Kasus COVID-19 Melonjak, Pemkot Bandung Siap Kembalikan Pembatasan Kegiata n - Copy.jpg

Kesehatan

Kasus COVID-19 Melonjak, Pemkot Bandung Siap Kembalikan Pembatasan Kegiatan

Selama beberapa waktu terakhir di Tanah Air terlihat tren kembali meningkatnya kasus positif COVID-19 di berbagai wilayah dengan salah satu yang tertinggi adalah di Jawa Barat. Karena pada 15 November 2022, penambahan kasus harian saja mencapai angka 7.893 di seluruh Indonesia dengan Jawa Barat yang menyumbangkan 1.472 kasus bahkan dua warga Jawa Barat yang berasal dari Kabupaten Bogor dikonfirmasi terpapar varian baru dari COVID-19 jenis XBB. Salah satu wilayah yang menyaksikan tren lonjakan penyebaran COVID-19 di Jawa Barat adalah Kota Bandung.

Melihat perkembangan tren positif COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun siap mengambil langkah serius dan ini diawali dengan data yang diterima Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang memang terdapat indikasi bahwa terjadi lonjakan kasus di wilayahnya. Namun hingga kini pihaknya masih belum mengetahui apakah dari sekian banyak kasus COVID-19 yang bermunculan di Kota Bandung dipicu oleh varian baru.

Kasus COVID-19 Melonjak, Pemkot Bandung Siap Kembalikan Pembatasan Kegiatan - Copy.jpg

“Saya juga belum tahu apakah ini varian XBB atau bukan. Peningkatan kasus memang terjadi, BOR juga meningkat. Terjadi peningkatan sehingga harus dirawat di RS,” tutur Yana, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (15/11/2022).

Orang nomor satu di Kota Kembang itu melanjutkan, dari total kasus baru COVID-19 di wilayahnya sudah mencapai lebih dari 1.000 kasus dengan konfirmasi aktif per harinya dapat menyentuh angka 90-100 kasus. Hal ini tentu saja memicu kekhawatiran, karena walau angka kesembuhannya tinggi tapi ini sangat berbeda bila dibandingkan sebelum terjadi lonjakan yang di mana pada umumnya konfirmasi kasus per hari maksimal hanya 10 saja.

Melihat kondisi ini, Yana menegaskan bahwa Pemkot Bandung akan kembali menerapkan kebijakan pembatasan kegiatan publik, apalagi ini menjelang perayaan tahun baru. “Kelihatannya kita akan coba batasi lagi kegiatan masyarakat. Pemkot Bandung cukup khawatir dengan akhir tahun. Itupun diprediksi oleh pemerintah pusat. Pasca akhir tahun khawatirnya ada kenaikan lagi karena mobilitas warga pasti meningkat di akhir tahun," sambungnya.

[Baca Juga: Tren Laju Covid-19 di Kota Bandung Terus Menurun]

Ia menambahkan fokus jenis kegiatan yang akan dibatasi kapasitasnya adalah kegiatan yang dapat memicu kerumunan seperti event konser. "Pasti dibatasi jumlah. Kemarin di perwal 100 persen, tapi kita lihat kasuistis saja. Lihat kegiatannya juga. Ini berlaku sampai pasca tahun baru,” imbuhnya.

Langkah persiapan pembatasan ini sebenarnya sudah sejalan dengan instruksi dari Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Pada 15 November 2022 kemarin, ia sudah memberikan instruksi ke bupati serta wali kota di wilayah Jawa Barat untuk bersiap hadapi potensi terjadinya lonjakan kasus COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.