Tebet-Pendidikan-Kebangkitan-Diri-Jadi-Motivasi-Kesuksesan-Tiga-Musisi-Ini-Emil-2.jpg

Pendidikan

Kebangkitan Diri Jadi Motivasi Kesuksesan Para Musisi Ini (Part 1)

Seni kerap menjadi ekspresi dari diri seseorang yang inspirasinya datang dari mana saja. Baik itu dari situasi kegalauan hati, keluarga, lingkungan, bahkan hingga dari suasana politik. Tidak sedikit musisi di Indonesia yang menyuarakan seni mereka dari berbagai pengalaman pribadi yang mereka alami sehingga menjadi lantunan nada serta irama. Setidaknya itulah yang dikatakan Lala Karmela, Ardhito Pramono dan Kartika Jahja pada kuliah umum yang digelar di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan (4/12/2018).

[Baca Juga: Erasmus Huis Kembali Dibuka dengan Semangat Baru]

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Universitas Bina Nusantara (BINUS) dengan Indonesia Heritage Society. Tema yang diangkat adalah “Records & Rebellions: Empowering Indonesia” di mana tiga musisi dengan genre musik berbeda ini menjelaskan perjalanan hidup mereka yang akhirnya menjadi titik awal kebangkitan sebagai seniman.

Lala Karmela di Erasmus Huis

Berani dengan Musik

Lala Karmela sebagai pembicara pertama menceritakan bagaimana karir musiknya membawa ia ke Filipina. Selama tiga tahun berada di tempat kelahiran ibunya, Lala berhasil menciptakan berbagai single yang terkenal bahkan berduet dengan penyanyi ternama Filipina yakni Christian Bautista. Namun rasa rindunya terhadap Tanah Air membuat perempuan yang bernama asli Karmela Mudayatri Herradura Kartodirdjo pun kembali ke Indonesia untuk melanjutkan karir musiknya.

[Baca Juga: Meningkatkan Minat Seni Buah Hati Melalui Pembelajaran Musik]

Namun ketika ia terikat kontrak dengan salah satu label musik ternama di Indonesia, Lala merasa terkekang dan tidak bisa bebas menciptakan lagu yang sesuai dengan kata hatinya. Hingga akhirnya, Ia memutuskan memilih mengambil jalur independent dan di sanalah titik kebangkitan kembali Lala di dunia tarik suara. Tidak lama setelah itu, ia menciptakan salah satu lagu hit-nya yang berjudul Morning Star pada 2012.

“Dengan musik, saya merasa berani dan tidak ada orang yang bisa mengambil rasa ini dari saya. Saya juga merasa jujur kepada diri saya sendiri dan menyebaran energi tersebut ke lingkungan saya, ini terasa sangat menyenangkan. Setelah merilis lagu tersebut, tanpa ekspetasi berlebih, beberapa pekan kemudian saya mendapatkan telepon dari Jogja, Surabaya, Bali, Medan, Jakarta, Makassar dan saya diberi tahu bahwa Morning Star menjadi lagu nomor satu di stasiun radio mereka,” jelas Lala kepada para peserta kuliah umum di Erasmus Huis tersebut. [Bersambung]


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.