kebun krecek 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Kebun Krecek dan Momen-Momen Religius Santri di Malang Raya

Keberadaan Gunung Bromo sebagai salah satu pusat dataran tinggi di Malang Raya membuatnya sebagai bagian perkembangan peradaban religius di Indonesia. Bagaimanapun, Malang Raya pernah menjadi saksi perkembangan dua kerajaan besar dan transformasi kebudayaan di dalamnya, dari Kerajaan Singhasari yang lebih banyak menyerap agama Hindu, menjadi Majapahit yang lebih banyak menyerap agama Buddha, hingga jatuhnya Majapahit menjadi awal kelahiran Mataram Islam. Persebaran nama-nama masjid yang mengambil nilai-nilai kebudayaan para Sunan Sembilan menjadi salah satu transformasi yang terjadi. Melihat proses itu Kebun Krecek di daerah Kayu Kebek, Tutur, Pasuruan, menjadi saksi transformasi budaya Wage-Legi menjadi istighosah dan musyawarah santri.

Lokasinya yang menawarkan perpotongan keindahan pegunungan dan persawahan, yang mana berada di kaki gunung Bromo memberi sejuta makna peradaban. Sebagai sebuah ruang pertemuan masyarakat Kayu Kebek, Kebun Krecek juga menandai keasrian, kesejukan, dan kesejahteraan, masyarakat petani di sekitarnya. Sementara itu, sebagai simbol kebudayaan, ketika tanggalan Jawa menandai hari Wage dan Legi masyarakat desa setempat menyempatkan diri untuk memberikan ­ubo rampe hasil pertanian atau perkebunannya untuk diserahkan kepada alam.

Dari tradisi masyarakat yang Kejawen itu, sejak tahun 2015 terjadi sebuah transformasi yang disepakati penanggungjawab kerohanian desa setempat dengan masyarakat muslim. Selain adanya penyerahan ubo rampe di hari Wage dan Legi diadakan pula pengajian, istighosah, atau berbagai momen pemaknaan Al-Qur’an lainnya di Kebun Krecek. Hal ini sejalan dengan cara Sunan Kalijaga memanfaatkan kebudayaan perayaan momen Islam menggunakan tumpeng yang sejatinya merupakan tradisi agama Hindu.

kebun krecek 2.jpg

Dari perjalanan trasformatif itulah, kini Kebun Krecek menjadi wadah musyawarah agama yang bahkan didatangi oleh berbagai kalangan pesantren di Malang Raya. Lokasinya yang berada di bawah kaki gunung Bromo dengan fasilitas mushala, cottage untuk menginap, dan kontak kebudayaan dengan masyarakat yang sangat dekat, membuat Kebun Krecek sebagai tempat menanggap momen religius para santri.

“Sebuah tempat yang sejuk untuk menginap atau lainnya. Selain kebun terdapat bangunan yang bisa digunakan untuk beraktivitas komunitas. Meskipun kebanyakan yang ke sini kalangan santri, tapi gak sedikit komunitas seni atau sekolahan yang menginap di sini,” terang Yanto salah satu pengurus Kebun Krecek.


Read More

Kebun Krecek

Tempat Acara

Kebun Krecek
None

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.