Bagaimana Cara Agar Balita Mau Pakain Masker

Kesehatan

Kasus COVID-19 Alami Penurunan, Ini Pesan IDI Sumut

Aktivitas masyarakat di Sumut khususnya di Medan mulai menggeliat setelah penurunan kasus COVID-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari 4 ke 2. Jika, protokol kesehatan diabaikan, dikhawatirkan kasus kembali melonjak.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sumut dr. Ramlan Sitompul SpTHT-KL (K) menegaskan, mobiltas masyarakat harus terukur, terkendali dan diawasi dengan sistim yang baik.

"Kemudian, protokol kesehatan terutama menggunakan masker harus menjadi kewajiban buat seluruh masyarakat sampai pemerintah membuat keputusan yang baru,” kata Ramlan kepada wartawan (18/10/2021).

Sekaligus Cegah COVID-19, Tim Asmara Subuh Medan Bagikan Masker

Menurutnya, adaptasi kebiasaan baru harus digalakkan melalui sosialisasi dan pendampingan terutama bila sekolah/kuliah dilakukan secara tatap muka. “Diimbau kepada masyarakat tidak menyebarluaskan atau memberitakan hal-hal yang tidak terkonfirmasi baik tentang COVID,” imbuhnya.

Dia juga menyarankan, tindakan kekarantinaan yang profesional harus tetap dilakukan di seluruh pintu masuk negara, terutama isolasi bagi WNI/WNA yang datang dari Luar Negeri.

Jangan sampai kecolongan seperti Selebgram yang kabur dari tempat isolasi di Jakarta yang dibantu oknum petugas bandara. Perlu integritas yang baik dari petugas. Termasuk juga tindakan kekarantinaan terhadap alat angkut dan barang,” imbuhnya sembari menambahkan, pemutusan mata rantai penyebaran COVID ditengah-tengah masyarakat tetap dilaksanakan sesuai kebutuhan.

[Baca Juga: Ciptakan Kerumunan, IDI Sesalkan Vaksinasi Massal COVID-19 di Medan]

Sebelumnya imbauan serupa juga dikeluarkan oleh Pemerintahan Kota Medan.

Terbaru, Wali Kota Medan Bobby Nasution melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Wiriya Alrahman, meminta para camat se-Kota Medan untuk terus melakukan pengawasan kepada warganya salah satunya dengan bertanggung jawab untuk membawa warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19 ke isolasi terpadu milik Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, baik di Hotel Novotel Soechi maupun Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK).

"Mulai hari ini, lakukan pendekatan secara persuasif dan humanis, agar warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 mau masuk ke isolasi terpadu milik Pemkot Medan," ucap Wiriya.

Ia menegaskan, meski saat ini ada kelonggaran pembatasan, baik kegiatan sosial maupun ekonomi, kondisi ini diharapkan tidak membuat lemah dan lengah. "COVID-19 masih ada dan akan menyerang saat kita lemah dan lengah," pesan Sekda.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.