. Mendengar kabar itu, Ganjar langsung menyiapkan tempat isolasi.

Keesokan harinya, yaitu Kamis (16/4/2020), Ganjar mendapat informasi kembali bahwa ada tambahan tenaga medis sebanyak 22 orang yang dinyatakan COVID-19. Dengan demikian, total tenaga medis yang positif COVID-19 sebanyak 46 orang.

[Baca Juga: Keringanan Pajak Sektor Usaha dan PBB Selama Pandemi di Semarang]

Ganjar mengaku terkejut lantaran jumlah tersebut terbilang banyak. “ Maka sekarang lho kok banyak amat jumlahnya. Setelah saya tahu ada kabar itu saya minta untuk langsung diisolasi dan mereka bersedia,” lanjutnya.

Kini para tenaga medis itu sedang menjalani isolasi diri di Hotel Kesambi Hijau yang terletak di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Adapun 46 tenaga medis tersebut terdiri 4 orang dokter spesialis, dan sisanya adalah dokter yang tengah menjalani Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

Dengan penambahan 46 kasus ini, hingga Jumat (17/4/2020) terdapat 184 kasus positif COVID-19 di Kota Semarang. Dari jumlah tersebut, 22 di antaranya meninggal dunia dan 42 orang sembuh.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.