Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia Terdeteksi di Jakart a.jpg

Kesehatan

Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia Terdeteksi di Jakarta

Sejak Mei 2022 berbagai media asing telah memberitakan di kala menurunnya kasus COVID-19 di berbagai negara, mendadak muncul penyebaran kasus cacar monyet alias monkeypox dengan mayoritas terjadi di wilayah Eropa, Amerika, serta Western Pacific. Maju ke pekan kemarin di Agustus 2022, total kasus konfirmasi cacar monyet di sejumlah negara telah mencapai angka 39.718 pasien dan sampai akhir Juli hingga Awal Agustus 2022, Indonesia masih belum menunjukkan adanya kasus monkeypox. Namun hal ini berubah pada pekan lalu, tepatnya pertengahan Agustus 2022 usai seorang pria baru kembali dari luar negeri dan tiba di Ibu Kota.

Sekadar informasi, sebagaimana dilansir dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit Kementerian Kesehatan, cacar money sebenarnya penyakit zoonosis yang termasuk langka dan dipicu oleh infeksi dari virus Monkeypox atau MPXV. Penyakit ini pada awalnya terjadi akibat terjadinya sentuhan antara manusia dengan hewan yang terinfeksi dan barulah setelah itu orang yang terinfeksi dapat menginfeksi orang yang sehat dengan sentuhan. Bahkan virus ini disebut juga dapat menular ke janin melalui plasenta dari ibu hamil. Dari mulai kontak langsung dengan orang luka, koreng, hingga cairan tubuh dari penderita monkeypox dapat menjadi awal penularan cacar monyet.

Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia Terdeteksi di Jakarta.jpg

Dari sisi gejalanya sendiri yang biasa terjadi adalah sakit kepala, demam tinggi di atas 38,5 derajat celcius, pembesaran kelenjar getah bening, nyerit otot, sakit punggung, badan terasa lemah, hingga yang paling menonjol adalah lesi cacar alias benjolan berisi air serta nanah yang muncul di seluruh tubuh. Penyakit ini disinyalir dapat menginfeksi tubuh pasien hingga dua sampai empat minggu dengan saat ini sudah ada 12 orang yang meninggal akibat konfirmasi cacar monyet.

[Baca Juga: Waspada Monkeypox atau Cacar Monyet, Kenali Gajalanya!]

Pada tanggal 20 Agustus 2022, Kementerian Kesehatan mengumumkan bahwa satu orang dengan status WNI telah terkonfirmasi terinfeksi cacat monyet. Di mana pria verusia 27 tahun itu diketahui memiliki riwayat perjalanan ke wilayah Eropa tepatnya ke Belanda, Swiss, Belgia, dan Prancis. Di mana selama periode 22 Juli-8 Agustus 2022, ia melakukan perjalanan ke sana sampai akhirnya kembali ke Ibu Kota. Pada 11 Agustus 2022, ia mulai merasakan gejala paparan monkeypox dan usai menjalani pemeriksaan di sejumlah fasilitas kesehatan, ia akhirnya dirujuk ke rumah sakit pemerintah pada tanggal 18 Agustus 2022 dan keesokan harinya tes PCR dari pasien menunjukkan bahwa dirinya memang terkonfirmasi menjadi pasien cacar monyet pertama di Indonesia.

“Saat ini pasien dalam keadaan baik, tidak sakit berat dan ada cacarnya atau ruam-ruamnya di muka, di telapak tangan dan kaki. Pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit, tapi cukup isolasi mandiri,” tutur Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, sebagaimana dikutip dari Sehatnegeriku.kemkes.go.id (20/8/2022).


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.