Kebon Bibit Agro Wisata Cilangkap Panen Melon.jpg

Berita Kawasan

Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap Penen 450 Kilogram Melon

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, memanen 450 kilogram melon di Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur. Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, melalui pola pemanfaatan lahan tersebut sebanyak 300 pohon yang ditanam seluruhnya menghasilkan buah.

"Sebetulnya, penanaman ini masih dalam tahap uji coba, tapi kita bersyukur ternyata membuahkan hasil baik," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (19/2/2019). Darjamuni menjelaskan, hasil panen tersebut akan dibagikan kepada warga di sekitar Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap sebagai menu tambahan makanan sehat.

[Baca Juga: 7 Makanan untuk Sarapan Sehat Anda]

"Kualitas melonnya sangat bagus, dan memiliki potensi besar untuk dipasarkan secara luas di kemudian hari," terangnya. Ia menambahkan, saat ini Dinas KPKP DKI memiliki 14 kebun bibit yang tersebar di lima wilayah kota, salah satunya di Agro Wisata Cilangkap.

"Seluruh kebun bibit itu akan kita optimalkan lagi untuk menanam berbagai komoditas," tandasnya.

Meskipun kawasan DKI Jakarta telah padat dengan gedung dan pemukiman, ternyata bisa tetap produktif menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Bukan hanya melon, beberapa waktu lalu, sayuran yang ditanam di kawasan Jakarta Selatan juga panen besar.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Targetkan 1 Juta Biopori]

Kelompok Tani (Poktan) Seruni RW 10 dan RW 09 yang di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan, memanen sayuran sebanyak 149 kg. Lurah Kebayoran Lama Selatan Fachrudin menyebutkan, 149 kg tersebut didapat dari 77 kg sayuran yang dipanen oleh Poktan Seruni RW 10 dan sisanya didapatkan dari Poktan Kemuning RW 09. Hasil panen ini akan dijual ke warga sekitar dan dibagikan ke petugas yang mengurus lahan tersebut.

Dalam kesempatan yang berbeda, Ketua Kelompok Wanita Tani Seruni Indah RW 10 Eka Yulianti menjelaskan, total hasil panen poktannya yang mencapai 77 kg itu terdiri dari 25 kg sayur pakcoy, 18 kg kangkung, 17 kg sawi dan 17 kg selada. “Sayur yang kita tanam merupakan sayuran organik. Hasil panennya kita jual via WhatsApp, ada juga yang kita bagikan dan diubah menjadi makanan olahan seperti nugget sayur,” ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.