Pondok-Indah-Properti-Kebayoran-Baru-1.jpg

Properti dan Solusi

Kebayoran Baru, Kota Taman Pertama Karya Anak Bangsa (Part I)

Saat ini Kebayoran Baru menjadi salah satu wilayah ikonik di Jakarta Selatan. Pasalnya, kawasan ini membentang dari Kelurahan Selong sampai Kelurahan Senayan dan di dalamnya berdiri area komersil seperti Blok M serta Sudirman Business District. Namun tahukah Anda bahwa jauh sebelum area komersil ikonik tersebut dibangun, Kebayoran Baru merupakan kawasan dengan konsep kota taman pertama di Jakarta Selatan (Jaksel) yang dibangun oleh anak bangsa?

Garden City

Sebelum lebih jauh membahas kecamatan-kecamatan di Jakara Selatan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu kota taman atau garden city. Konsep ini sebenarnya pertama kali dicetuskan pada 1898 di Inggris oleh Ebenezer Howard yang dikenal sebagai “bapak kota taman” dan pendiri Garden Cities Association. Pada dasarnya konsep ini merupakan metode perencanaan kota di mana masyarakatnya tinggal di kawasan yang terdiri dari area pemukiman warga, industri, pertanian yang proposional dan kawasan ini dikelilingi oleh ‘sabuk hijau’ atau ruang terbuka hijau.

Kebayoran Baru Kota Taman Pertama Jakarta

Salah satu penerapan konsep ini di Jakarta adalah ketika pengembangan kawasan Menteng yang kala itu dilakukan oleh Belanda pada 1910. Puluhan tahun setelah itu, konsep kota taman ini pun kembali direalisasikan dan kali ini yang menerapkannya adalah anak bangsa.

[Baca Juga: Sekolah Darurat Kartini Turut Mencerdaskan Anak Bangsa]

“Kebayoran Baru merupakan kota dengan konsep kota taman tropis pertama di Indonesia yang dirancang putra Indonesia yaitu Moh. Soesilo (1948),” ucap pengamat tata kota, Nirwono Joga kepada PingPoint.co.id (10/12/2018).

Moh. Soesilo merupakan murid dari Arsitek Belanda bernama Herman Thomas Karsten yang mengembangkan kota-kota seperti Malang, Surakarta, Semarang, Bandung, Bogor dan masih banyak lainnya. Karsten juga menerapkan konsep kota taman.

Karena itulah tidak heran bila Moh. Soesilo sebagai murid Karsten menerapkan konsep yang serupa dengan rancangannya di Kebayoran Baru. Namun Moh. Soesilo tetap memasukan unsur orisinalitas dalam desainnya dan dapat menjadi cerminan sebagai realisasi kota taman yang baik.

[Baca Juga: 4 Ide Bisnis yang Bisa Dibuka di Sekitar RTH]

Nirwono mengatakan, Kebayoran Baru ideal sebagai contoh konkret penerapan kota taman, kota yang ramah lingkungan, kota hijau yang bisa menjadi contoh penataan dan pengembangan kota-kota di Indonesia.

Green planning & design, menerapkan konsep kota ramah lingkungan sesuan kondisi dan topografi; green open space – memiliki infrastruktur hijau yang lengkap baik berupa area (taman, makam, hutan, lap olahraga) dan koridor atau jalur hijau (jalan, tepi kali) dengan luas ruang terbuka hiijau 30%. Kemudian green building yaitu arsitektur bangunan rumah yang khas tropis (arsitektur jengki) dengan halaman atau taman yang luas,” kata Nirwono mengenai konsep kota taman di Kebayoran Baru. [Bersambung]


Read More

Artikel Lainnya

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.