Tebet-Pendidikan-Kebangkitan-Diri-Jadi-Motivasi-Kesuksesan-Tiga-Musisi-Ini-Emi-3.jpg

Pendidikan

Kebangkitan Diri Jadi Motivasi Kesuksesan Para Musisi Ini (Part 2)

[Baca Juga: Part 1] Pembicara kedua dari kegiatan di Erasmus Huis tersebut adalah seniman jazz Ardhito Pramono. Pemuda yang lahir pada 22 Mei 1995 tersebut menuturkan bahwa ia merupakan sosok pemberontak. Ia menjelaskan, pernah didaftarkan ke akademi militer dan sempat memutuskan untuk melarikan diri saat tugas hingga membuat ayahnya geram. Karena itulah, Ardhito pun disekolahkan di Australia dengan harapan ia menjadi sosok yang lebih baik.

[Baca Juga: Kursus Academic Writing di Kampus Salemba UI Sebelum Kuliah di Luar Negeri]

“Saat di Australia, saya terlibat masalah dengan mantan kekasih saya yang memicu rasa patah hati, depresi. Dari keadaan itulah, saya tidak tahu kenapa, ia membuat saya menjadi seorang musisi saat ini. Di Australia sendirian membuat saya memiliki perspektif baru tentang kehidupan, tentang musik. Dan secara spiritual saya belajar musik dapat menjadi sangat kuat. Belajar musik dapat mengirimkan pesan perasaan serta pikiran,” kata Ardhito dalam acara kuliah umum di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan (4/12/2018).

Ardhito Pramono di Erasmus Huis

Pengalaman Perempuan dalam Musik

Sosok yang menjadi pembicara ketiga di kegiatan yang diadakan di Erasmus Huis itu adalah Kartika Jahja. Perempuan yang dikenal sebagai musisi serta aktivis gender itu menjelaskan bagaimana kehidupannya di era Orde Baru.

[Baca Juga: Pasar Kriya untuk Penggalangan Dana Pundi Perempuan]

Sensor dari pemerintah kala itu membuat matanya tertutup dengan berbagai isu HAM yang terjadi. Melalui musik barulah ia sadar dengan ‘apa yang terjadi di dunia’. Kartika pun mulai mendengar serta menghadiri konser para seniman yang menolak dibisukan oleh pemerintah seperti Iwan Fals dan Slank. Lambat laun, suara hatinya pun terpanggil menjadi musisi ketika ia mulai tertarik untuk ikut konser-konser musik underground yang tidak takut secara eksplisit mengkritik Pemerintah Orde Baru.

Setelah ia masuk ke jalur independent, Kartika merasa bahwa para musisi yang mengklaim sebagai pemberontak tidak pernah menyinggung masalah gender. Dari sanalah, jiwa aktivisi dari Kartika pun terpanggil dengan berusaha menyuarakan kekerasan seksual yang kerap menimpa para perempuan.

“Pada 2013 saya menulis lagu ‘Tubuhku Otoritasku’ dan di tahun yang sama saya mengungkapkan kepada media nasional sebagai korban pemerkosaan yang menimpa saya pada saat masih kecil. Saya menyimpan pengalaman itu sendiri selama lebih dari 20 tahun dan semenjak itu hingga sekarang. Saya kehilangan hitungan sudah berapa banyak perempuan yang menghampiri saya dan menceritakan pengalaman yang serupa dengan saya,” kata Kartika. Ia melanjutkan bahwa setelah itu ia mulai bangkit dan mulai memperdalam mengenai aktivis feminis agar dapat menjadi suara bagi para perempuan yang terbungkam.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.