Kebon Bibit Agro Wisata Cilangkap Panen Melon.jpg

Berita Kawasan

Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap Penen 450 Kilogram Melon

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, memanen 450 kilogram melon di Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur. Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, melalui pola pemanfaatan lahan tersebut sebanyak 300 pohon yang ditanam seluruhnya menghasilkan buah.

"Sebetulnya, penanaman ini masih dalam tahap uji coba, tapi kita bersyukur ternyata membuahkan hasil baik," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (19/2/2019). Darjamuni menjelaskan, hasil panen tersebut akan dibagikan kepada warga di sekitar Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap sebagai menu tambahan makanan sehat.

[Baca Juga: 7 Makanan untuk Sarapan Sehat Anda]

"Kualitas melonnya sangat bagus, dan memiliki potensi besar untuk dipasarkan secara luas di kemudian hari," terangnya. Ia menambahkan, saat ini Dinas KPKP DKI memiliki 14 kebun bibit yang tersebar di lima wilayah kota, salah satunya di Agro Wisata Cilangkap.

"Seluruh kebun bibit itu akan kita optimalkan lagi untuk menanam berbagai komoditas," tandasnya.

Meskipun kawasan DKI Jakarta telah padat dengan gedung dan pemukiman, ternyata bisa tetap produktif menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Bukan hanya melon, beberapa waktu lalu, sayuran yang ditanam di kawasan Jakarta Selatan juga panen besar.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Targetkan 1 Juta Biopori]

Kelompok Tani (Poktan) Seruni RW 10 dan RW 09 yang di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan, memanen sayuran sebanyak 149 kg. Lurah Kebayoran Lama Selatan Fachrudin menyebutkan, 149 kg tersebut didapat dari 77 kg sayuran yang dipanen oleh Poktan Seruni RW 10 dan sisanya didapatkan dari Poktan Kemuning RW 09. Hasil panen ini akan dijual ke warga sekitar dan dibagikan ke petugas yang mengurus lahan tersebut.

Dalam kesempatan yang berbeda, Ketua Kelompok Wanita Tani Seruni Indah RW 10 Eka Yulianti menjelaskan, total hasil panen poktannya yang mencapai 77 kg itu terdiri dari 25 kg sayur pakcoy, 18 kg kangkung, 17 kg sawi dan 17 kg selada. “Sayur yang kita tanam merupakan sayuran organik. Hasil panennya kita jual via WhatsApp, ada juga yang kita bagikan dan diubah menjadi makanan olahan seperti nugget sayur,” ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

Hobi dan Hiburan

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

31 October 2020, 18:01

Setelah berbagai rumor, Miles Films akhirnya mengonfirmasi bahwa film Petualangan Sherina 2 sedang diproduksi dan dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.