kayu jati belanda_1.jpg

Properti dan Solusi

Kayu Jati Belanda Termasuk Idola Sepanjang Zaman

Melihat coraknya yang khas, Anda pasti akan langsung mengenali kayu jati Belanda sebagai kayu palet atau kayu peti kemas. Ya, kayu jati Belanda memang bukan kayu jati dalam arti sebenarnya. Meski begitu, kayu jati Belanda merupakan salah satu primadona dalam dunia perkayuan.

Orang-orang mengira bahwa kayu jati Belanda berasal dari negara Belanda. Faktanya, meskipun kayu jati ini ada di Belanda, kayu ini juga tumbuh di negara lainnya, termasuk Indonesia. Asal nama Belanda dari sifatnya yang sering dijadikan sebagai kayu palet atau peti kemas untuk mengirimkan barang dari dan ke luar negeri. Zaman dahulu, orang-orang mengasosiasikan luar negeri sebagai Belanda. Inilah alasan kayu tersebut kemudian disebut kayu jati Belanda.

Tak sedikit pula orang yang menyangka bahwa kayu ini merupakan jenis kayu jati. Namun, kayu ini adalah kayu pinus atau pinewood. Nama kayu jati Belanda hadir karena kayu ini memiliki ketahanan yang baik seperti halnya kayu jati. Ditambah lagi, kayu ini dipakai untuk mengemas barang-barang impor yang mahal, sehingga dianggap memiliki ketahanan yang setara kayu jati.

Kayu Jati Belanda Termasuk Idola Sepanjang Zaman

Karena lunak, kayu jenis ini relatif lebih mudah dibentuk, misalnya menjadi berbagai jenis furnitur, lantai, hingga aneka kerajinan. Bahkan, kayu ini bisa menjadi tempat kartu nama, wadah koran, kotak permen dan lainnya. Walaupun tidak sekokoh jati, kayu jati Belanda cukup resisten terhadap benturan yang keras. Inilah yang membuat kayu jati Belanda digunakan sebagai peti kemas yang melindungi aneka barang impor yang mahal. Lalu karena sifatnya ini, beragam jenis furnitur yang terbuat dari kayu jati Belanda juga terkenal akan keawetannya.

[Baca Juga: Penggunaan Polywood Sebagai Pengganti Kayu Solid]

Kayu jati Belanda umumnya berwarna kuning muda, krem, dan merah kecokelatan. Salah satu yang menonjol dari kayu jati Belanda adalah serat kayunya yang cantik dan halus. Selain meningkatkan estetika saat diterapkan pada furnitur, kayu ini juga membuat furnitur tak memerlukan amplas yang berlebihan. Kayu jati Belanda yang semakin tua juga akan memiliki guratan alami dengan nuansa antik yang indah.

Pohon pinus cenderung tumbuh lebih cepat daripada pohon lainnya. Selain itu, pinus juga tak tergantung musim dan tempat untuk tumbuh. Itu sebabnya, harga pasaran kayu jati Belanda lebih terjangkau dibandingkan kayu lain, bahkan hanya sepertiga dari harga kayu jati asli.

Kayu Jati Belanda Termasuk Idola Sepanjang Zaman

Tanpa harus memoles secara berlebihan, warna furnitur yang terbuat dari kayu jati Belanda sudah menarik. Warnanya yang natural juga membuatnya mudah untuk dikombinasikan dengan warna lainnya. Banyak orang menyukai furnitur yang terbuat dari kayu jati Belanda karena bobotnya lebih ringan dibandingkan furnitur yang terbuat dari kayu lainnya. Hal ini membuat furnitur lebih mudah diatur ulang dan dipindahkan.

[Baca Juga: 3 Furnitur Ini Bisa Dibuat dari Sampah]

Setiap kayu akan menyusut atau membengkak seiring berjalannya waktu akibat kelembapan dan suhu. Namun kayu jati Belanda mampu mempertahankan bentuk aslinya dalam waktu lama karena minim kadar penyusutan maupun pembengkakan. Kayu jati Belanda relatif tahan terhadap hama kayu karena merupakan jenis kayu yang bergetah dan tidak disukai oleh serangga.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.