Katanya Program Dua Gelar Sampoerna University Irit Ongkos, Berminat

Pendidikan

Katanya Program Dua Gelar Sampoerna University Irit Ongkos, Berminat?

Sebagai Negara super power, tidak lah mengherankan jika Amerika Serikat menjadi salah satu panduan pendidikan global. Fakta lainnya, tidak sedikit pula tokoh-tokoh besar dunia yang berhasil dicetak sejumlah universitas kenamaan asal Negeri Paman Sam tersebut.

Dengan demikian sudah sewajarnya jika banyak orang tua di penjuru dunia, termasuk di Indonesia, yang mendambakan putra-putrinya bisa mengenyam pendidikan sekaligus mendapatkan gelar sarjana dari universitas di Amerika Serikat alias U.S. degree. Alasannya, U.S. degree diyakini dapat meningkatkan kapasitas, karir, pengalaman, dan kemandirian.

Katanya Program Dua Gelar Sampoerna University Irit Ongkos, Berminat

Sayangnya, untuk bisa mewujudkan itu dibutuhkan ongkos yang cukup besar. Hal ini disebabkan biaya kuliah, asuransi, dan biaya hidup di luar negeri yang jauh lebih mahal dibandingkan biaya hidup di dalam negeri. “Jika ditotal, biaya untuk kuliah 4 tahun di AS kurang lebih Rp4 miliar,” tutur Farah Dini Novita, Vice CEO Jouska Indonesia sebagaimana pesan tertulisnya yang diterima PingPoint.co.id (21/4/2020).

Tingginya biaya ini, sambung Farah, masih ditambah lagi dengan kondisi ekonomi dunia yang tidak menentu saat pandemi yang memicu pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat. Dia pun menyarankan agar orang tua mencari alternatif universitas yang kualitasnya setara. “Ini akan jadi tantangan yang lebih berat bagi para orang tua ke depan,” tukasnya.

[Baca Juga: Kreativitas Universitas Bunda Mulia Bersama NMAA Goes to Campus]

Menanggapi itu, Head of Recruitment Sampoerna University Lorensia Soegiarto mengklaim, miliki solusi alternatif bagi para orangtua dan calon mahasiswa dari Indonesia yang ingin meraih U.S. degree. Lebih lanjut dia menjelaskan bagi yang ingin kuliah dengan kurikulum Amerika Serikat dan meraih U.S degree sejatinya bisa diwujudkan bahkan tanpa harus meninggalkan Jakarta.

Caranya, tambah dia, dengan mengikuti program Two-Degree yang memungkinkan mereka lulus dengan dua gelar: US bachelor’s degree yang terakreditasi resmi dari University of Arizona dan satu gelar Sarjana (Strata 1) dari Sampoerna University. “Dengan kuliah di Jakarta, mereka juga dapat tetap mengetahui tren-tren lokal dan mengembangkan jejaring. Relevansi lokal berkat penerapan kurikulum Amerika Serikat dalam konteks bisnis dan budaya lokal inilah yang membedakan kami dari yang lain,” terang Lorensia.

[Baca Juga: 12 Bidang Studi di UI Ini Masuk Ranking Dunia]

Meski begitu, bagi para calon mahasiswa yang ingin tetap berkuliah di Amerika Serikat tetapi terkendala oleh pandemi saat ini, Sampoerna University menyediakan fasilitas seamless transfer yang memungkinkan para mahasiswa untuk dapat transfer kredit atau SKS ke Amerika Serikat begitu pandemi berakhir.

Dia pun mengklaim program Two-Degree yang ditawarkannya ini terbilang menguntungkan para orang tua karena menghemat biaya hingga 75 persen (setara Rp2,3 miliar) dibandingkan biaya pendidikan dan biaya hidup selama studi 4 tahun di AS. “Program Two-Degree dan fasilitas seamless transfer adalah solusi yang tepat bagi untuk para calon mahasiswa Indonesia untuk meraih U.S. bachelor’s degree dengan lebih terjangkau dan aman di masa pandemi,” tuntasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.