Kaya Nutrisi, ini 7 Manfaat Kesehatan Anggur

Kesehatan

Kaya Nutrisi, ini 7 Manfaat Kesehatan Anggur

Sekitar 8.000 tahun yang lalu, orang pertama kali menanam anggur di Timur Tengah. Anggur datang dalam berbagai warna seperti merah, hijau, hitam, ungu, kuning dan merah muda. Mereka juga datang dalam varietas unggulan dan tanpa biji.

Rasa buah yang satu ini cenderung manis dan kadang asam, bisa menyegarkan dan menjadi teman dikala bekerja atau sekedar jadi camilan sehat. Anggur kaya akan vitamin dan nutrisi yang mampu menyehatkan tubuh.

Melansir dari boldsky.com (10/6/2019), inilah manfaat anggur untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah Diabetes

Anggur merupakan buah yang memiliki glukosa rendah sehingga Anda tak perlu khawatir diabetes. Indeks glikemik rendah yang dimiliki anggur hanya 53. Indeks glikemik (GI) merupakan pengukuran seberapa cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah. Anggur juga mengandung resveratrol, senyawa yang memiliki efek menguntungkan pada gula darah.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan]

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kuersetin dan resveratrol yang ditemukan dalam anggur dapat menurunkan risiko aterosklerosis dan melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol. Dalam sebuah penelitian, 69 orang dengan kolesterol tinggi yang mengonsumsi 500 g anggur merah per hari selama 8 minggu terbukti memiliki kolesterol jahat yang lebih rendah dibandingkan yang lain.

3. Mencegah Kanker

Anggur dipenuhi dengan senyawa yang dapat membantu melindungi beberapa jenis kanker. Hal ini diyakini karenatelah ditemukan bahwa ekstrak anggur menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara dan sel kanker usus besar.

4. Mengelola Tekanan Darah

Anggur mengandung jumlah kalium yang cukup banyak juga mineral yang dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Tingginya kadar kalium dapat menurunkan kadar natrium yang rendah dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan kemungkinan penyakit jantung.

[Baca Juga: 6 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan]

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada dalam anggur dipercaya juga mampu melindungi dan menjaga kesehatan mata dari penyakit seperti degenerasi makula yang merupakan penurunan penglihatan pusat dan katarak yang berkaitan dengan usia. Kandungan resveratrol yang ditemukan dalam anggur mampu melindungi sel retina dari sinar UVA yang dihasilkan matahari.

6. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan European Journal Of Nutrition, jika Anda meminum jus anggur dapat meningkatkan emosi dan keterampilan yang berhubungan dengan memori atau kerja otak.

7. Tingkatkan Kesehatan Tulang

Anggur memiliki kandungan resveratrol, kalsium, vitamin K, mangan, magnesium, kalium yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga tulang lebih kuat dan sehat.

Tak heran, anggur merupakan buah yang bisa dijadikan camilan sehat di kala lapar. Itulah beberapa manfaat anggur untuk kesehatan tubuh.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.