Keputusan Pemprov DKI Hentikan Bus Akap Dibatalkan Kemenhub

Berita Kawasan

Kebijakan Pemprov DKI Hentikan Bus AKAP Dibatalkan Kemenhub

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat dinas perhubungan (Dishub) mengeluarkan surat penghentian layanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), dan pariwisata untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

Melansir antaranews.com (30/3/2020), surat tersebut terbit pada Senin, 30 Maret 2020 dan ditandatangani oleh Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Sayangnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatalkan kebijakan Pemprov DKI Jakarta untuk menghentikan mobilisasi angkutan umum bus tersebut.

Menko Maritim dan Investasi selaku Plt Menhub Luhut Binsar Pandjaitan

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan keputusan ini diambil dengan dalih kebijakan Pemprov DKI Jakarta belum punya “kajian dampak ekonomi.” "Sesuai arahan dari Menko Maritim dan Investasi [Luhut Binsar Pandjaitan] selaku Plt Menhub, pelarangan operasional itu ditunda dulu pelaksanannya sambil menunggu kajian dampak ekonomi secara keseluruhan," ujarnya seperti dikutip dari Tirto (30/3/2020).

[Baca Juga: Pemprov DKI Operasikan Bus Sekolah untuk Transportasi Tenaga Medis]

Sebelumnya, surat Dishub DKI Jakarta ini telah ditujukan kepada Ketua DPD Organda Provinsi DKI Jakarta, para pimpinan perusahaan angkutan umum bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), serta bus pariwisata.

Keputusan Pemprov DKI Hentikan Bus Akap Dibatalkan Kemenhub

Hal penting yang tertuang dalam surat penghentian pelayanan bus itu antara lain:

1) Dinas Perhubungan DKI Jakarta menghentikan operasional layanan semua bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), dan pariwisata, yaitu:

2) Penghentian operasional layanan bus sebagaimana butir 1, di dalam terminal maupun lokasi lainnya di wilayah DKI Jakarta.

3) Pelaksanaan butir 1 dan 2 dimulai sejak tanggal 30 Maret 2020 pukul 18.00 WIB

4) Pelaksanaan butir 1 dan 2 dimulai sejak tanggal 30 Maret 2020 pukul 18.00 WIB

Sementara itu, belum dijelaskan Dishub DKI Jakarta belum menentukan sampai kapan kebijakan tersebut berlangsung.

[Baca Juga: Antisipasi Lockdown, Polda Metro Jaya Lakukan Simulasi Penutupan Jalur]

Dishub DKI Jakarta menerbitkan surat penghentian layanan bus ini guna menindaklanjuti Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Akibat COVID-19 di Indonesia.

Terdapat keterangan dalam surat bahwa pesan ini ditembuskan kepada Gubernur DKI Jakarta, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kemenhub RI, Asisten Perekonomian dan Keuangan, Sekda Provinsi DKI Jakarta, dan Ketua DPP Organda.

Terhitung sampai 30 Maret 2020 sore, terdapat 727 kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta, dengan rincian 49 orang sembuh, 78 meninggal dunia, 449 dirawat, dan 151 orang melakukan isolasi mandiri.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listri k.jpg

Berita Kawasan

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listrik

27 September 2022, 14:34

Kota Bogor disebut sebagai kota pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Beam dalam menghadirkan sepeda listrik yang bisa disewa masyarakatnya.

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offlin e.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offline

27 September 2022, 11:32

Jakarta Fashion Week diumumkan kembali digelar tahun ini dengan acara yang digelar secara luring di venue yang berlokasi di Pondok Indah Mall 3.

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka untuk Publik.jpg

Hobi dan Hiburan

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka

26 September 2022, 18:15

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Surabaya secara resmi meluncurkan wisata alam baru yang menggabungkan sejumlah wahana seru.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 6 months lalu
    hanna56

    Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di situsjadul.com dengan TCoin ! Pendaftaran akan di buka hari ini tanggal 30 Maret 2020 Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 ,org rasakan sensasinya guuuys......