TEBET-BISNIS-KAWN APLIKASI KASIR ONLINE AMAN DAN AKURAT-GALIH-1100 px X 600 px-02.jpg

Bisnis

KAWN, Aplikasi Kasir Daring Aman dan Akurat

PT Technomedia Multi Sejahtera, anak usaha Indosterling Group meluncurkan aplikasi kasir daring bernama KAWN. Apikasi ini siap memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha kuliner dan food and beverages (F&B).

Seperti dikatakan Johan Tampubolon Senior Digital Strategis Loka Media, aplikasi kasir daring ini diluncurkan untuk memudahkan para pebisnis F&B. Terutama mengenai kendala yang kerap dialami pengusaha dalam hal transaksi dan pembukuan barang atau produk.

[Baca Juga: Langkah Mendekorasi Kafe dan Restoran Agar Menarik Pelanggan]

“Banyak sekali masalah yang bisa diatasi dengan kasir digital ini. Tak hanya transaksi, masalah pembukuan seperti pengecekan stok bisa direkap secara digital yang aman dan akurat. Pembukuannya bisa untuk satu bulan hingga bertahun-tahun. Ini tentunya tak bisa didapatkan di mesin kasir konvensional,” kata Johan kepada PingPoint.co.id dalam acara Rembug Kopi Nusantara di Smesco Indonesia, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Dilanjutkannya, sistem kerja aplikasi kasir daring ini, memiliki jaringan yang tertanam dalam server. Di mana aplikasinya bisa diunduh di gadget atau tablet. Sebagai penunjang transaksi, aplikasi kasir daring ini juga akan dilengkapi dengan mesin printer dan penyimpan uang. “Sistem kerjanya sama seperti kasir konvensional. Tapi kami lebih modernkan lagi, sehingga waktu proses lebih cepat, mudah menggunakannya, dan memangkas antrean pembeli,” klaim Johan.

APLIKASI KASIR DARING KAWN

Teknis pemakaian aplikasi kasir daring Kawn ini juga diaku sangat mudah. Karena memiliki tiga keunggulan, yakni easy, helpful, dan comprehensive. Keunggulan tersebut untuk menjawab beragam keluhan dan kebutuhan dari para pebisnis.

“Kenapa easy, banyak pebisnis seringkali mengeluh soal sulitnya penggunaan aplikasi kasir digital ini. Terutama untuk pegawai baru. Makanya, kami hadirkan aplikasi yang mudah untuk digunakan. Jadi pegawai baru pun langsung bisa menggunakannya. Lalu kenapa helpful, karena kami ingin mendengarkan keluhan dan masalah dari pebisnis dengan memberikan solusinya,” ujarnya.

Aplikai kasir daring ini menghadirkan lima fitur andalan. Pertama, ada rekap transaksi harian dengan notifikasi real time. Kemudian ada fitur costume order setting yang siap memudahkan transaksi pemesanan. Lalu ada costum receipt yang membuat pemilik gerai bisa meletakkan visual atau teks pada struk belanja.

Terdapat juga fitur table management. Fitur ini memudahkan transaksi di gerai dengan jumlah pelanggan yang banyak dan silih berganti. Terakhir, ada fitur promo display yang akan membantu petugas kasir paham dan ingat promo yang sedang tengah berlangsung atau dijalankan di gerai.

[Baca Juga: Mengintip Bisnis Kuliner Ayam Saus Telur Asin Beromzet Miliaran]

Sementara kerja dari aplikasi kasir daring memang terhubung dengan jaringan internet. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana jika jaringan internet putus atau mati? Tak perlu khawatir, aplikasi Kawn ternyata bisa dioperasikan dalam kondisi luring. “Bahkan jika listrik mati pun masih bisa dipakai, kita menggunakan UPS (uninterruptible power supply),” kata Vice President Institutional Coverage Loka Media Mega Arnidya.

Ega, sapaan akrab Mega Arnidya menjelaskan, aplikasi kasir daring Kawn telah diaplikasikan di Restoran Bakmitopia, bisnis kuliner yang bernaung di bendera Indosterling Group. Namun tak menutup kemungkinan, aplikasi kasir daring ini dibutuhkan juga oleh pebisnis retail. “Nantinya juga bisa dipakai di luar bisnis kuliner dan F&B, tapi yang dipakai hanya satu fitur, yaitu infentory management. Kami akan lebih meringkaskan fitur infentory management ini, karena dilihat dari animo dan antusisme masyarakat. Untuk itu, kami akan terus melakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya.

Ke depannya, Ega berharap, makin banyak pebisnis kuliner dan F&B yang menggunakan aplikasi kasir daring Kawn. Pihaknya juga tak ingin sekadar menawarkan aplikasi kasir daring saja, tapi juga ingin menjadi pendamping pengusaha agar mereka bisa meraih kesuksesan dalam usahanya. “Kami bukan sekadar jualan, tapi kami ingin mendampingi mereka hingga sukses,” harapnya.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.