Keputusan Pemprov DKI Hentikan Bus Akap Dibatalkan Kemenhub

Berita Kawasan

Kebijakan Pemprov DKI Hentikan Bus AKAP Dibatalkan Kemenhub

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat dinas perhubungan (Dishub) mengeluarkan surat penghentian layanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), dan pariwisata untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

Melansir antaranews.com (30/3/2020), surat tersebut terbit pada Senin, 30 Maret 2020 dan ditandatangani oleh Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Sayangnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatalkan kebijakan Pemprov DKI Jakarta untuk menghentikan mobilisasi angkutan umum bus tersebut.

Menko Maritim dan Investasi selaku Plt Menhub Luhut Binsar Pandjaitan

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan keputusan ini diambil dengan dalih kebijakan Pemprov DKI Jakarta belum punya “kajian dampak ekonomi.” "Sesuai arahan dari Menko Maritim dan Investasi [Luhut Binsar Pandjaitan] selaku Plt Menhub, pelarangan operasional itu ditunda dulu pelaksanannya sambil menunggu kajian dampak ekonomi secara keseluruhan," ujarnya seperti dikutip dari Tirto (30/3/2020).

[Baca Juga: Pemprov DKI Operasikan Bus Sekolah untuk Transportasi Tenaga Medis]

Sebelumnya, surat Dishub DKI Jakarta ini telah ditujukan kepada Ketua DPD Organda Provinsi DKI Jakarta, para pimpinan perusahaan angkutan umum bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), serta bus pariwisata.

Keputusan Pemprov DKI Hentikan Bus Akap Dibatalkan Kemenhub

Hal penting yang tertuang dalam surat penghentian pelayanan bus itu antara lain:

1) Dinas Perhubungan DKI Jakarta menghentikan operasional layanan semua bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), dan pariwisata, yaitu:

2) Penghentian operasional layanan bus sebagaimana butir 1, di dalam terminal maupun lokasi lainnya di wilayah DKI Jakarta.

3) Pelaksanaan butir 1 dan 2 dimulai sejak tanggal 30 Maret 2020 pukul 18.00 WIB

4) Pelaksanaan butir 1 dan 2 dimulai sejak tanggal 30 Maret 2020 pukul 18.00 WIB

Sementara itu, belum dijelaskan Dishub DKI Jakarta belum menentukan sampai kapan kebijakan tersebut berlangsung.

[Baca Juga: Antisipasi Lockdown, Polda Metro Jaya Lakukan Simulasi Penutupan Jalur]

Dishub DKI Jakarta menerbitkan surat penghentian layanan bus ini guna menindaklanjuti Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Akibat COVID-19 di Indonesia.

Terdapat keterangan dalam surat bahwa pesan ini ditembuskan kepada Gubernur DKI Jakarta, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kemenhub RI, Asisten Perekonomian dan Keuangan, Sekda Provinsi DKI Jakarta, dan Ketua DPP Organda.

Terhitung sampai 30 Maret 2020 sore, terdapat 727 kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta, dengan rincian 49 orang sembuh, 78 meninggal dunia, 449 dirawat, dan 151 orang melakukan isolasi mandiri.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 6 months lalu
    hanna56

    Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di situsjadul.com dengan TCoin ! Pendaftaran akan di buka hari ini tanggal 30 Maret 2020 Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 ,org rasakan sensasinya guuuys......