Ahli Sebutkan Alasan Dokter Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional

Kesehatan

Kasus 46 Tenaga Medis RSUP dr Kariadi Tertular COVID-19 Masih Diselidiki

Pihak manajemen Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi Kota Semarang masih melakukan penyelidikan terhadap kasus 46 tenaga medisnya yang tertular Virus Corona baru atau SARS-CoV-2.

Direktur RSUP dr Kariadi Agus Suryanto pun belum dapat memastikan apakah sumbernya dari orang terinfeksi di dalam rumah sakit atau luar rumah sakitnya. “Kami memang sudah punya zona merah, kuning, hijau tergantung gradasi risiko, tapi kan tidak menutup kemungkinan ada celah-celah yang harus diwaspadai. Bisa dari dalam internal rumah sakit [RSUP dr. Kariadi] maupun luar rumah sakit,” ungkap Agus, dikutip dari cnnindonesia.com (17/4/2020).

Pihak rumah sakit kini melakukan penyelidikan internal untuk mengidentifikasinya serta berupaya fokus pada pencegahan agar tidak terjadi penularan lagi pada tenaga medis lainnya.

Kasus 46 Tenaga Medis RSUP dr Kariadi Tertular COVID-19 Masih Diselidiki

Sementara itu, mengutip semarang.kompas.com (17/4/2020), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan tertularnya 46 tenaga medis tersebut disebabkan oleh ketidakjujuran pasien yang datang berobat ke RSUP dr Kariadi. Pasien tersebut tidak mengungkapkan bahwa dirinya baru saja bepergian dari zona-zona merah penyebaran COVID-19.

“Ini pembelajaran bagi kita bahwa seorang dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya sangat rentan. Edukasi kita perlu ditambah. Mereka terkena COVID-19 dari pasien yang tidak jujur,” kata Ganjar.

Akibat peristiwa ini, Ganjar meminta manajemen RSUP dr Kariadi memperketat protokol kesehatan untuk melindungi tenaga medis dari COVID-19. Ia juga menekankan pada masyarakat yang pernah bepergian ke zona merah untuk mengatakan dengan jujur pada tenaga medis terkait riwayat perjalanannya.

Ganjar pun menuturkan kronologi dirinya mengetahui kabar para tenaga medis ini tertular COVID-19.

[Baca Juga: Pakar Sejarah Sebut Alasan dr. Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional]

Bermula pada Rabu (15/4/2020), dirinya mendapat kabar dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam, bahwa ada 24 orang tenaga medis RSUP dr Kariadi yang dinyatakan positif COVID-19. Mendengar kabar itu, Ganjar langsung menyiapkan tempat isolasi.

Keesokan harinya, yaitu Kamis (16/4/2020), Ganjar mendapat informasi kembali bahwa ada tambahan tenaga medis sebanyak 22 orang yang dinyatakan COVID-19. Dengan demikian, total tenaga medis yang positif COVID-19 sebanyak 46 orang.

[Baca Juga: Keringanan Pajak Sektor Usaha dan PBB Selama Pandemi di Semarang]

Ganjar mengaku terkejut lantaran jumlah tersebut terbilang banyak. “ Maka sekarang lho kok banyak amat jumlahnya. Setelah saya tahu ada kabar itu saya minta untuk langsung diisolasi dan mereka bersedia,” lanjutnya.

Kini para tenaga medis itu sedang menjalani isolasi diri di Hotel Kesambi Hijau yang terletak di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Adapun 46 tenaga medis tersebut terdiri 4 orang dokter spesialis, dan sisanya adalah dokter yang tengah menjalani Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

Dengan penambahan 46 kasus ini, hingga Jumat (17/4/2020) terdapat 184 kasus positif COVID-19 di Kota Semarang. Dari jumlah tersebut, 22 di antaranya meninggal dunia dan 42 orang sembuh.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.