Kasus Omicron Terus Melonjak, Pemkot Bogor Lakukan Langkah Antisipasi.jpg

Kesehatan

Kasus Omicron Terus Melonjak, Pemkot Bogor Lakukan Antisipasi

Beberapa hari terakhir, lonjakan kasus COVID-19, khususnya dari varian Omicron terus terjadi di wilayah Jabodetabek. Dari mulai Kota Depok yang disebut pasiennya positif Omicron usai kembali dari Puncak Bogor hingga kasus di DKI Jakarta yang tercatat sudah ada 988 kasus positif akibat varian terbaru dari COVID-19 tersebut. Melihat situasi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memutuskan untuk bersiaga mengantisipasi masuknya kasus Omicron ke Kota Hujan.

Langkah siaga ini bisa dilihat pada kegiatan apel yang digelar pada 19 Januari 2021 di Lapangan parkir Pasar Sukasari. Di mana apel ini menghadirkan semua elemen, dari mulai Pemkot Bogor dan kecamatannya sampai TNI/Polri. Pada apel bertajuk Sinergitas Mengabdi Melawan COVID-19 Kota Bogor ini, Wali Kota Bogor Bima Arya menekankan mengenai instruksi dari pemerintah pusat terkait Omicron.

Kasus Omicron Terus Melonjak, Pemkot Bogor Lakukan Langkah Antisipasi .jpg

“Kata kuncinya siaga dan waspada. Walaupun berdasarkan penelitian Omicron tingkat fatality-nya tidak seperti delta, tapi penyebarannya cepat,” tegas orang nomor satu di Kota Hujan itu, sebagaimana dikutp dari kotabogor.go.id (20/1/2022).

Pada apel ini, Bima Arya mengungkapkan mengenai kembalinya digerakkan sistem yang mampu mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Kota Bogor. Sistem ini termasuk RW Siaga, pengurai massa, dan pengurai kerumunan yang diaktivasi kembali usai ditemukannya kembali kasus positif COVID-19 di Kota Hujan setelah sekian lama berstatus nol kasus. Apalagi ini ditambah kasus Omicron yang terus meningkat di Jabodetabek. Oleh karena itulah ia meminta semua pihak yang hadir untuk ikut siaga dan memastikan koordinasi untuk langkah cepat jika ditemukan potensi peningkatan kasus.

[Baca Juga: Ancaman Omicron Semakin Dekat, Pemkot Bogor Genjot Vaksinasi COVID-19]

“Di Bogor yang harus diwaspadai menjelang peringatan CGM (festival Cap Go Meh) Februari nanti. Kita koordinasikan supaya tidak menimbulkan kasus lonjakan. Sekarang masih landai, kalau sudah ada kenaikan berarti positif lonjakannya,” sambung Wali Kota Bogor itu.

Langkah antisipasi lainnya adalah Pemkot Bogor disebut sudah langsung bergerak untuk berkoordinasi dengan rumah sakit, pusat isolasi di Ciawi, dan rumah sakit lapangan untuk bersiaga dengan mempersiapkan tempat tidur perawatannya untuk pasien COVID-19 varian Omicron. Kemudian terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang saat ini masih digelar 50 persen kapasitas, Bima menegaskan bahwa screening di sekolah akan diperkuat dan bila ditemukan kasus positif COVID-19 maka pihaknya siap menutup lagi sekolahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.