nakesOK.jpg

Kesehatan

Kasus COVID-19 Melonjak, Jateng Fokuskan Tiga Kabupaten

Usai Lebaran, pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan fokus menyelesaikan kasus COVID-19 di tiga kabupaten yang mengalami lonjakan kasus. Ketiga Kabupaten tersebut diantaranya adalah Kudus dengan kenaikan kasus positif, Cilacap dengan ditemukannya varian baru Covid B.1617.2 dari India, dan Kendal dengan ditemukannya kasus COVID-19 pada klaster Lapas. Langkah strategis pun dilakukan melalui penambahan tempat tidur rawat inap maupun ICU di rumah sakit dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Usai rapat COVID-19 di Kantor gubernur, Ganjar Pranowo mengatakan sejumlah langkah strategis ditempuh untuk menyelesaikan hal tersebut. Salah satunya, penanganan kasus COVID-19 di Cilacap, pihaknya meminta untuk melakukan isolasi terpusat bagi tenaga kesehatan yang tertular varian baru COVID-19 dari India.“Yang dari Cilacap terkait dengan varian dari India, nakesnya kita minta diisolasi terpusat. Lalu kami minta seluruh Jawa Tengah tempat tidur (rumah sakit) ditingkatkan,” ujarnya seperti dilansir dari jatengprov.go.id (24/5/2021).

hilmabulkerOK.jpg

Penambahan kasus positif COVID-19 di Cilacap ini diduga berasal dari Anak Buah Kapal (ABK) MV Hilma Bulker yang mengangkut gula rafinasi asal India. Belasan ABK telah terinfeksi dan kemudian menginfeksi 47 tenaga kesehatan yang merawat para pelaut tersebut. Guna memastikan lebih lanjut, pemerintah juga telah mengirimkan sampel mukosa nakes ke Universitas Gajah Mada. Setidaknya ada 12 sampel yang telah diteliti di fasilitas kesehatan sesuai dengan persyaratan medis.

[Baca Juga: Singgung Mutasi Baru COVID-19, Ganjar Minta Warga Jateng Tetap Tenang]

Ganjar pun meminta kepada aparat penegak hukum agar tidak ragu membubarkan kegiatan yang banyak mengundang massa. Menyusul banyaknya kasus positif yang berasal dari klaster keluarga, ia tetap menekankan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. “Ada tren peningkatan kasus harian yang ada di sini sampai minggu ke-20. Ini akibat liburan mudik atau yang nekat mudik. Proporsi klaster terbesar itu keluarga 62,4 persen. Ini kita hati-hati betul. Lapas 18,7 persen, dan klaster agama 11,5 persen. Puncak balik lebaran terjadi di 18 Mei, tercatat 48.754 (orang pemudik),” terangnya kemudian.

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini juga senantiasa meminta warganya untuk tidak abai protokol kesehatan. Menurutnya dalam hitungan 14 hari saja terdapat tren peningkatan kasus positif. Jika nantinya diketahui adanya pelanggaran protokol kesehatan, penegak hukum diharapkan tidak segan untuk memberi peringatan pada berbagai event yang mengundang kerumunan atau bahkan dilakukan penutupan jika ada pihak yang tidak bisa diperingatkan.

penjaraOK.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, jika tiga kabupaten dengan kasus positif tersebut memiliki kriteria kasus yang berbeda-beda. Telah ada 172 orang petugas kesehatan yang dites dan hingga hari Senin (24/5/2021) diketahui ada 47 orang nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun pihaknya akan tetap melakukan contact tracing sesuai prosedur yang ada. “Perlakuan yang dilakukan sama, yakni dengan tracing, tracking, dan treatment. Varian baru karena penyebarannya cepat, maka kita harus ketat. Padahal teman-teman sudah menggunakan APD namun tetap tertular, karena perilaku virus,” ujar Yulianto.

Sementara itu untuk kasus COVID-19 di Kota Semarang sendiri, terdapat kenaikan 16 kasus positif per tanggal 24 Mei 2021 menjadi total 371 kasus. Dikutip dari instagram @dkksemarang, terdapat 16 kecamatan yang memiliki kasus positif COVID-19. Jumlah kasus per kecamatan adalah sebagai berikut, Kec. Tugu 7 orang, Kec. Ngaliyan 40 orang, Kec. Mijen 4 orang, Kec. Semarang Barat 20 orang, Kec. Gunung Pati 15 orang, Kec. Semarang Utara 16 orang, Kec. Semarang Timur 3 orang, Kec. Semarang Tengah 15 orang, Kec. Semarang Selatan 18 orang, Kec. Gajah Mungkur 16 orang, Kec. Candisari 10 orang, Kec. Banyumanik 26 orang, Kec. Gayamsari 21 orang, Kec. Genuk 15 orang, Kec. Pedurungan 32 orang dan Kec. Tembalang 21 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.